KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Panduan Cara Mengisi Form Daftar Merek Dengan Lengkap

Panduan Lengkapi Form Daftar Merek

MEBISO.COM – Tidak perlu bantuan ahli untuk bisa mengisi form daftar merek! Fakta ini harus kamu ketahui sebagai pengusaha. Karena tidak ada kriteria tertentu agar seseorang bisa mendaftarkan mereknya. 

Cukup perhatikan penjelasan lengkap dari artikel berikut untuk panduan pengisian formulir.

Isian Dalam Form Daftar Merek

Apa saja yang harus ada dalam sebuah formulir? Ada beberapa isian wajib sebagai berikut:

Nama merek

Seperti umumnya sebuah pendaftaran merek, fokus utama pemeriksaan adalah nama merek. Apapun jenis yang nantinya kamu pilih, DJKI akan selalu memintamu untuk memasukkan nama merek lebih dulu. 

Logo merek

Kalau kamu memilih jenis merek kata dan juga lukisan, lampiran dari dokumen gambar itu wajib kamu lampirkan pada sistem. Bahkan ketika jenis merek yang kamu pilih adalah hanya jenis kata saja, sistem akan tetap memintamu untuk melampirkan dokumen gambar untuk bagian logo ini. 

Nama pemilik merek

Pastikan kamu menuliskan nama yang nantinya menjadi pemilik merek, kalaupun nantinya kamu justru hanya membantu pengurusan merek orang lain, bagian ini adalah hanya untuk pemilik merek saja. 

Jenis pemohon

Pilihannya ada jenis perorangan dan juga perusahaan. Kamu akan memilih jenis dari pemohonnya lebih dulu. Jadi setelah menentukan jenis pemohonnya kamu bisa menuliskan nama pemohon sesuai dengan jenis pemohon yang dipilih. 

Misalnya, ketika pada jenis permohonan perusahaan. Kamu perlu memasukkan nama pemohon sesuai dengan tipe perusahaannya. Misalnya, pastikan kamu memasukkan nama PT juga kalau tipe perusahaannya adalah PT. 

Alamat dan info kontak

Menjadi faktor yang turut menentukan siapa pemilik merek, data alamat sekaligus nomor telepon dan email harus disampaikan dengan tepat. 

Selain 5 poin di atas, ada data tambahan pada bagian penjelasan tentang merek. Misalnya seperti penjelasan tentang nama merek dan juga terjemahan maupun cara penyebutannya. 

Mengajukan Form Yang Sudah Diisi

Ketika semua isian dari form daftar merek di atas sudah lengkap, saatnya kamu mengajukan formulir tersebut. Dimana kamu bisa mengirimkannya? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buat akun pada sistem

Bukan di loket. Tapi saat ini yang bisa menerima formulir hasil pengisian untuk mengajukan pendaftaran merek adalah sebuah sistem canggih yang dikembangkan sendiri oleh DJKI. 

Dan untuk bisa mengaksesnya, kamu harus membuat akun lebih dulu. Atau dengan cara memasukkan data diri pada sistem khusus merek itu. 

2. Buat permohonan

Setelah berhasil memiliki akun pada sistem, saatnya kamu membuat permohonan lebih dulu. Dan karena ada beberapa pilihan menu, pastikan kamu memilih menu untuk pengajuan permohonan. 

Lalu setelah memilih menu ini kamu akan menemukan tampilan lain pada akun merekmu. 

3. Pesan kode pembayaran

Setelah menekan menu untuk menambahkan permohonan, sistem akan secara otomatis menampilkan pilihan perintah untuk memproses perintah pembayaran lebih dulu. 

Pada bagian ini kamu sudah mulai harus memasukkan data-data utama. Data yang harus kamu masukkan disini, adalah sebagian data pada formulir. Seperti nama, jenis permohonan, alamat, nomor telepon dan email, kemudian jumlah kelas. 

Nominal jumlah pembayaran yang harus kamu bayarkan akan dihitung sesuai dengan jumlah nama merek dan jumlah kelas. Termasuk juga data yang kamu masukkan disini, sudah tidak bisa diproses perubahannya setelah dilakukan pembayaran. 

4. Tambahkan data isian

Karena sebelumnya kamu sudah memasukkan sebagian data, saat ini kamu harus melengkapi data yang masih kosong. Kamu hanya perlu mengikuti panduan pengisian dari pembahasan sebelumnya dan permohonanmu sudah sesuai. 

5. Review dan kirim

Langkah terakhir adalah mengulas seluruh isian dan setelahnya adalah menekan tombol kirim. Saat ini permohonan kamu sudah terkirim pada pemeriksa dan waktu pemeriksaan akan dimulai. 

Hasil Akhir Pengiriman Form Daftar Merek  

Karena kamu sudah berhasil mengirimkan form daftar merek, saatnya kamu menunggu hasil akhir dari seluruh rangkaian proses di atas. Apa yang akan kamu dapatkan setelah berhasil mengirimkan formulir?

Jawabannya adalah pemeriksaan. Ya, sebenarnya setelah proses pengiriman formulir itu selesai, artinya merekmu saat ini memasuki proses pemeriksaan. Jadi yang kamu terima adalah sebuah dokumen bukti pengajuan permohonan pendaftaran merek. 

Sesuai dengan judulnya, maka di tahap ini DJKI baru menerima permohonanmu untuk mendaftarkan merek. Tidak serta merta kamu bisa langsung mendapatkan hak merek. Tapi ada beberapa tahapan proses pemeriksaan dulu yang harus kamu selesaikan. 

Di tahap ini pun kamu tidak bisa mengabaikan pengajuanmu. Karena terkadang DJKI akan meminta beberapa dokumen atau bahkan beberapa konfirmasi agar bisa melanjutkan proses pemeriksaannya. 

Dan hasil akhir dari pemeriksaan sebenarnya adalah penerimaan atau penolakan dari merek. Jadi setelah memastikan formulirnya benar, kamu pun masih harus memastikan merekmu diterima berdasarkan hasil pemeriksaan. 

Setelah mendapatkan hasil akhir diterima, barulah kamu akan mendapatkan dokumen sertifikat. Dokumen ini adalah sebuah dokumen yang benar-benar menjadi hasil akhir permohonan merek. 

Jadi, setelah pengiriman formulir kamu akan dapat bukti pengajuan permohonan pendaftaran dan juga surat pernyataan, setelah itu kamu akan mendapat sertifikat. Tips tambahan, agar form daftar merek milikmu berhasil menjadi sertifikat, jangan lupa untuk menggunakan fitur Cek Merek Mebiso.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi