Leadership

10 Tips Mengubah Demotivasi menjadi Motivasi Menuju Kesuksesan

 
  • 24
    Shares

   

Salah satu mentor saya, Dimas Aryo (Dosen Psikologi Unair) pernah berkata, “Demotivasi muncul apabila seseorang merasa stress karena tidak ingin dan tidak mampu melakukan sesuatu”.

Demotivasi adalah sebuah perasaan lelah, menyerah, ingin berhenti yang menetralkan motivasi, semangat, gairah dan passion Anda yang saat ini sedang sangat dibutuhkan oleh bisnis Anda untuk berkembang. Dia bisa muncul kapan saja. Maka jika saat ini anda sedang terjebak di dalamnya, yakinlah bahwa Anda bisa mengubah energi negatifnya menjadi positif untuk mengantarkan anda menuju kesuksesan. Berikut beberapa mentalitas yang akan membantu anda menghindari dan mengubah demotivasi menjadi sebuah motivasi. Good luck ;-)

1. Positive Thinking

Bagi Anda yang menyadari bahwa Anda saat ini tengah berada di masa demotivasi, maka segeralah berpikiran positif agar demotivasi tidak membuat Anda berhenti. Pikiran positif mampu membuat Anda tetap tenang dan berfikir jernih dalam mengambil keputusan.

2. Berharaplah Sewajarnya

Di awal, hindari harapan yang terlalu muluk. karena harapan yang tinggi tanpa adanya realita hanya akan membuat Anda kembali terpuruk untuk kesekian kalinya. Anda akan sangat mudah untuk dipengaruhi hal negatif jika Anda sudah dalam kondisi demotivasi akut.

3. Keyakinan dan Keinginan dari Dalam Diri

Anda perlu membangkitkan kepercayaan, semangat baru dan perubahan dari dalam diri Anda. Besarkan jiwa anda dan berikan keyakinan bahwa Anda mampu mengubah energi negatif dalam diri Anda menjadi suatu energi positif yang mampu memberikan suatu efek perubahan besar. Kuncinya ada di dalam diri Anda. Sia-sia saja apabila Anda mengandalkan buku-buku motivasi tetapi anda sendiri tidak memiliki keinginan yang kuat untuk berubah.

4. Menceritakan Keluh Kesah

Tidak semua masalah dapat diceritakan pada setiap orang. Bahkan pada orang yang paling Anda percaya. Namun secara psikologis, bercerita mampu mengurangi depresi hingga 20% meskipun orang yang Anda ajak bercerita tidak memberikan timbal balik apapun.

5. Merubah Mindset

Apabila Anda sudah tenggelam jauh dalam perasaan Demotivasi dan tidak dapat keluar, saya sangat menyarankan Anda untuk merubah pikiran Anda. Pikirkan bahwa Anda bisa merubah kekurangan Anda menjadi suatu kelebihan yang tidak pernah Anda bayangkan.

6. Memahami Diri Sendiri

Ini adalah poin terpenting dan nyatanya paling susah. Mungkin tidak perlu waktu yang lama untuk memahami siapa anda. Namun untuk membuatnya meresap dan diingat, itulah yang paling susah. Mintalah saran kepada orang yang Anda percaya.

7.  Bebaskan Diri Anda

Jika Anda memiliki masalah, sekecil apapun, maka segera carilah jalan keluar. Bukan hanya sekedar membuang waktu untuk memikirkannya saja. Bebaskanlah diri dari masalah secepat mungkin. Semakin Anda jauh dari mereka maka Anda akan terhindar dari demotivasi.

8. Menonton Film Inspiratif

Film motivasi dapat meninggalkan impact yang besar bagi penontonnya. Apalagi jika mereka merasa related. Saya rekomendasikan “The Billionaire” bagi anda. Di film ini, Anda akan melihat perjuangan seorang Ittipat dalam meraih kesuksesan, mulai dari pemuda kaya-kemudian dililit hutang-hingga menjadi pengusaha kaya lagi.

9. Kalahkan Rasa Takut

Rasa takut memang wajar. Dia ada di dalam diri manusia. Namun jika ketakutan Anda berlebihan, maka hentikanlah. Sedikit quote dari Will Smith dalam Film After: “Fear is not real. The only place that fear can exist is in our thoughts of the future. It is a product of our imagination, causing us to fear things that do not at present and may not ever exist. That is near insanity. Do not misunderstand me danger is very real but fear is a choice”. Rasa takut itu tidak nyata, dia hanyalah product dari imajinasi manusia yang menyebabkan ketakutan atas hal-hal yang mungkin tidak terjadi. Rasa takut adalah sebuah pilihan. Anda memiliki pilihan untuk tidak takut padanya.

10. Ambil Waktu Libur

Jika Anda sudah bekerja selama 3 bulan berturut-turut tanpa mengambil hari libur kecuali hari Minggu, maka ambil waktu libur singkat 2-3 hari sebelum hari minggu. Karena liburan akan meningkatkan kualitas tidur serta ketenangan baru dalam diri Anda.

Semoga Anda selalu terhindar dari demotivasi.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 24
    Shares

Artikel Terkait

0 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *