KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Catat! Berikut Ini Kumpulan Pertanyaan Tentang Merek

Kumpulan Pertanyaan Tentang Merek

MEBISO.COM – Artikel ini khusus untuk pengusaha! Mau tahu jawaban dari pertanyaan tentang merek? Berikut ini adalah semua pertanyaan untuk pengusaha sebelum mendaftarkan merek, sampai sukses menjadi pemilik merek terdaftar.

Pertanyaan Tentang Merek Untuk Calon Pengusaha

Pertama, ada beberapa pertanyaan yang biasanya diajukan oleh calon-calon pengusaha sebagai berikut:

1. Daftar merek, wajibkah?

Pertanyaan pertama, mengenai keharusan mendaftarkan merek. Apakah pendaftaran merek itu wajib? Pada dasarnya tidak ada yang memerintahkan kamu untuk mendaftarkan merek. 

Tapi, kalau mau merekmu aman, ya segera proses pendaftarannya! Singkatnya seperti itu.

2. Bolehkah daftar merek setelah untung?

Kedua, mengenai waktu yang tepat untuk mendaftarkan merek. Daftar merek itu perlu pertimbangan khusus. Memang, untuk menghindari kerugian akibat rebranding, sebaiknya kamu mulai mendaftarkan merek sebelum produknya beredar. 

Tapi, jangan sampai kamu mendaftarkannya lebih dari 3 tahun sebelum produk beredar, ya!

3. Kenapa harus daftar merek?

Selanjutnya, kalau pendaftaran merek itu tidak wajib, jadi kenapa harus daftar merek? Pertama, merek itu fungsinya untuk mengenalkan suatu produk yang dipasarkan. 

Artinya, produkmu itu nantinya akan dikenal banyak orang. Kalau-kalau salah satu yang mengenal merekmu itu adalah seorang kompetitor, lalu memasarkan produk yang sama dengan nama yang sama pula, apa yang bisa kamu lakukan?

Tanpa pendaftaran merek, kamu tidak bisa melakukan apa-apa. 

Kedua, setelah melakukan pendaftaran, kamu akan mendapatkan bukti pendaftaran merek. Dari bukti ini kamu bisa melakukan banyak hal, termasuk membuat para penjiplak itu takut meniru produkmu bahkan sekedar namanya saja. 

Sudah yakin untuk mendaftarkan merekmu? Setelah punya bukti pendaftaran dan resmi menjadi pemilik merek, kamu mungkin akan menanyakan beberapa hal berikut. 

Pertanyaan Tentang Merek Untuk Pengusaha

Sekarang kamu adalah pengusaha yang sudah sukses mendaftarkan merek, tapi ternyata masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Contohnya, adalah pertanyaan-pertanyaan berikut:

1. Berapa lama merek bisa disebut aman?

Misalnya, kamu baru mengirimkan permohonan hari ini. Apakah kemudian kamu bisa menyebut merekmu aman? Sayangnya belum, kamu masih perlu memperhatikan proses pemeriksaan dulu. 

Selanjutnya, bisa kurang lebih 1 sampai 2 tahun ketika sertifikat merek terbit, kamu bisa sedikit bersantai. 

2. Kok bisa ada nama sama di pasaran?

Ingat, posisinya adalah kamu sudah mendaftarkan merek. Kemudian tiba-tiba kamu menemukan gerai atau outlet yang menggunakan nama yang sama dengan merekmu. 

Kamu tidak perlu khawatir, karena sebagai pemilik merek yang sah dan tercatat, ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Mulai dari mengirimkan surat keberatan ketika dirinya mendaftarkan merek, bahkan kamu juga bisa melaporkannya ke polisi! 

3. Punya merek, usaha dijamin aman?

Tentu saja. Salah satu cara yang diberikan pemerintah untuk mengamankan nama merek adalah dengan pendaftaran. Selain nama usahamu diakui negara, kamu pun punya kekuatan untuk membuat pendaftaran merek lain gagal. 

Tapi, ada satu hal yang perlu kamu ingat. Walaupun pemerintah sudah memberikan jaminan tersebut, bukan berarti kamu boleh pasrah hanya mengandalkan pemerintah. 

Untuk bisa sukses menjadi pengusaha sekaligus pemilik merek, tentu ada langkah ekstra yang harus kamu lakukan. Misalnya, adalah dengan terus memantau perkembangan merek-merek baru. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan strategi perlindungan dengan mengirimkan beberapa surat kepada pendaftaran merek tersebut!

Sudahkah penjelasan di atas menjawab pertanyaan tentang merek kamu? Kalau begitu, kamu pasti paham kalau pengecekan tidak kalah pentingnya dalam pendaftaran merek. Jadi, segera manfaatkan fitur Pengecekan Merek Dagang dari Mebiso.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda