KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

10 Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan Online

10 Cara Meningkatkan kepercayaan

MEBISO.COM – Membuat pelanggan percaya memang gampang-gampang susah. Apalagi metode pemasarannya hanya melalui online. Untuk itu, kalau kamu salah satu pengusaha dengan keterbatasan metode pemasaran, ini dia artikel mengenai 10 cara meningkatkan kepercayaan pelanggan online. 

Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

1. Mulai Dari Produk

Langkah awal yang bisa kamu lakukan sebelum mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan mengenal produk secara baik. Ingat, pelanggan memilihmu karena produk yang kamu jual. 

Jangan berikan informasi yang tidak sesuai atau berlebihan untuk produk. Tapi tetap berikan yang diinginkan oleh pelanggan. Ketika kualitas produk ternyata tidak cukup baik, yang perlu kamu lakukan adalah mengatakan yang sebenarnya lalu berusaha untuk memperbaikinya di kemudian hari. 

2. Berikan Foto Dengan Kualitas Tinggi

Foto untuk menunjukkan identitas produk adalah salah satu hal yang sangat penting. Jangan berikan pelangganmu foto dengan kualitas yang buruk. Poles sedikit foto yang kamu tampilkan agar lebih jernih. 

Dengan begitu, kamu akan lebih terpercaya di mata para pelanggan. 

3. Pilih Metode Promosi Yang Tepat

Mencoba segala cara untuk melakukan promosi memang tidak ada salahnya. Tapi tetap ingat untuk menentukan satu metode promosi yang tepat. Misalnya adalah dengan bekerja sama dengan seorang influencer dengan reputasi yang baik. 

Dengan begitu, pelanggan bisa lebih percaya kepadamu, sekaligus akan ada potensi para penggemar influencer tersebut akan menjadi pelanggan barumu. 

4. Gunakan Sistem Yang Mudah

Percayalah kalau pelanggan bisa saja kabur hanya karena merasa kesulitan dengan sistem yang kamu gunakan. Jadi, semakin mudah sistem yang kamu gunakan, pelanggan pun akan semakin nyaman dan betah untuk selalu memilih produkmu. 

5. Buat Media Sosial Yang Jelas

Dari 10 cara meningkatkan kepercayaan pelanggan online, bisa dibilang cara ini yang paling terbukti efek nyatanya. Sekarang ini, kebanyakan pelanggan akan melihat akun sosial media perusahaan lebih dulu sebelum memutuskan untuk menggunakan produknya. 

Jadi, pastikan akun sosial media atau website yang kamu miliki sudah mencantumkan informasi yang jelas berikut menampilkan keterangan produk dengan jelas pula. 

6. Kelola Komunikasi Dengan Pelanggan

Maksimalkan komunikasi dengan pelanggan. Kamu bisa menyapa pelangganmu dari beberapa channel. Misalnya seperti kolom komentar pada sosial media, atau bisa juga dengan saling berbalas email keluhan pelanggan. 

7. Tambahkan Informasi Lengkap

Pelanggan akan semakin menyukai informasi yang kamu sampaikan secara lengkap. Tidak perlu khawatir apabila ada kekurangan dari produkmu, karena hal itu bisa membuat pelanggan memutuskan akan memilih produkmu atau tidak. 

Hal itu juga tidak selamanya buruk, karena kamu akan mendapatkan banyak masukan untuk meningkatkan kualitas produk. 

8. Tambahkan Testimoni

Faktanya, dari 10 cara meningkatkan kepercayaan pelanggan online, menambahkan kolom testimoni adalah cara yang banyak dilakukan oleh pengusaha. Hal ini karena pelanggan akan lebih mudah percaya kalau melihat cerita pengalaman dari pelanggan lainnya. 

9. Informasi Yang Jelas

Usahakan untuk selalu memberikan detail kontak informasi dengan sangat jelas. Bayangkan menjadi pelanggan yang harus berputar-putar dari satu media sosial ke media sosial lainnya. 

10. Reputasi

Bekerja keraslah untuk bisa mendapatkan reputasi yang baik. Jangan toleransi adanya kesalahan meskipun sedikit. Segera perbaiki kesalahan tersebut dan buktikan pada pelanggan kalau kamu bertindak cepat untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. 

Selain itu, ada cara lain selain 10 cara meningkatkan kepercayaan pelanggan online. Yaitu dengan memiliki merek terdaftar. Percaya atau tidak, pelanggan bisa ragu memilih produkmu kalau mereknya belum terdaftar. Jadi, mulai sekarang lakukan pengecekan merek melalui Mebiso untuk memastikan pendaftaran merek yang aman.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda