KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Produk-Produk Alat Musik Yang Terlindungi Di Kelas Merek 15

Produk-Produk Alat Musik Yang Terlindungi Di Kelas Merek 15

MEBISO.COMKelas merek 15 khusus untuk melindungi produk-produk alat musik. Ini adalah pernyataan yang kurang tepat, karena ternyata banyak juga produk atau barang lainnya yang bukan termasuk alat musik.

Apa Saja Yang Dilindungi Di Kelas Merek 15?

Setelah membaca kalimat pertama pada bagian pembuka di atas, kamu mungkin akan bertanya “apa saja yang dilindungi di kelas 15?” Sistem Klasifikasi Merek DJKI memang hanya menyebutkan “alat-alat musik” pada pengelompokan kelas ini. 

Tapi, apakah memang hanya alat musik saja yang dilindungi? Ternyata, sama seperti kelas-kelas lainnya yang sudah pernah dibahas, kelas ini pun memiliki perluasan produk yang masih berkaitan dengan alat musik. 

Apa saja produk itu? Di kelas ini, pengusaha juga bisa melindungi aksesori untuk alat musik juga, seperti sandaran dagu dan juga poros pin. Jadi, untuk bisa memilih kelas ini, pastikan dulu produk kamu bisa mendukung profesi musisi. 

Karena kelompok besar perlindungan kelas ini juga sudah disesuaikan untuk musisi, maka pemilihannya juga hanya bisa untuk bermusik. Tidak ada pembeda untuk kategori bahan dasar atau cara penggunaannya. 

Pembeda yang sangat umum ini menjadikan kelas 15 juga sangat bervariasi produknya. Mulai dari alat musik modern sampai tradisional. Alat musik berbahan dasar kayu atau metal. 

Alat musik lokal sampai internasional, semua jenisnya akan masuk ke dalam kelas 15. Alhasil, pengusaha juga perlu ekstra hati-hati sebelum menentukan nama merek lalu memproses pendaftarannya. 

Atau, pengusaha berpotensi mendapatkan usulan penolakan dari pemilik merek lainnya. Bagaimana cara perlindungan untuk menghindari hal tersebut? Mari simak penjelasan artikel berikutnya. 

Menghindari Permasalahan Pada Kelas Merek 15

Berbeda dengan kelas-kelas lainnya yang punya tips menentukan kelas merek sesuai dengan bahan dasar atau cara penggunaannya, kelas 15 ini hanya untuk alat musik. Frasa hanya untuk alat musik menjadikannya jenis produk sangat luas. 

Alhasil, untuk melindungi nama merek di kelas ini perlu sangat berhati-hati. Kamu bisa menerapkan cara-cara berikut agar selamat dalam melindungi merek di kelas 15:

Perhatikan cara membuat nama merek

Kelas ini khusus untuk melindungi merek yang dipergunakan untuk alat musik dan pendukungnya. Jadi, usahakan untuk menghindari kata-kata yang berkaitan dengan musik, alat musik, atau pendukungnya. 

Selalu cek nama dahulu

Setelah menentukan nama yang tidak berkaitan dengan produk, selanjutnya kamu bisa melakukan pengecekan nama. Hal ini untuk semakin menambahkan kekuatan merek. 

Karena selain menghindari penggunaan nama yang berkaitan dengan produk, kamu juga harus menghindari nama yang sama dengan lainnya. Jadi, mengecek nama sebelum proses pendaftaran sangat wajib!

Cari produk yang sesuai

Untuk bisa memilih kelas 15 dengan aman, salah satu langkah yang tidak boleh kamu lewatkan adalah menentukan produk dengan sangat tepat! Seperti penjelasannya pertama kali, kalau kelas ini melindungi produk yang begitu luas. 

Jadi, kunci suksesnya melindungi merek di kelas 15 adalah dengan memilih nama merek yang tepat dengan penjelasannya. Dengan begitu, kamu sudah menghindari surat teguran dari DJKI.

Hati-hati dengan merek terkenal

Kelas ini sangat dekat dengan musisi, dan tentunya sangat mudah menjadi merek terkenal. Dan karena kemudahannya itu, kamu justru perlu lebih hati-hati sebelum memilih nama. 

Merek terkenal mempunyai kekuatan untuk mencegah pendaftaran merek lainnya. Walaupun memiliki sedikit kemiripan, tapi merek terkenal bahkan bisa mencegah pendaftaran di kelas yang berbeda!Berminat mendaftarkan merek di kelas merek 15? Pastikan dulu produkmu tersedia dengan menggunakan fitur Cari Kelas Merek dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda