KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Cara Mendaftarkan Merek Di Shopee Berikut Ini

cara mendaftarkan merek di shopee

MEBISO.COM – Khusus untuk calon seller di Shopee, wajib untuk memahami tata cara mendaftarkan merek di Shopee pada artikel ini! Pernah dengar tentang Shopee Mall? Apa bedanya dengan penjual-penjual lainnya di Shopee?

Pada satu aplikasi atau satu kali pencarian produk, pembeli akan disediakan dengan beberapa pilihan tipe penjual. Ada Star Seller, Shopee Mall, dan ada juga penjual tanpa tag tertentu seperti itu.

Nyatanya, masing-masing tipe penjual itu membawa kelebihannya masing-masing. Salah satu kelebihannya adalah adanya dokumen pendaftaran merek dari instansi yang berwenang. 

Selain di kenal lebih terpercaya, penjual dengan tag khusus itu juga harus memenuhi reputasi tertentu sesuai standar Shopee. Dan sebelum jauh membicarakan hal-hal yang lebih rinci, ada satu syarat yang harus di penuhi yaitu bukti pendaftaran merek. 

Tata Cara Mendaftarkan Merek Di Shopee

Ada satu syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan tag khusus pada Shoppe, yaitu dengan memiliki bukti pendaftaran merek. Setelah mendapatkan bukti pendaftaran mereknya, kamu bisa melanjutkan dengan langkah berikut:

1. Masukkan data merek pada akun Shopee

Untuk proses ini Shopee menyediakan dua jalur, yaitu melalui cara ubah produk atau melalui halaman manajemen merek. 

2. Cek update pengajuan kamu

Karena dari Shopee akan melakukan verifikasi dulu, jadi jangan lupa untuk melihat update pengajuan yang kamu kirimkan. Akan ada kemungkinan juga pengajuan kamu berakhir gagal atau ditolak. 

3. Segera perbaiki penolakan

Kalau Shopee memberikan notifikasi gagal pada permohonanmu, segera temukan alasan gagal tersebut. Setelah menemukan alasan penolakannya, kamu bisa langsung memperbaiki sesuai dengan penolakan yang di kirimkan Shopee. 

Jangan lupa, pada saat kamu memproses perbaikannya, lampirkan juga bukti pendaftaran merek berupa sertifikat yang sudah terbit. 

Keuntungan Memahami Cara Mendaftarkan Merek Di Shopee

Kalau kamu sudah punya merek dan paham cara mendaftarkannya di Shopee, kamu bisa menjadi salah satu penjual dengan tag Shopee Mall. Hal ini karena kamu sudah berhasil melengkapi salah satu persyaratannya yaitu untuk melampirkan dokumen HKI.

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan antara lain:

  1. Prioritas ditampilkan pada halaman pertama pencarian
  2. Prioritas akses fitur/promo Penjual
  3. Prioritas akses fitur/promo Shopee
  4. Berhak menjadi anggota Shopee Marketing Solution
  5. Mendapatkan manfaat keanggotaan Brand Membership

Kelima keuntungan itu hanya bisa kamu dapatkan kalau sudah memiliki sertifikat merek. Dan karena penerbitan sertifikat merek itu memerlukan waktu juga, jadi kalau kamu sudah punya keinginan untuk menjadi Shopee Mall, segera daftarkan merekmu sekarang juga.

Ingat, Shopee hanya menerima sertifikat merek yang mencantumkan dengan jelas nama organisasi pihak pemberi sertifikat (DJKI). Sehingga kamu harus melewati seluruh proses pemeriksaannya dulu untuk bisa mendapat sertifikat merek. 

Untuk bisa memastikan merek itu lolos juga ada trik khususnya, seperti:

  1. Pastikan nama merek yang kamu daftarkan pada Shopee dan yang tertulis pada sertifikat sudah sama;
  2. Pastikan sertifikat merek itu benar-benar di terbitkan oleh DJKI

Jadi, walaupun Shopee punya cara sendiri untuk para Seller mendaftarkan merek pada aplikasinya, ini hanya berlaku di aplikasi Shopee saja. Tidak diakui secara umum seperti hasil pendaftaran yang sudah dilakukan pada DJKI. 

Untuk calon Seller yang mau menjual produknya di marketplace seperti Shopee, langkah paling awal yang harus dilakukan adalah dengan mengajukan perlindungan merek pada DJKI lebih dulu. 

Selanjutnya adalah memastikan merek itu aman sesuai dengan kaidah-kaidah yang sudah ditentukan agar pendaftarannya selamat sampai terbit sertifikat. Setelah sertifikat terbit pun, Penjual juga masih harus memastikan nama merek yang tercantum pada sertifikat dengan yang ada pada aplikasi sudah sesuai. 

Walaupun sekarang kamu sudah memahami cara mendaftarkan merek di Shopee, kamu harus tetap ingat untuk mendaftarkan merekmu juga di DJKI agar terlindungi secara maksimal. Kamu bisa mulai perlindunganmu dengan Cek Merek dari Mebiso.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah