Technology

Inilah 10 Orang di Balik Nama Besar Adobe Photoshop

 

   

Siapa yang tidak kenal Photoshop. Apalagi bagi desainer web. Photoshop bisa dikatakan merupakan software pengolah gambar terbaik di kelasnya. Nah, ketika pertama kali menjalankan Photoshop, anda mungkin melihat secara sekilas sejumlah nama ditampilkan di splash screen. Nama-nama inilah yang bekerja di balik layar dan berjasa untuk terus mengembangkan fitur-fitur Photoshop. Sebagai desainer yang baik, anda tidak boleh apatis. Jadi sebagai intermesso saja, mari kita luangkan waktu untuk mengenal mereka.

1. Thomas Knoll

Photoshop bermula dari seorang yang bernama Thomas Knoll. Dia mempunyai hobi membuat kode untuk menampilkan gambar hitam putih. Dengan kegemarannya tersebut, Thomas menciptakan lebih banyak kode untuk editing gambar hingga pada akhirnya menjadi fitur utama dari  Photoshop yang melegenda. Selain pandai membuat program, Thomas Knoll juga dikenal dengan sifat rendah hatinya. Ketika dia dilantik oleh NAPP (National Association of Photoshop Professionals), dia merespon dengan mengatakan “Mengapa Anda ingin melantik saya? Saya tidak melakukan sesuatu yang spesial. Membuat Photoshop adalah sesuatu yang saya lakukan untuk bersenang senang.” Thomas masih tetap aktif dalam tim Photoshop sampai sekarang. Dia memimpin tim hingga versi CS4.

thomas-knoll

2. John Knoll

Walaupun namanya tidak muncul pada splash screen beberapa versi Photoshop, kecuali pada versi 1.0.7 dan 2.0.1, John Knoll juga termasuk dari salah satu pendiri Photoshop. Bahkan dia adalah orang yang membujuk Thomas Knoll untuk menjadikan program pribadinya menjadi sebuah  software komersil  pengolah gambar.

john-knoll

Pada saat itu, John Knoll terkejut melihat betapa miripnya program Thomas dengan perangkat lunak pengolah gambar lain yang diberi harga $300 per jam hanya untuk basic editing sebuah foto. Dia melihat masa depan software pengolah gambar yang terjangkau, dan akhirnya mulai mendorong  Thomas untuk mengembangkan lebih banyak fitur Photoshop. Ketika bekerja dengan Industrial Light and Magic (sebuah perusahaan yang mengembangkan efek visual untuk perusahaan film George Lucas), John juga menciptakan beberapa program image-processing, yang kemudian berkembang menjadi filter Lens Flare pada Photoshop.

3. Russell Preston Brown

Sama dengan Knoll bersaudara, Russell adalah salah satu pelopor yang mendirikan Photoshop. Pada Photoshop 1.0.7 hanya ada 4 nama yang tercatat pada splash screen saat itu yaitu Thomas Knoll, John Knoll, Steve Guttman, Russell Brown.

russell-preston-brown

Sebagai Adobe Senior Creative Director, Russell Brown adalah pengguna setia Photoshop. Dia tanpa henti memamerkan potensi Photoshop dalam acara-acara besar seperti The Mac Summit, dia juga membuat  tips dan tutorial photoshop sendiri di http://www.russellbrown.com. Jika Anda pernah melihat karyanya, Anda akan mengetahui betapa besar passion dia terhadap dunia desain dan Photoshop.

4. Seetharaman Narayanan

Meskipun dia bisa saja pensiun dan menikmati sisa hidupnya, Seetharaman Narayanan memilih untuk melanjutkan pekerjaannya di Adobe. Namanya muncul pada splash screen setelah Thomas Knoll, jadi mungkin saja Anda sering membaca namanya ketika menjalankan Photoshop, terutama jika Photoshop Anda membuka agak lambat. Hehe.

seetharanan-narayanan

Seetharaman Narayanan bertugas untuk membuat Photoshop bisa berjalan di berbagai versi Windows. Sekarang dia memimpin tim Adobe Photoshop Engineer, yang juga membuat versi Windows dari Adobe Lightroom.

5. Russell Williams

Russell Williams bergabung dengan tim tepat setelah Photoshop merilis versi ke 4.0. Ketika itu dia terkejut dengan fakta betapa kecil tim dibalik software Photoshop yang sangat besar. Tapi kemudian dia menyadari bahwa mereka adalah orang-orang yang terpilih.

russell-williams

Pada hari-hari biasa dia sering duduk bersama para ilmuwan software lainnya seperti Seetharaman Narayanan dan melakukan hal yang terpenting bagi pengembangan Photoshop. Yaitu mau dibawa kemana Photoshop berikutnya. Pandangan ke depan Russel terhadap Photoshop adalah menjadikannya sebagai alat untuk Image Forensics, dimana ciri-ciri penjahat dapat dikenali dengan mudah melalui pengolahan gambar melalui Photoshop.

6. Jeff Chien

Jika Anda pernah menggunakan Healing Brush Tool untuk menghapus keriput dan noda di foto, Anda perlu berterima kasih kepada Jeff Chen. Dia adalah ilmuwan utama dalam Adobe yang membantu mewujudkan fitur Healing Brush Tool.

jeff-chien

Jeff dibesarkan di suatu negara yang bahkan tidak mengenal apa itu gameboy dan permainan mewah lainnya. Meskipun dengan keterbatasannya, ia menghabiskan waktunya untuk belajar dan mengembangkan dasar matematika yang kuat, yang pada akhirnya menjadikan Jeff karyawan Apple dan Adobe. Visi Jeff Chien adalah memotivasi para ilmuwan muda di negara-negara berkembang.

7. Maria Yap

Maria Yap memang terlatih sebagai seorang professional. Dia mulai belajar fotografi dan desain sebelum Photoshop ada. Sehingga Maria sangat menghargai banyaknya pekerjaan yang dapat diselesaikannya dengan cepat melalui bantuan Photoshop. Setelah beberapa tahun berprofesi sebagai pekerja lepas, akhirnya Maria bergabung dengan tim Adobe. Kini dia memimpin tim manajemen produk yang bertugas untuk mengembangkan inovasi inovasi program untuk desain, seperti Adobe Revel.

maria-yap

8. Sarah Kong

Mungkin Anda pernah mendengar nama ImageReady. Misalnya setelah membuat desain di Photoshop, maka kita akan mengoptimasinya dengan ImageReady. Nah, Sarah Kong adalah Engineering Manager yang bekerja untuk membuat plugin seperti Picture Package dan Web Photo Gallery.

sarah-kong

9. Bryan O’Neil Hughes

Bryan O’Neil Hughes bergabung dengan tim Photoshop pada tahun 1990 sebagai Engineer yang handal. Bryan berkontribusi pada Photoshop dengan mengambahkan fitur Liquify. Bryan juga berkontribusi dalam mengembangkan generasi Photoshop CS5 hingga jadilah sebuah program pengolah gambar yang paling diminati di dunia.

bryan-oneil-hughes

10. John Nack

John Nack a.k.a Tiny Elvis, adalah komposer sejati Photoshop. John berperan sebagai Adobe Photoshop Senior Product Manager. Dia mengawasi perkembangan fitur-fitur khusus seperti Adobe Bridge, Adobe Camera Raw, Vanishing Point, dan Smart Object. Dia dilantik oleh National Association of Photoshop Professional pada tahun 2008 (salah satu penghargaan tertinggi yang dapat diraih di bidangnya). Meskipun demikian, dia tetap rendah hati karena tampaknya kerendahan hati adalah budaya kerja anggota tim Photoshop.

john-nack

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

2 komentar

  • 30 August 2013 - pukul 10:06

    Wouuuuwwww….rusell hebat…

    • Syahrul Munir
      23 December 2013 - pukul 19:15

      mantap gan… keliatan dari portfolionnya…

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *