KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Strategi Digital Marketing UMKM, Agar Bisnis Lebih Modern!

Strategi Digital Marketing UMKM, Agar Bisnis Lebih Modern!

MEBISO.COM – Bukan hanya untuk perusahaan besar, tapi bisnis UMKM pun bisa memanfaatkan digital marketing! Tertarik untuk memanfaatkannya juga? Ini dia penjelasan lengkap mengenai strategi digital marketing UMKM untuk kamu terapkan dalam bisnis. 

Pengertian Strategi Digital Marketing UMKM

Sekarang ini proses menawarkan dan mempromosikan produk sudah tidak cukup hanya menggunakan iklan konvensional. Apalagi, mayoritas kegiatan manusia sudah didominasi di dunia digital atau melalui internet. 

Maka, strategi digital marketing adalah sebuah proses promosi atau menawarkan produk melalui internet atau secara digital. Artinya, kamu hanya perlu menampilkan produk pada sosial media atau laman khusus bisnis yang kamu miliki. 

Kamu, tidak perlu lagi melakukan promosi dari satu pintu ke pintu lain untuk bisa menjaring banyak pelanggan. Bahkan sejak masifnya kemunculan sosial media, para pengusaha berlomba-lomba untuk bisa menguasainya agar berhasil mendapatkan lebih banyak pelanggan. 

Apakah cara ini hanya untuk perusahaan besar? Beruntungnya, kemudahan teknologi ini tidak hanya untuk perusahaan besar saja. Karena untuk usaha-usaha baru juga bisa melakukan strateginya. 

Manfaat Menerapkan Strategi Marketing UMKM

Untuk kamu yang masih ragu memanfaatkan teknologi pemasaran baru dalam bisnis, berikut ini adalah keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika berhasil menjalankannya. 

1. Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan

Manfaat yang bisa kamu dapatkan sebagai perusahaan kecil ketika menerapkan strategi digital marketing UMKM adalah adanya peningkatan interaksi dengan pelanggan. 

Pernah membayangkan berapa banyak waktu dan biaya yang harus kamu keluarkan hanya untuk bisa mengenal pelangganmu lebih jauh? Nyatanya, kalau kamu harus mengumpulkan massa di sebuah tempat yang luas memang akan menghabiskan banyak waktu dan biaya. 

Cara itu, mungkin hanya perusahaan-perusahaan besar saja yang bisa berhasil melakukannya. Tapi, dengan menggunakan media sosial kini kamu tidak perlu khawatir mengenai besaran biaya yang harus kamu keluarkan. 

Pasalnya, hanya dengan membuat sebuah postingan baru dari rumah saja, kamu sebenarnya sedang berinteraksi dengan pelanggan. Untuk itulah, jangan lupa menyapa pelangganmu secara berkala melalui sosial media yang sudah kamu miliki.

2. Menghemat Biaya Promosi

Keuntungan berikutnya adalah kamu bisa sangat menghemat biaya promosi. Misalnya saja, ketika kamu ingin mendapatkan 100 pelanggan baru di zaman dulu, kamu perlu mencetak pamflet atau selebaran minimal sejumlah 100 lembar. 

Sekarang ini kamu sudah tidak perlu melakukan hal tersebut. Hanya dengan sekali membuat postingan saja, kamu sudah bisa menjangkau 100 atau bahkan lebih banyak orang lagi yang terhubung dengan akunmu. 

Dengan begitu, strategi digital marketing UMKM bisa sangat menghemat biaya karena kamu tidak perlu mencetak 100 lembar pamflet. 

3. Mendapatkan Lebih Banyak Pelanggan

Bahkan sudah bukan lagi sebuah rahasia kalau digital marketing bisa membantu bisnis UMKM untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Hal ini karena teknologi sekarang sudah sangat tidak terbatas. 

Kalau dulu kamu hanya bisa menjangkau pelanggan-pelanggan di lingkungan rumah melalui proses pemasaran secara konvensional, melalui strategi digital marketing UMKM kamu bisa saja mendapatkan pelanggan dari luar kota dan bahkan luar negeri! 

Inilah mengapa proses pemasaran secara digital akan sangat cocok bagi pengusaha-pengusaha baru khususnya UMKM karena bisa sangat membantu keberhasilan proses bisnis. 

Strategi Bisnis UMKM melalui Digital Marketing

Berikutnya, adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan sebagai strategi bisnis melalui proses digital marketing. 

1. Membuat dan Memaksimalkan Website

Pernah melihat alamat digital dari perusahaan-perusahaan besar melalui internet? Kamu pun bisa juga melakukan hal yang sama. Untuk bisa mendapatkan pelanggan yang lebih banyak, mulailah untuk membuat websitemu sendiri. 

Isi website milikmu dengan berbagai informasi mengenai bisnis yang kamu jalankan. Jangan lupa juga untuk memasukkan kontak agar pelanggan bisa dengan mudah menghubungimu. 

Bahkan, ketika kamu berhasil memaksimalkan manfaat dari website ini, kamu juga bisa mencetak transaksi hanya melalui internet!

2. Maksimalkan Media Sosial

Selain website, ada satu alat canggih yang bisa menunjang keberhasilan bisnis. Strategi digital marketing UMKM tidak luput dari pemanfaatan media sosial. Seperti namanya, media sosial memang awalnya hanyalah untuk berkomunikasi dengan banyak orang. 

Bahkan bisa saja dari salah satu orang tersebut adalah calon pelanggan yang nantinya membeli produkmu. Jadi, agar media sosial ini bisa menjadi jembatan dalam menimbulkan transaksi, kamu harus rajin berinteraksi dengan para pengikut. 

Buatlah konten-konten menarik sesuai dengan produk tetapi pastikan juga para pengikutmu menyukainya. Untuk itu, jangan hanya memamerkan produk saja, tapi berikan juga informasi-informasi menarik lainnya. 

3. Email

Salah satu alat komunikasi selain aplikasi dalam ponselmu adalah email atau surat elektronik. Agar bisa memanfaatkannya secara maksimal, kamu perlu menggunakannya sebagai media pemasaran.

Misalnya, dengan membuat penawaran-penawaran khusus secara personal. Bisa juga dengan cara mengirimkan promosi terbaru yang saat ini sedang kamu jalankan dalam perusahaan. Dengan begitu, strategi digital marketing UMKM ini akan sangat cocok untuk bisnismu. 

Bisnis Aman setelah Sukses Digital Marketing

Berhasil menjalankan strategi digital marketing UMKM akan mengakibatkan bisnismu semakin dikenal banyak orang. Hal ini tidak selamanya baik kalau kamu gagal melindungi usaha dari aksi bisnis tiruan. Segera amankan usahamu melalui Proteksi Merek dari Mebiso!

2 Langkah Mudah, Daftar Merek Hanya dari Rumah