KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Ini Dia Pentingnya Konsultan Merek Dalam Perlindungan Usaha

Ini Dia Pentingnya Konsultan Merek Dalam Perlindungan Usaha

MEBISO.COM – Apakah konsultan merek dibutuhkan? Jawabannya tergantung dari kebutuhan kamu sekarang. Apakah kamu sendiri membutuhkan bantuan dari konsultan? Untuk bisa menentukan apakah kamu memerlukan bantuan ahli, kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut.

Apakah kamu punya waktu untuk mendaftarkan merek sendiri?

Salah satu kelebihan dari seorang konsultan merek adalah mereka bisa menjamin merek kamu selesai dengan cepat. 

Hal ini karena mereka sudah memiliki sistem untuk pendaftaran secara terstruktur. Jadi yang perlu kamu lakukan hanya mengirimkan detail merek kamu dan juga identitas pemilik. 

Selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu konsultan mengirimkan bukti permohonan pendaftaran merek dari Ditjen KI. Contohnya seperti Jasamerek.com, Jasamerek.com bisa membantu pendaftaran merek hanya dalam satu hari saja. 

Hari ini kamu mengirimkan detail tentang merek, keesokan harinya kamu sudah bisa menerima bukti permohonan pendaftaran merek. Jadi, kamu bisa mempertimbangkan jasa konsultan merek ketika kamu tidak punya banyak waktu untuk urusan merek. 

Apakah kamu sudah memahami fitur-fitur pada sistem pendaftaran merek?

Karena semuanya sudah melalui sistem, untuk memproses pendaftarannya sendiri kamu harus sudah memahami setiap fitur yang ada pada sistem tersebut. 

Dalam satu sistem pendaftaran merek, ada sekitar 5 menu pada saat pertama kali kamu membuka akun. Masing-masing menu itu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu menu saja kamu bisa menemukan beberapa tahapan prosesnya.

Apakah kamu sudah memahami semua fitur tersebut? Kalau sudah, kamu bisa saja langsung memprosesnya sendiri. Tapi kalau tidak, pertimbangkan untuk menggunakan jasa orang lain yang lebih paham.

Hal ini agar setiap pengajuan kamu berhasil tanpa masalah nantinya. 

Apakah kamu sudah tahu arti kelas merek, klasifikasi merek, dan juga NICE?

Kelas merek, klasifikasi, bahkan juga ada yang menyebutkannya sebagai NICE. Tahukah kamu kalau dalam satu merek bisa dilindungi dengan beberapa kelas? 

Baca Juga: Kelas Merek Adalah

Karena banyaknya kelas merek itu, kamu harus benar-benar paham perbedaannya masing-masing. Jangan sampai kamu salah memilih kelasnya, lalu menyesal kemudian. 

Daripada kamu menyesal, lebih baik serahkan saja keperluan pendaftaran merek kamu kepada konsultan merek. Mereka bisa membantu kamu memilih kelas yang paling sesuai, bahkan menentukan kelas mana dulu yang perlu kamu daftarkan. 

Apakah kamu yakin merekmu aman?

Selanjutnya, berkaitan dengan hasil pemeriksaan merek kamu. Pada saat proses pemeriksaan, akan selalu ada kemungkinan kalau pemeriksa bisa menolak merek yang sedang kamu ajukan. 

Ada banyak alasan merek itu bisa ditolak, tapi yang paling banyak terjadi adalah karena adanya kemiripan dengan merek yang sudah ada. Parameter kemiripannya juga beragam.

Bisa dari tulisan, penyebutan, atau sekedar susunan huruf. Untuk ini, kamu perlu sangat berhati-hati dalam membuat nama merek. Kalau kamu mendapatkan inspirasi dari merek lain, usahakan untuk menambah sesuatu yang bisa membuat nama merekmu semakin unik. 

Tapi, kalau kamu kesulitan membuatnya, dan ternyata kamu sendiri tidak yakin dengan kekuatan merek kamu, kamu selalu bisa meminta bantuan orang lain yang lebih paham.

Mereka bisa memberikan saran-saran terbaik mereka, bahkan menyarankan untuk melakukan pengecekan lebih dulu agar kamu bisa mencari inspirasi lain yang lebih aman. 

Kalaupun kamu masih tetap menginginkan nama yang sama, setidaknya kamu sudah siap dengan risiko yang akan muncul nantinya. Konsultan merek selalu bisa menjadi solusi ketika kamu kesulitan dalam mendaftarkan merek. Bahkan sebelum menemui konsultan, kamu bisa mulai melakukan pengecekan merek dengan fitur dari Mebiso untuk bahan diskusi kamu dengan konsultan.

Halo, kami dari Tim Konsultan Mebiso. Apakah Anda perlu bantuan tentang Cek, Cari Kelas, Monitoring dan Proteksi Merek?
Masukkan Nama dan Email Anda