KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Banyak Yang Sama, Jangan Sampai Salah Pilih Kelas Merek 11!

Kelas Merek 11

MEBISO.COM – Memilih kelas merek memang tidak boleh sembarangan, tapi tahukah kamu kalau banyak produk-produk di kelas merek 11 yang mirip dengan produk di kelas lain. Agar tidak salah menentukannya, kamu harus memperhatikan baik-baik penjelasan tentang kelas 11 pada artikel ini. 

Penjelasan Singkat Kelas Merek 11

Kalau kamu sekarang dalam tahap menentukan kelas merek, sebaiknya kamu harus berhenti dulu. Apakah kelas yang kamu pilih sudah benar-benar tepat?

Kalau masih ragu, kamu bisa memastikannya melalui penjelasan singkat di bawah ini:

Produk-produk instalasi

Seperti penjelasan besarnya, kelas 11 ini banyak melindungi produk-produk instalasi. Seperti instalasi penerangan, pemasanan, penghasilan uap, pemasangan, pendinginan, pengeringan, penyegaran udara pembagian air dan instalasi kesehatan.

Barang elektronik berikut alat pendukungnya

Yang pastinya masuk ke dalam kelompok ini adalah barang-barang elektronik. Apalagi fungsinya seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama di atas. Tapi, tidak hanya barang-barang elektronik saja, di kelompok 11 banyak juga produk-produk lain yang mendukung fungsi dari alat elektronik. 

Bisa berupa alat masak

Alat-alat elektronik yang fungsinya untuk memasak, bisa kamu temukan juga di kelas 11. Tapi hanya terbatas pada alat-alat masak elektronik. Selain itu, kamu bisa mencoba mencari di kelas lainnya. 

Jangan lupa, 3 poin di atas adalah pengelompokan produk sesuai dengan jenisnya. Tapi pada saat pengusaha akan menentukan kelasnya, kamu juga akan menemukan banyak produk serupa di kelas yang berbeda-beda. 

Jadi, selanjutnya artikel ini akan membandingkan beberapa produk serupa yang juga dilindungi di kelas lain. 

Produk Serupa Dengan Kelas Merek 11

Alasan utama kamu wajib memahami artikel ini adalah karena pilihan kelas merek itu sangat beragam. Dan apabila kamu tidak berhati-hati, pilihan tentang kelas ini bisa mengecoh kamu. 

Kesalahan seperti itu akan berpengaruh pada aplikasi pendaftaran kamu dan lebih parahnya lagi, akan ada kemungkinan bisnismu direbut oleh kompetitor! 

Jadi, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan semua pebisnis, coba bandingkan beberapa produk ini dulu sebelum memilih Kelas Merek 11:

Lampu Natal (lilin) dan Lampu Natal selain lilin

Misalnya kamu adalah seorang pengusaha yang memproduksi pernak-pernik hiasan natal. Salah satunya berupa lampu natal. Nah, pada saat memutuskan untuk mendaftarkan mereknya, kamu perlu beberapa pertimbangan. 

Pada sistem merek membedakan kelas merek berdasarkan bahan yang kamu gunakan juga. Kalau lampu natal yang kamu produksi berbahan dasar dari lilin, kamu harus memilih kelas 4.

Tapi, akan jadi berbeda kalau ternyata lampu yang kamu produksi tidak berbahan dasar lilin. Dengan produk itu, pastikan kamu memilih di kelas 11. 

Filter kopi listrik dan filter kertas kopi

Hati-hati, kedua produk itu punya penjelasan pada sistem merek yang hampir sama. Jangan sampai kamu salah dalam memilih produk yang tepat. 

Filter kopi listrik, ada di Kelas Merek 11, dan filter kertas kopi berada di kelas 16. 

Kalau kamu memproduksi semuanya, kamu boleh memilih kedua kelas itu. 

Korek api

Sistem klasifikasi merek memberikan dua pilihan yang berbeda untuk satu produk ini. Kamu bisa menemukan korek api pada kelas 11 dan juga kelas 34. 

Bagaimana caranya agar kamu tidak melakukan kesalahan?

Kalau kamu menemukan beberapa pilihan kelas, usahakan untuk selalu kembali pada setiap konsep perlindungan per masing-masing kelasnya. 

Kelompok kelas 11 mayoritas melindungi produk-produk elektronik. Sedangkan kelas 34 banyak melindungi produk berbahan dasar tembakau dan produk pendukung untuk merokok. 

Jadi, apa tujuan utama kamu membuat korek api? Kalau memang korek api yang kamu produksi memiliki tujuan khusus sebagai alat bantu untuk merokok, jangan ragu untuk melindunginya di kelas 34. 

Tapi kalau ada fungsi lainnya yang bisa didukung, dan juga tergolong pada produk elektronik, pilih saja kelas 11. Agar kamu tidak melakukan kesalahan pada saat memilih kelas merek 11, kamu bisa menggunakan fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.

Cek Keberhasilan Daftar Merek Hanya 1x KLIK!