KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Cara Meningkatkan Omset Perusahaan, Intip Strateginya!

Cara Meningkatkan Omset Perusahaan, Intip Strateginya!

MEBISO.COM – Sudah coba berbagai cara tapi penjualan masih belum berkembang? Mungkin, kamu belum mencoba cara-cara berikut. Ini dia cara meningkatkan omset perusahaan agar bisnismu bisa melejit. 

Strategi Meningkatkan Omset Penjualan

Kalau bisnis yang kamu jalankan belum juga menunjukkan hasil yang bagus, bisa jadi sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukan beberapa cara di bawah ini. 

1. Lakukan Riset 

Tidak berhasilnya meningkatkan omset penjualan memang banyak sekali alasannya, tapi kamu tidak akan tahu alasan mana yang paling berpengaruh tanpa melakukan riset lebih dulu. 

Untuk itu, langkah pertama dalam upaya meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan penelitian lebih dulu. Salah satunya adalah riset pasar yang tepat. Misalnya, dengan mencari tahu siapa yang menjadi pelangganmu, apa yang mereka butuhkan, dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. 

Informasi ini adalah pintu masuk pertama dalam menciptakan transaksi-transaksi yang lebih banyak nantinya. 

2. Kekuatan Brand

Kalau kamu sudah mengantongi informasi yang cukup tapi ternyata cara meningkatkan omset perusahaan masih belum juga berhasil, maka selanjutnya kamu perlu memperhatikan kekuatan dari brand

Brand adalah identitas sekaligus alat pembeda yang bisa kamu tampilkan untuk menjelaskan produk. Ketika membicarakan sebuah brand, maka kamu tidak bisa hanya memikirkan merekmu saja. 

Karena kamu juga perlu memperhatikan brand milik kompetitor juga. Bagaimana kekuatan merekmu dibandingkan dengan milik kompetitor? Ketika ternyata merek kompetitor lebih unggul di pasaran, maka hal ini bisa jadi penyebab penjualan yang tidak meningkat. 

Dengan begitu, kamu perlu strategi khusus berkaitan dengan brand sebagai cara meningkatkan omset perusahaan. Caranya, kamu bisa memulai dengan mendapatkan kepercayaan para pelanggan. Pastikan kamu sudah memberikan pelayanan maksimal kepada masing-masing pelangganmu. 

Selanjutnya, kamu juga harus memastikan kalau kualitas layanan dan juga produk sudah sesuai dengan branding yang kamu lakukan. 

3. Memperluas Target Pasar 

Cara menaikkan omset penjualan juga bisa dengan menambahkan jumlah pelangganmu. Mulailah dengan membuat rincian target pasar yang ingin kamu tuju, kemudian apakah ada kemungkinan tambahan target pasar dari kategori yang berbeda? 

Kalau iya, maka kamu bisa mencoba menawarkan produk kepada mereka. Tapi, tetap pastikan kalau produk buatanmu memang benar-benar cocok untuk mereka. Jangan hanya asal menawarkan produk, karena tanpa minat yang tinggi dari pelanggan maka kamu tidak akan bisa mencetak penjualan baru. 

4. Tingkatkan Kualitas Produk

Bisa saja kegagalan peningkatan omset penjualan adalah karena kualitas produkmu yang tidak bisa bersaing. Nah, kalau ternyata sudah banyak produk baru dengan kualitas yang lebih baik bermunculan, maka untuk bisa mempertahankan penjualan kamu juga harus memperhatikan kualitas dari produk. 

Lakukan evaluasi secara mendalam dan minta pendapat dari pelanggan. Selanjutnya, menggunakan data tersebut segeralah lakukan perbaikan. 

5. Tingkatkan Layanan

Cara meningkatkan omset perusahaan berikutnya yang cocok untuk perusahaan jasa adalah dengan meningkatkan kualitas dari layanan. Bukan hanya dari produk, tapi pengalaman pelanggan juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan omset toko online

Faktanya, perusahaan yang fokus pada pelayanan dan pengalaman pelanggan justru berhasil meningkatkan jumlah penjualannya secara signifikan. 

6. Promo

Tahukah kamu? Saat ini banyak sekali perusahaan yang melakukan cara meningkatkan omset penjualan online melalui promo. Bukan sembarang promo, tapi pastikan tawaran yang kamu berikan itu menarik untuk pelanggan. 

Tentukan tanggal-tanggal tertentu atau hari-hari khusus untuk kamu memberikan promo kepada pelanggan. Jangan lupa juga, pastikan promo yang kamu buat sesuai dengan minat dan kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, kamu akan berhasil mendapatkan penjualan yang fantastis. 

7. Gunakan Teknologi 

Di era sekarang ini, rasanya mustahil ada orang yang tidak memanfaatkan teknologi. Apalagi karena manfaatnya yang sangat banyak. Bahkan salah satu manfaat dari teknologi tersebut bisa kamu gunakan sebagai salah satu cara meningkatkan omset perusahaan!

Contohnya, kamu bisa menggunakannya sebagai media pemasaran yang efektif melalui media sosial, atau bahkan menggunakan kemudahannya sebagai media transaksi. 

Selain lebih cepat dalam menjaring pelanggan, kamu pun akan menciptakan transaksi secara lebih mudah hanya melalui sistem. 

8. Garansi

“Dijamin hanya menggunakan bahan yang halal!” Pernah membaca pesan-pesan semacam itu? Faktanya, kata-kata seperti di atas merupakan sebuah cara meningkatkan omset perusahaan. 

Contoh kalimat semacam itu merupakan jaminan yang bisa meyakinkan pelanggan. Jadi, kalau kamu ingin penjualan segera meroket, kamu bisa menambahkan kalimat-kalimat serupa yang sesuai dengan minat pelanggan. 

Atau, kamu juga bisa memasukkan beberapa testimoni pelanggan yang sudah pernah menggunakan produkmu. 

9. Lakukan Inovasi

Terlalu lama menggunakan produk yang monoton juga tidak baik. Pasalnya, selera pelanggan bisa berubah mengikuti perkembangan zaman. Karena itu, kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman sangat diperlukan pengusaha. 

Jangan ragu untuk melakukan perubahan ketika permintaan pelanggan sudah mulai menurun, dan pastikan inovasi tersebut masih bisa memenuhi selera konsumen. 

Risiko Peningkatan Omset

Cara meningkatkan omset perusahaan akan membuat bisnismu semakin terkenal. Tapi tahukah kamu? Bisnis yang terkenal juga akan mengundang kejahatan! Munculnya bisnis-bisnis peniru misalnya. Kamu selalu bisa menghindari kejahatan tersebut dengan fitur Proteksi Merek dari Mebiso agar bisnis tetap berkembang dengan aman.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi