Leadership

11 Tips untuk Kamu yang Ingin Fokus Bekerja Hari Ini

 
  • 1
    Share

   

“Senin? Iya hari ini sudah senin lagi lo”. Gimana sudah semangat kan setelah berlibur di weekend kemarin? Atau justru enggan bertemu dengan hari Senin? Hehe… Itu sudah masalah biasa setiap pekerja bahkan pelajar sekolah pun seperti takut dan enggan berjumpa dengan awal minggu atau hari Senin. Bagi mereka hari Senin adalah hari yang penuh dengan tugas yang menumpuk dan pasti akan membuat kita lelah. Dan itu membuat kita sulit untuk konsentrasi atau fokus menyelesaikan pekerjaan di hari Senin ini. Tapi, mau bagaimana lagi? Kita harus tetap fokus dan konsisten bekerja dengan penuh semangat. Kita bekerja bukan hanya untuk orang lain, perusahaan, pelanggan atau rekan kerja kita, tapi juga untuk diri sendiri. Nah, itu sebabnya hari Senin harus menjadi hari yang produktif dan kita harus tetap fokus dalam bekerja. Dan ini dia tips untuk kamu yang merasa sulit fokus di awal hari kamu:

1. Hari Senin akan menjadi hari yang padat, beri asupan bergizi untuk mengawali hari kamu

Sarapan itu wajib! Bagaimanapun sibuknya kamu, beri asupan bergizi untuk tubuh itu harus. Sekalipun kamu kepepet waktu dan tugas yang harus segera diselesaikan, jangan sampai tidak meneguk setidaknya satu gelas air mineral atau selembar roti untuk mengawali hari kamu. Minum vitamin dengan rutin dan jika memang kamu ingin terus menjaga stamina gunakan waktu singkat di pagi hari dengan berolahraga kecil. Jogging atau melakukan pemanasan di halaman rumah akan membuat kamu menjadi lebih semangat melalui 1 hari kedepan.

2. Kamu harus mau dan konsisten menonaktifkan ponsel dan segala gadget yang akan mengganggu produktivitasmu

Gangguan untuk fokus bekerja memang bisa datang dari mana saja. Kalau kita tidak pintar – pintar melawan keinginan diri sendiri untuk menanggapi gangguan itu, tentu saja kita akan kesulitas fokus dan pekerjaan menjadi tidak kunjung selesai. Salah satu yang paling sering mengganggu adalah ponsel kita. Sering kita lupa dan tidak konsisten untuk menonaktifkan ponsel atau smartphone kita. Padahal itu sangat penting. Jangan takut untuk tidak update teknologi atau berita. Kamu akan jauh lebih kesulitas ketika kamu memiliki banyak tugas menumpuk karena sering melakukan penundaan.

3. Posisikan tempat duduk dan mejamu dengan nyaman, buat suasana kerjamu senyaman mungkin agar terhindar dari gangguan

Tempat duduk atau posisi meja kerja juga sangat berpengaruh terhadap fokus kerja kita kedepannya. Kita akan duduk lebih dari 5 jam sehari atau bahkan tidak berpindah dari tempat duduk dan meja kerja itu. Itu sebabnya atur ketinggian dan sandaran dari meja kerja atau kursi kerja kita. Duduk lama juga bisa membuat kita merasa lebih lelah dan kita harus tahu cara bagaimana untuk mengatur dan mengkondisikan posisi duduk dan kerja kita selama kurang lebih 8 jam sehari.

Baca juga: [Ketahui Bagaimana Posisi Duduk yang Benar saat Menggunakan Komputer]

4. Buatlah daftar apa saja yang harus kamu selesaikan dan harus kamu tuntaskan hari ini

Ada sebagian besar orang yang sulit untuk fokus bekerja karena mereka bingung dan tidak tahu apa lagi yang akan dilakukannya hari itu. Dan membuat sebuah daftar harian atau to do list adalah solusinya. Jangan ragu untuk membuat dan menuliskan apa saja yang harus selesai dalam 1 hari kedepan. Tempelkan atau atur alarm di laptop atau komputer kita untuk mengingatkan kita akan tugas – tugas tersebut.

5. Kalau kamu lebih suka bekerja dengan mendengarkan musik, gunakan earphone atau headset saja supaya tidak mengganggu teman sebelahmu

 

Beberapa orang akan lebih mudah fokus ketika mereka mendengarkan suara tertentu atau musik yang mereka sukai. Musik seperti jazz juga akan membuat seseorang lebih tenang dan mudah untuk mencapai fokus mengerjakan sesuatu. Tapi ingat, tidak semua orang suka dengan suara – suara yang kita ciptakan. Gunakan saja earphone atau headset ketika ingin mendengarkan musik. Ini tidak akan membuat teman sebelah atau rekan kerja 1 ruangan kita terganggu.

6. Rapikan meja kerjamu dulu deh, jangan sampai kamu terganggu hanya karena kamu malas merapikan meja kerjamu sendiri

Rapi menjadi ciri khas seseorang yang mudah atau sulit fokus bekerja. Rapikan meja kerjamu sebelum mulai menyentuh tugas ataupun tanggungan yang harus segera diselesaikan. Jangan menunggu cleaning service untuk membantu kita merapikan merja kerja. Meja kerja kita adalah tanggungjawab kita sendiri. Atur mana barang yang memang kita butuhkan dan harus ada di atas meja kerja, seperti sticky notes, buku catatan, alat tulis, handphone dan juga gelas minum. Dan letakkan barang yang tidak terlalu diperlukan di dalam laci meja atau lemari di ruang kerja kamu.

7. Gunakan gadget atau peralatan elektronik yang benar – benar kamu butuhkan dan harus kamu gunakan

Tidak semua gadget atau ala elektronik di meja kerja dan ruang kerjamu benar – benar kamu butuhkan. Seperti halnya televisi yang bisa menjadi hiburan di jam istirahat. Kamu juga bisa mengatur penggunaan gadget yang kamu bawa, seperti handphone, tablet ataupun gadget yang lainnya. Hindari gangguan seperti ingin selalu mengecek sosial media dari gadget kita atau bermain games dari gadget di saat jam kerja.

8. Jadilah “Time Keeper” untuk diri sendiri. Pastikan kamu tahu apa yang sudah kamu lakukan selama 1 jam yang lalu

Ketika kamu sudah membuat sebuah to do list untuk 1 hari ini, kamu akan mudah untuk mengatur dan menjadi time keeper untuk diri kamu sendiri. Gunakan saja alarm untuk membantu kamu mendisiplinkan waktu kerja kamu. Bekerja cepat memang tidak selalu baik, karena tidak semua yang kita kerjakan cepat akan memiliki hasil yang kita harapkan. Tapi konsisten dan disiplin pada waktu akan membuat kita lebih mudah menyelesaika seluruh tugas kita selama 1 hari kedepan.

9. Untuk lebih memotivasi, berikan reward untuk diri kamu sendiri

Setelah kamu berhasil menyelesaikan 1 tugas yang kamu rasa sulit, maka jangan lupa untuk memberi selamat atau memberi penghargaan kepada diri kamu sendiri. Ini akan membuat kamu lebih termotivasi dan semangat mengerjakan tugas berikutnya. Reward yang kamu ciptakan sendiri akan membuat kamu fokus bekerja dan selalu ingin bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan bahkan mendapatkan hasil yang kamu targetkan.

10. Kalau kamu yakin dengan apa yang kamu impikan, pajang mimpi atau goals yang ingin kamu capai di depan meja kerja kamu

Semangat dan fokus dalam bekerja bisa kamu ciptakan dengan banyak cara. Seperti ketika kamu mempunyai sebuah goals atau mimpi tentang pekerjaan kamu, pajang saja mimpi itu di depan meja kerja kamu atau kamu tempelkan sticky notes di samping layar laptop atau komputer kamu. Tuliskan apa yang ingin kamu capai dan hasilkan hari ini. Ini seperti yang dikatakan para pemeran film 5 cm beberapa tahun lalu. Tulis saja mimpi dan harapan tentang pekerjaan kamu, 5 cm di depan mata kamu. Agar lebih mudah dilihat dan lebih mudah menjadi motivasi untuk diri kamu saat ini.

11. Gunakan waktu istirahat dengan maksimal

Fokus bekerja memang harus, tapi tidak berarti kamu tidak boleh beristirahat hanya karena harus segera menyelesaikan pekerjaan. Dan inilah yang membuat kita harus tetap fokus bekerja, agar waktu yang kita miliki bisa dibagi dengan baik. Membagi waktu antara kebutuhan dan keharusan memang tidak mudah, terlebih ketika kita harus mengejar target yang sudah ditentukan dengan perusahaan. Tapi betapa kerasnya kita berusaha, tidak akan berhasil ketika fisik kita merasa lelah dan sampai jatuh sakit. Gunakan waktu istirahat yang diberikan dengan sangat baik. Maksimalkan waktu untuk makan siang, beribadah dan juga mengobrol dengan teman kerja. 1 jam waktu yang sudah sangat cukup untuk mengembalikan kekuatan kita dalam melanjutkan pekerjaan.

Baca juga:

15 Teknik Mencegah Penundaan Agar Lebih Produktif

7 Cara Menjadi Lebih Produktif dalam Waktu 10 Menit

Ingin Jadi Produktif? Ini 10 Tips Melatihnya


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *