KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Hati-Hati! Berikut Ini 6 Tantangan Berpromosi Di New Media

Hati-Hati! Berikut Ini 6 Tantangan Berpromosi Di New Media

MEBISO.COM – New media atau media baru merupakan sebuah fasilitas terkini untuk melakukan promosi. Media baru saat ini sering dikenal sebagai media sosial. Dan pastinya sudah banyak dimanfaatkan oleh pengusaha. Meski begitu, pengusaha juga perlu untuk berhati-hati dalam menghadapi 6 tantangan berpromosi di new media. 

Berikut ini adalah tantangan-tantangan yang perlu kamu perhatikan sebagai pengusaha dalam melakukan promosi di new media. 

Market

Pertama kali yang perlu dilakukan oleh pengusaha adalah dengan memetakan market. Sebelum bisa menguasai new media ini, kamu harus bisa memutuskan akan menargetkan market yang mana. 

Menentukan market yang terlalu umum, faktanya kurang bisa berhasil melakukan promosi. Menentukan market juga bukanlah langkah yang sulit, karena kamu bisa mulai dengan cara mengenali pelanggan atau calon pelangganmu. 

Apakah dari suatu hobi khususnya? Ataukah dari suatu pekerjaan tertentu yang ingin kamu gunakan sebagai metode pemasaran?

Segmentasi pasar bisa jadi jauh lebih luas dibandingkan dua contoh di atas, kamu bisa menentukan target pasar berdasarkan tingkat pendapatan seseorang, berdasarkan profesi yang sedang dijalankan, atau berdasarkan tingkatan sosial tertentu. 

Pesan

Setelah melakukan penentuan target pasar, tantangan selanjutnya dari 6 tantangan ketika berpromosi di new media ada pada bagian penyampaian pesan. Ingat, target pasarmu adalah manusia.

Tentunya, masing-masing akan memiliki ketertarikan dan budaya yang berbeda-beda. Untuk itu, kamu tidak bisa menyamaratakan pesan yang akan kamu sampaikan kepada semuanya. 

Sesuaikan masing-masing pesan tersebut dengan kepribadian pelangganmu. Pengiriman pesan yang lebih personal tentunya akan lebih diingat oleh pelanggan. 

Menentukan Channel

Ketika pertama kali terjun ke dunia pemasaran melalui sosial media, kamu tidak perlu menggunakan seluruh channel sosial media yang ada. Yang perlu kamu lakukan adalah menentukan satu atau beberapa saja channel yang paling tepat sesuai dengan target pasarmu.

Untuk itu, penting juga mempelajari masing-masing channel yang tersedia saat ini. 

Media

Selain channel media sosial yang tepat, kamu pun masih punya PR besar untuk menentukan media atau sarana. Dari 6 tantangan ketika berpromosi di new media, penentuan sarana yang tepat juga menjadi tugas yang sangat penting. 

Kalau tadi kamu sudah menentukan channel yang paling sesuai, saat ini saatnya menentukan media sesuai dengan fungsinya. Misalnya, ketika yang kamu butuhkan adalah komunikasi 2 arah secara cepat dan instans, maka Whatsapp sudah sangat cukup untuk menunjang proses promosimu. 

Tapi, kalau ternyata target pasarmu adalah anak-anak muda yang lebih suka berbicara dengan santai untuk topik-topik terbaru, mencoba menggunakan instagram juga tidak ada salahnya. 

Budget Promosi

Menentukan budget promosi ini memang sangat krusial. Bahkan banyak perusahaan yang gagal juga karena kesalahan mengatur budget promosi. Sebelum menghambur-hamburkan uang untuk sesuatu yang justru berakhir gagal, maka sebelumnya kamu perlu menentukan tujuan lebih dulu. 

Pertama, tentukan tujuannya lebih dulu, lalu cara mendapatkan tujuan itu, dan barulah kamu bisa menentukan budget yang sesuai. 

Pengukuran 

Terakhir, jangan lupa untuk mengukur efektivitas dari promosi melalui new media. Lakukan evaluasi secara berkala menggunakan tools-tools sesuai dengan media yang kamu gunakan. 

Jika hasilnya ternyata kurang memuaskan, maka segera perbaiki kembali langkah promosi yang sudah kamu lakukan. Kalau kamu sudah berhasil menghadapi 6 tantangan berpromosi di new media, jangan lupa untuk segera melindungi nama mereknya. Karena promosi yang berhasil akan membuat produkmu semakin dikenal banyak orang. Dan mulai langkah pertamanya dengan melakukan Cek Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda