KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Logo Garuda Jersey Timnas Ternyata Didaftarkan Oleh Pribadi 

Logo Garuda Jersey Timnas Ternyata Didaftarkan Oleh Pribadi 

Logo garuda jersey timnas Indonesia ternyata sempat didaftarkan dua kali. Tentunya, hal ini menjadi sorotan publik. Selengkapnya, akan diulas pada artikel berikut.

Merek yang Didaftarkan Oleh PSSI

Diketahui, tim sepak bola luar negeri sangat aware dengan kekayaan intelektual. Bahkan, puluhan merek diamankan dan dilindungi.

Bagaimana dengan sepak bola Indonesia? Berdasarkan penelusuran tim Mebiso, ada beberapa asset Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang sudah dilindungi mereknya. Antara lain Logo Resmi PSSI, Logo Garuda, Logo Fanbase Timnas dan Logo Resmi Timnas Indonesia.

Logo Jersey Timnas Indonesia

Diketahui, tim sepak bola luar negeri sangat aware dengan kekayaan intelektual. Bahkan, puluhan merek diamankan dan dilindungi.

Tak hanya itu, logo yang terdapat di jersey lama, juga telah didaftarkan oleh PSSI. Sedangkan, logo Garuda di jersey baru, justru didaftarkan merek oleh pemilik asli brand Erspo, apparel resmi jersey timnas sepak bola Indonesia.

CEO Mebiso, Hesti Rosa mengungkapkan, berdasarkan Undang-Undang Merek Nomor 20 tahun 2016, Pasal 21 ayat (2) huruf (b), penggunaan lambang negara di merek bisa dilakukan.

“Dengan catatan, sudah mendapatkan persetujuan tertulis dari pihak yang berwenang,” kata dia.

Sebagai informasi, logo baru jersey tersebut diketahui telah didaftarkan oleh pemilik Erspo, yakni Muhammad Sadad. Berdasarkan penelusuran Mebiso.com, hingga 18 Juni 2024, proses pendaftaran tersebut statusnya ‘TM Pelayanan Teknis’ di kelas merek 25. Diketahui, penerimaan pendaftaran merek tersebut pada tanggal 22 Januari 2024.

Untuk diketahui, Timnas Indonesia memiliki jersey baru hasil kerjasama dengan brand apparel lokal, yakni Erspo, yang merupakan sub brand milik Erigo. Seragam ini digunakan oleh tim untuk berkompetisi pada ajang Piala AFF U-17 2024, Piala Asia U-23, hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dilansir dari berbagai sumber, Erspo berhasil melakukan kerjasama dengan Persatuan Sepakbola Indonesia (PSSI) untuk menyuplai pakaian olahraga dan perlengkapan bagi Timnas Indonesia. 

Sejatinya, Erspo telah merilis jersey timnas Indonesia pada 18 Maret 2024. Namun, desain kostum Garuda dari Erspo menuai kritik publik. Pendiri Erspo, Muhammad Sadad, menjelaskan, Erspo sebetulnya sudah berupaya untuk berkolaborasi dengan sejumlah pihak untuk jersey timnas Indonesia. 

Sadad menjelaskan, kritik yang diterima dari publik membuat Erspo bakal membuat desain baru untuk jersey timnas Indonesia. Menurut Sadad, Erspo akan melakukan kerja sama untuk desain baru jersey timnas Indonesia yang akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2024.

Mandat Ir Soekarno

Meski demikian, aturan simbol negara pada Merek, termasuk logo Garuda yang ada pada Jersey Timnas Indonesia, justru berdasarkan arahan Presiden Soekarno sejak tahun 1954.

Tujuannya, agar pemain Timnas sadar bahwa mereka main untuk nama bangsa, bukan hanya untuk federasi PSSI. Sehingga, logo ini sah untuk dipakai pada jersey dan diperjualbelikan. 

Itulah ulasan singkat mengenai logo garuda jersey timnas Indonesia. Baca selalu artikel kami.

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah