KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Berikut Ini Skema Pendaftaran Merek Termudah Untuk Pengusaha

Berikut Ini Skema Pendaftaran Merek Termudah Untuk Pengusaha

MEBISO.COM – Skema pendaftaran merek seperti apa yang perlu dilalui pengusaha untuk mendapatkan hak merek? Awalnya, kamu harus mengajukan pendaftaran dulu ke sistem DJKI.

Selanjutnya, proses yang kamu lalui akan berbeda-beda. Ada beberapa merek yang lolos langsung sampai terbit sertifikat, tapi banyak juga yang pendaftarannya terhambat di proses pemeriksaan. 

Alasan atau hambatan-hambatan itu juga berbeda-beda. Tapi, sebagai pemilik merek kamu bisa mengantisipasinya sendiri. Masing-masing tahapan dari skema pendaftaran merek itu punya triknya sendiri agar selalu lolos.

Tahap Pendaftaran Merek

1. Tahap pengajuan

Pada tahap pertama ini, agar bisa lolos dengan lancar, kamu harus memastikan setiap tahapannya sudah terisi dengan benar. Bahkan sampai tahap pengiriman dokumen.

Pastikan semua dokumen sudah memenuhi syarat minimal untuk permohonan merek. Karena bentuknya berupa pilihan, minimal kamu sudah mengirimkan tanda tangan. 

Dokumen lainnya perlu disesuaikan dengan jenis permohonan kamu. Seperti jenis UMKM maka perlu surat keterangan UMKM. Lalu, untuk permohonan menggunakan protokol madrid, akan perlu formulir pengajuan yang berbeda di dalamnya. 

2. Tahap pengumuman

Setelah pemeriksaan permulaan, akan ada tahap pengumuman. Tips sukses melewati tahapan ini adalah pastikan langkah pertama yang kamu lakukan adalah melakukan pengecekan lebih dulu. 

Tahap ini berkaitan dengan merek lainnya yang sudah ada. Jadi, penentu kelolosan tahap ini adalah kamu harus memastikan merekmu itu tidak mirip dengan merek lainnya yang sudah ada. 

Kamu juga harus berhati-hati, karena DJKI membuka kesempatan pengajuan sanggahan yang sangat luas, maka kemiripan sedikit saja bisa mengakibatkan pengajuan merek tidak lancar. 

3. Tahap pemeriksaan substantif

Setelah melewati masa pengumuman, pemeriksa akan melakukan pemeriksaan ulang. Dan jaminan yang membuat suatu merek lolos pada tahap ini adalah kesiapan pemilik untuk mengajukan tanggapan. 

Pastikan juga senjata argumen yang perlu kamu siapkan sudah tersusun dengan rapi seluruhnya. 

Tapi, tentu kamu juga bisa saja melewati tahapan ini dengan mudah apabila merekmu aman. Artinya, merekmu tidak melanggar ketentuan undang-undang dan juga tidak mirip dengan merek lain. 

Tips Pendaftaran Merek

Kurang lebih, untuk bisa melewati semua skema pendaftaran merek, jangan lupa untuk selalu memulainya dengan pengecekan dulu, lalu memastikan merek kamu sudah berbeda dengan merek lain, sekaligus harus menyiapkan argumen untuk melawan sanggahan yang masuk. 

Untuk bisa menyiapkan seluruh tahapan tersebut, kira-kira berapa lama waktu yang kamu perlukan? Nyatanya, kamu tidak perlu menyiapkan waktu berbulan-bulan kalau pengurusannya melalui Jasamerek.com.

Jasamerek.com adalah ahli merek yang bisa membantu kamu mengajukan hak merek dengan sangat cepat. Hanya dengan waktu yang super singkat kamu sudah bisa mendapatkan bukti pengajuan merek. 

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan pengecekan merek, yang nantinya bisa kamu gunakan juga sebagai dasar menyusun tanggapan apabila ada sanggahan yang masuk. 

Bahkan setelah berhasil terbit bukti pengajuan, masih ada tambahan layanan ekstra dari Jasamerek.com dengan monitoring merek. Selain perlindungan, kamu pun bisa menikmati layanan update perubahan statusnya secara real-time. 

Sehingga, kamu bisa bersantai sambil mempersiapkan strategi bisnis yang mumpuni, tapi dengan terus mendapatkan update perkembangan merekmu. Jadi, kapan lagi mendapatkan perlindungan dari hulu ke hilir dari Jasamerek.com?

Sekarang setiap skema pendaftaran merek kamu sudah mengantongi tips aman untuk melalui tahapannya dengan mudah. Selanjutnya, segera mulai pengamanan ekstra terhadap nama usahamu dengan mengecek merek melalui Mebiso.

Daftar Merek Ga Pake Ribet, Sehari Langsung Terlindungi