KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Pendaftaran Merk Menggunakan Nama Orang, Bolehkah?

Pendaftaran Merk Menggunakan Nama Orang, Bolehkah

MEBISO.COM – Pendaftaran Merk Menggunakan Nama Orang, Bolehkah?. Kamu pasti pernah melihat beberapa produk yang menggunakan nama orang pada pendaftaran merknya. Misalnya seperti Merek “Bu Rudy”,  “Waroeng Pak Muh”,  dan “Krisbow”. 

Kalau nama orang yang digunakan ternyata sangat umum, hal ini bisa berisiko adanya duplikasi nama. Kecuali nama yang di gunakan itu memang benar-benar unik. 

Peraturan tentang merek juga menjelaskan mengenai batasan penggunaan nama orang pada pendaftaran merk. Misalnya seperti yang tertulis pada Pasal 21 Undang-Undang tentang Merek. 

Pada Pasal 21, ada batasan mengenai penggunaan nama orang untuk merek. Ketentuan dalam undang-undang tersebut menyebutkan “Merek akan di tolak apabila merupakan atau menyerupai nama atau singkatan orang terkenal”.

Nyatanya, menurut undang-undang, menggunakan nama orang terkenal pada merek kamu bisa menyebabkan merek tersebut di tolak. Apalagi kalau pencatutan nama tersebut tanpa seizin dari pemilik nama. 

Jadi, kalau kamu berencana menambahkan nama orang terkenal pada merekmu, pastikan kamu sudah mendapatkan izin lebih dulu. Hal ini karena bersamaan dengan batasannya, undang-undang juga memberikan pengecualian. 

Beberapa pengecualian ini adalah:

1. Hanya untuk nama orang terkenal

Ketentuan dalam pasal ini hanya berlaku untuk nama-nama orang terkenal saja. Arti terkenal ini sayangnya tidak di jelaskan lebih lanjut pada peraturan. Jadi, ketika kamu merasa nama seseorang yang kamu gunakan adalah orang yang terkenal, sebaiknya kamu menyiapkan permintaan izin lebih dulu. 

2. Harus berdasarkan izin

Izin menjadi hal yang wajib ketika kamu menggunakan nama orang terkenal pada merekmu. Bahkan Ditjen KI juga mengharuskan adanya bukti berupa surat izin ini. 

Beberapa kasus merek yang menggunakan nama orang bahkan juga diharuskan untuk melampirkan surat izin ini. 

Dalam proses pendaftaran merk, terdapat beberapa ketentuan seperti batasan penggunaan nama di atas. Sehingga, untuk mengetahui batasan-batasan penggunaan merek, kamu bisa langsung berkonsultasi pada ahlinya.

Misalnya seperti Jasamerek.com yang sudah terpercaya dalam menyelesaikan pendaftaran merek hanya dengan 1 hari saja. 

Lalu, bagaimana dengan merek yang sudah ada?

Seperti contoh-contoh di atas, banyak juga merek-merek yang berhasil terdaftar walaupun merek tersebut menggunakan nama orang. Apakah merek tersebut memerlukan izin walaupun tidak menggunakan nama orang terkenal?

Ada kemungkinan merek-merek tersebut juga mengirimkan surat izin, yang berisi penjelasan tentang penggunaan nama tersebut. Dengan begitu, pemeriksa akan melanjutkan proses pemeriksaan sampai sertifikat merek terbit. 

Kelalaian terhadap penyediaan izin ini bahkan bisa menimbulkan masalah terhadap merek. Contohnya seperti yang terjadi pada Neymar pada tahun 2019 lalu.

Gugatan Merek Neymar

Bermula di tahun 2013, Moreira mendaftarkan merek Neymar, tidak hanya satu tapi juga di beberapa kelas. Berdasarkan data yang di catat oleh EUIPO (data pendaftaran merek Eropa), berikut ini adalah merek-merek Moreira yang menggunakan nama Neymar:

  1. Neymar kelas 25 nomor pendaftaran 011432044
  2. Neymar footwear kelas 25 nomor pendaftaran 013002894
  3. NJR Neymar Jr. kelas 25 nomor pendaftaran 013334503

Ketiga merek tersebut berhasil di lindungi pada tahun 2013. Sehingga berdasarkan asas first to file, tentu Moreira yang berhak atas merek Neymar.

Sayangnya, untuk mendapatkan hak merek tidak bisa semudah siapa yang mendaftarkannya lebih dulu. Apalagi ternyata pada saat pendaftaran, Moreira tidak mendapatkan izin dari Neymar sebagai pemilik nama terkenal.

Hal ini memicu Neymar untuk mengajukan gugatan atas pendaftaran ketiga merek tersebut. Pada tahun 2016, Neymar mengajukan gugatan atas pendaftaran merek tersebut karena menurut Neymar, Moreira tidak beritikad baik. 

Gugatan yang diajukan Neymar akhirnya berbuah manis, karena hakim memutuskan bahwa Moreira tidak berhak atas kepemilikan merek Neymar. Alhasil, ketiga pendaftaran merek Neymar berubah statusnya menjadi “Registration Cancelled”.

Atas perubahan status tersebut, Neymar berhasil menjadi satu-satunya pemilik atas merek Neymar. Jangan sampai pendaftaran merk kamu berakhir seperti Moreira, untuk mengantisipasi masalah terhadap merek, kamu bisa menggunakan fitur Cek Merek dari Mebiso.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi