KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ide Nama Bisnis Aesthetic dan Juga Aman untuk Pengusaha

Ide Nama Bisnis Aesthetic dan Juga Aman untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Agar produk lebih menarik di mata pelanggan, mulai sekarang coba mulai persiapkan ide nama bisnis aesthetic milikmu. Nah, tentunya agar nama itu bisa kamu gunakan sampai kapan pun, jangan lupa pertimbangkan juga aspek keamanannya. Yuk, simak penjelasan lengkap mengenai nama bisnis berikut. 

Tips Mendapatkan Ide Nama Bisnis Aesthetic

Menentukan nama bisnis selalu menjadi krusial untuk para pengusaha. Apalagi ketika nama ini sudah banyak dikenal pelanggan, maka akan sulit untuk menggantinya. Nah, agar kamu tidak salah langkah dalam menentukan nama usahamu, ikuti beberapa tips di bawah ini. 

1. Perhatikan Aturan Pembuatan Nama

Jangan salah, karena membuat nama khususnya untuk usaha, ada aturan mainnya. Fungsinya, agar seluruh pengusaha punya pembedanya masing-masing dan menghindari adanya persaingan usaha yang tidak sehat. 

Nah, beruntungnya aturan ini sudah ada sejak tahun 2016 sehingga kamu bisa langsung merujuk pada ketentuan dalam undang-undang khusus merek saja. Seluruh cara dan juga batasan pembuatan nama yang baik sudah ada dalam aturan tersebut. 

Sepanjang kamu mematuhi seluruh ketentuannya, dijamin nama bisnis milikmu akan aman dan sukses. 

2. Riset Permulaan

Selanjutnya untuk mendapatkan ide nama bisnis aesthetic adalah dengan melakukan riset permulaan. Kamu perlu memahami arti dari aesthetic itu sendiri. Bagaimana konsep bisnismu dengan kesesuaian nama. 

Terkadang, pemilihan nama yang tidak sesuai dengan konsep bisnis justru akan mengecoh pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi seluruh pengusaha untuk melakukan riset lebih dulu. 

Bahkan bukan hanya untuk menentukan kecocokan nama, tapi kamu bahkan bisa menemukan ketersediaan nama melalui proses riset ini. Dengan begitu, kamu bisa secara tepat menentukan nama yang pas untuk usaha sekaligus aman digunakan. 

3. Gunakan Nama yang Mudah Diingat

Satu hal penting lainnya yang harus kamu ingat dalam menentukan ide nama bisnis aesthetic adalah memastikan nama pilihanmu mudah diingat oleh pelanggan. Dengan begitu, nama pilihanmu akan sangat mudah melekat di ingatan para pelanggan. 

4. Sesuaikan dengan Karakter Produk

Kamu pun bisa menentukan nama yang sesuai dengan karakter dari produk. Dengan menggabungkan beberapa kata dari karakter produk, kamu justru bisa menemukan nama yang aesthetic

Banyak pengusaha yang menggunakan ciri dari produk atau layanan sebagai inspirasi nama bisnis. Hal ini justru menjadi ide yang menarik. Apalagi, kalau kamu juga berhasil memodifikasi kata-kata tersebut menjadi sebuah ide yang unik. 

5. Pastikan Nama itu Unik

Tugas lainnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan nama itu sudah unik. Tidak ada salahnya mendapatkan inspirasi dari nama usaha lain, tapi usahakan untuk memberikan sedikit pembeda. 

Fungsinya, agar nama pilihanmu itu tidak hanya menjadi penjiplak produk lainnya. Tentunya, kamu pun tidak ingin hal ini terjadi pada bisnismu, bukan?

Ide Nama Bisnis Aesthetic

Lebih mudahnya, kamu bisa meniru beberapa inspirasi penggunaan nama bisnis yang aesthetic di bawah ini. 

1. Nama Toko Online

Untuk bisa membuat nama online shop unik sekaligus menarik minat pembeli, kamu bisa menggunakan kombinasi nama warna, bahasa asing, atau nama produk yang kamu jual. 

Gunakan beberapa istilah di atas, ambil frasa atau potongan huruf yang apabila digabungkan menjadikan istilah baru. Selanjutnya, kamu hanya perlu mendaftarkan hasil gabungan nama tersebut ke marketplace atau sebagai merek dagang ke DJKI. 

2. Nama Toko Makanan Aesthetic

Selanjutnya, kalau bisnis kamu bergerak di bidang kuliner, cara mudah untuk mendapatkan ide nama yang menarik konsumen adalah dengan menonjolkan keunggulan cita rasa dari produkmu. 

Contohnya, seperti merek Teh Pucuk Harum. Inilah yang biasanya dicari oleh para penikmat minuman teh. Jadi, kalau misalnya saat ini bisnismu bergerak di bidang makanan ramen, kira-kira apa yang pelangganmu ingin dapatkan dari mengkonsumsi ramen tersebut?

3. Nama Toko Pakaian Aesthetic

Berbeda lagi kalau kamu ingin mendapatkan nama unik untuk produk pakaian yang kamu produksi sendiri. Coba pikirkan mengenai bahan utama yang kamu gunakan untuk membuat sebuah pakaian tersebut. 

Akan lebih mudah kalau kamu menggunakan satu bahan utama untuk seluruh produk yang kamu hasilkan. Pemilihan bahan itu bisa menjadi sumber inspirasi dalam penentuan nama toko pakaian milikmu. 

Setelah berhasil menemukan satu nama yang paling pas dengan kegiatan bisnismu, sekarang saatnya untuk mengamankan pilihan namamu itu. Cara paling tepat agar memastikan nama sudah aman dan masuk perlindungan pemerintah adalah mendaftarkannya di laman DJKI. 

Tapi, tahukah kamu? kalau ternyata pendaftaran saja tidak cukup untuk bisa memastikan ide nama bisnis aesthetic pilihanmu itu aman dari jerat pencuri merek. Kamu masih perlu melakukan pengamanan ekstra dengan cara melaporkan aksi-aksi penjiplakan merek. 

Tentunya, langkah ini akan memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan pada saat proses penentuan nama mereknya. 

Alternatif Pengamanan Merek

Nah, karena kamu perlu waktu yang panjang untuk menemukan ide nama bisnis aesthetic, sekarang kamu sudah tidak perlu waktu panjang lagi untuk mengamankan merek. Sudah ada fitur Perlindungan Merek dari Mebiso yang bisa memberikan laporan pendaftaran merek secara instan setiap harinya!

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda