Running A Business

10 Hal yang Harus Anda Ketahui dari Pencarian Terbaru di Facebook

 
  • 1
    Share

   

Anda yakin sudah menjadi pengguna Facebook yang cerdas? Sudah tahu apa yang baru di Facebook? Jika Anda sudah lama menggunakan dan sangat teliti mengamati perkembangannya, tentu bukanlah hal yang sulit menemukan apa yang baru di Facebook. Termasuk salah satunya adalah autoplay video.

Nah, kini Facebook baru saja meluncurkan fitur pencarian terbarunya yang akan menjawab 1,5 miliat pencarian setiap harinya.

Benar, setiap hari Facebook menangani 1,5 miliat pencarian terhadap hampir 2 triliun postingan yang sudah berhasil ia indeks. Mereka memang belum bisa menyaingi pencarian di Google yang bahkan mencapai 3,5 miliar. Tapi ini merupakan sebuah proses yang cukup mengesankan, dan menempatkan Facebook menjadi salah satu mesin pencari yang cukup besar di dunia internet.

Tentu saja, karena Facebook sekali lagi memiliki ekosistemnya sendiri. Sedangkan Google, Bing, Yahoo dan sejenisnya membuat banyak konten website yang sudah tersedia dan siap untuk dicari.

Peluncuran Facebook Search FYI ini bertujuan untuk mengubah itu semua. Membawa lebih banyak informasi dari apapun yang sedang terjadi dan paling dicari di seluruh dunia melalui akun sosial media.

Dan perlu Anda ketahui 10 hal ini yang menarik dari pencarian terbaru Facebook:

1. Search Suggestions dan Real Time

Dalam pengumumannya, Facebook menjanjikan bahwa saat kita mengetik, mereka akan menyoroti hal-hal yang sedang terjadi saat ini juga, sehingga kita dapat mengikuti terus cerita populer yang sedang terungkap. Memang tidak ada kabar tentang bagaimana hasil pencarian di Facebook menjadi autopopulates saat pengguna mengetikkan keyword, tapi kita bisa mengungkapkan bahwa algoritma yang digunakan hampir sama dengan Google Autosuggest.

2. Membagikan konten yang sedang menjadi trending topic

Facebook terus berupaya menampilkan postingan yang sedang menjadi trending topik. Sehingga Anda yang sedang mencari informasi seputar peristiwa terbaru atau trending topik, bisa melihat postingan di sosial media dan influencer lainnya yang Anda kenal.

3. Mengurutkan 4 jenis pencarian

Ketika Anda mencari sebuah informasi, maka hasil yang ditampilkan akan diurutkan berdasarkan 4 kategori yang berbeda yaitu Top, Latest, People atau Photo. Yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan informasi dari salah satu kategori itu.

4. Facebook memiliki 200 faktor untuk menampilkan sebuah informasi

Menurut TechCrunch, “Setelah Anda memiliki akun, Anda akan mendapatkan halaman hasil yang dipersonalisasi berdasarkan sekitar 200 faktor termasuk apa yang yang Anda sukai, apa yang telah Anda cari dan informasi seputar identitas Anda.”

5. Memudahkan pencarian via mobile

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Twitter adalah kemampuannya untuk pull down pada ponsel dan merefresh isi di badian atas feed. Dan kini Facebook pun menambahkan fungsi tersebut untuk hasil pencarian mobile mereka.

6. Anda bisa menemukan postingan umum yang terhubung dengan sebuah link

“Ketika Anda ingin membagikan link secara lebih luas di Facebook, seringkali inilah yang membuat publik menjadi lebih tertarik” Kata Facebook. Dengan pencarian Faceook yang baru, satu kali klik akan menampilkan postingan publik paling populer dan terhubung ke link tertentu. Yang memungkinkan pengguna untuk membuat percakapan pada postingan mereka.

7. Facebook menampilkan jumlah orang yang membicarakan sebuah tautan

Ketika postingan populer muncul dan berkaitan dengan sebuah link yang Anda cari, maka Anda akan melihat “orang yang berbicara” tentang postingan tersebut di Facebook.

8. Pencarian baru untuk postingan yang bersejarah

CNBC mencatat bahwa “fungsi utama pencarian Facebook akan dapat memunculkan konten yang bahkan sudah sangat lama. Sehingga Anda bisa melihat postingan ke beberapa tahun belakang. Hal ini mungkin akan menimbulkan pertanyaan tentang privasi. Tapi orang yang tidak ingin postingan lamanya muncul, mereka bisa membuatnya menjadi postingan private.” Dan kuarsa yang baik adalah 5 tahun yang lalu untuk sebuah pencarian.

9. Facebook “Search FYI” membantu Anda mengetahui update

Facebook menciptakan tag yang disebut dengan Search FYI di ruang berita mereka untuk menjaga setiap pengguna agar mudah menemukan fitur dan berita terbaru. Facebook juga merilis fitur baru yaitu bahasa, fungsi baru atau perbaikan lainnya karena mereka menguji dan update Facebook Search.

10. Pencarian terbaru Facebook tersedia di iPhone, Android dan Desktop

Fungsi pencarian terbaru di Facebook yang masih ada di Inggris ini sudah tersedia di perangkat iPhone, Android dan juga Desktop. Facebook mencatat “Perlu diingat bahwa jika Anda belum memiliki dan merasakan fitur ini, Anda mungkin muncul dalam hasil pencarian orang yang sudah memilikinya.”

Lalu, apakah Anda siap menantikan fitu ini hadir di Facebook Anda? Dengan fitur yang terus dikembangkan, Anda bisa memaksimalkannya menjadi media strategi marketing untuk bisnis Anda.

3

Bahkan jika Anda penasaran bagaimana caranya menambahkan follower untuk akun Fanspage bisnis Anda, Anda bisa mengikuti sebuah seminar yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 November mendatang. Seminar sekaligus Workshop Pahlawan Digital#4 bisa membantu Anda mendapatkan ilmu dan pengalaman baru untuk meningkatkan jumlah follower bagi bisnis Anda.

Anda bisa melihat informasi lengkapnya di halaman berikut ini. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *