Running A Business

13 Poin Plus yang Penting untuk Toko Online Kamu

 
  • 2
    Shares

   

Sebagai pemilik toko online, tentu kamu ingin menjadikan toko online kamu berbeda dengan yang lain. Kamu dituntut memberikan sesuatu yang lebih pada pelanggan. Memberikan kepuasan pelanggan merupakan tujuan terakhir dari pemilik toko online. Untuk itu berilah yang terbaik untuk pelangganmu. Berikan poin plus deh untuk toko online kamu yang sudah memiliki beberapa hal dibawah ini.

1. Memiliki varian produk yang lengkap

Untuk toko online yang baru buka dan memulai bisnis tentu susah melengkapi koleksi produk yang dijual. Akan tetapi jika mau bersabar dan tekun, sedikit demi sedikit koleksi barang di toko online akan bertambah dan semakin lengkap bukan. Contohnya saja warunghj.com melengkapi toko online nya dari barang rumah tangga sampai produk elektronik, belikulit.com menjual berbagai barang berbahan kulit lengkap dari jaket sampai topi.

2. Memiliki kualitas produk terbaik

Hal mutlak yang perlu dimiliki jika ingin toko online kamu terus berjalan. Yaps, jaga kualitas produk dengan baik. Bayangkan saja jika kamu membeli barang dan ternyata kualitas barangnya tidak sesuai dengan yang kamu duga, tentu kamu tidak akan berbelanja di tempat itu lagi. Dan kamu pasti akan menceritakan kekecewaan kamu kepada rekan atau sosial media. Hal ini akan membuat toko online tersebut menjadi tidak baik di mata pelanggan lain. Oleh sebab itu, jaga kualitas produkmu agar pelanggan merasa puas dan akhirnya melakukan repeat order atupun merekomendasikan pada orang lain.

3. Memberikan pelayanan yang cepat pada pelanggan

Pembeli menginginkan respon yang cepat ketika membeli barang online. Biasanya pembeli merasa dihargai dan dianggap ketika direspon dengan cepat. Oleh sebab itu, berikanlah yang terbaik untuk pelangganmu. Walaupun ada beberapa toko online yang mungkin membalas lama karena sambil kuliah misalnya. Disini sikap toleransi dan sabar kita diuji.

4. Memberikan layanan konsultasi

Memberikan layanan konsultasi produk adalah salah satu cara yang ditempuh oleh headphoneku.com, kkdd.us dan ahlirambut.com agar  semakin dekat dengan pelanggan. Dengan begitu akan memberikan pendekatan personal dan semakin merasa dekat dengan pelanggan. Banyak manfaatnya disini, salah satunya pemilik toko online akan mendapatkan review gratis dari pelanggan, sehingga akan memberikan banyak masukan bagi sipemilik toko sendiri.

5. Memasang foto barang asli di website

Pernah mengalami pelanggan yang kecewa karena barang yang kamu kirimkan tidak sesuai dengan gambar di website? Mungkin kamu harus segera beralih menggunakan foto asli yang dipajang di website. ridefreakleather.com adalah salah satu toko online yang menggunakan foto asli produk, pemilik sampai rela melakukan pemotretan khusus untuk barang yang dia jual. Hal ini kenapa? Yaps, untuk menghindari pelanggan yang kecewa tentunya.

6. Jaminan garansi

Jarang-jarang loh ada toko online yang memberikan garansi. Garansi disini adalah untuk produk cacat saat pengiriman dan ada pula toko online yang memang memberikan garansi untuk waktu tertentu. Ada beberapa toko online yang menerapkan hal ini di antaranya adalah sophahola.com, kaosbiker.com, jatijepara.com, kraukk.com, aurabatik.com dan raxu-shoes.com.

7. Berani dikirim dimuka dan dibayar setelah barang sampai

Poin ini sangat menarik, susah sekali menemukan toko online yang seperti ini. Hal berani ini dilakukan oleh pemilik bajusenamgrosir.com. Tak hanya itu, beliau juga menawarkan boleh tukar barang jika memang kekecilan. Semua beliau lakukan agar pelanggan ttidak merasa ragu untuk berbelanja secara online.

8. Adanya after sales yang baik

Pembeli tidak hanya menginginkan pelayanan yang baik saat mau membeli lho. Pelayanan yang ditawarkan setelah pembelian tentu sangat membantu pembeli.  Misalnya saja Sportmusicshop.com dan deux-id.com yang melakukan hal ini.

9. Mengadakan gathering dengan partner kamu

Berkumpul dengan partner kamu untuk sekedar makan bersama atau sampai mengadakan gathering akan mempererat hubungan dengan partner kamu. Hal ini tentu akan membantu demi berkembangnya bisnis kamu ke depan. goedangoleholeh.com adalah salah satu toko online yang melakukan gathering di tiap tahunnya dengan supplier-supplier UKM lain.

10. Go International

Berhasil mengembangkan bisnis hingga ke negara lain adalah tujuan setiap pemilik bisnis online. Kamu akan sangat bangga dan senang jika sampai barang kamu di ekspor ke luar negeri. rickhanesguitars.com adalah salah satu yang berhasil berkembang hingga pembelinya banyak yang berasal dari luar negeri. Lakukan inovasi-inovasi dan riset kecil-kecilan yang bisa mengembangkan bisnis kamu.

11. Ada jaminan uang kembali

Pembeli mungkin memang ada yang belum terbiasa dengan pembelian secara online. Hal ini dijadikan peluang oleh dewihijab.com, pemilik menggunakan sistem ada jaminan uang kembali demi memberikan rasa aman kepada pembeli.

12. Online 24 jam

Mencurahkan segenap waktu dan tenaga untuk mengembangkan bisnis toko online kamu tidak ada salahnya. Apalagi mencurahkan waktu dengan standby 24 jam demi pelanggan. Contohnya saja suplemenfitnessmurah.com dan batikbumi.com yang siap melayani pelanggannya 24 jam.

13. Sistem payment yang lengkap

Di jaman secanggih ini, tentu setiap orang menginginkan hal yang instan dan tidak ribet. Setiap pembeli tentu menginginkan suatu kemudahan. Sehingga carilah penyedia toko online yang menyediakan kelengkapan fitur-fitur tersebut untuk kamu yang ingin berkecimpung di dunia bisnis online. Misalnya, interflorasia.com memilih penyedia toko online yang menyediakan kelengkapan sistem payment, dikarenakan pembelinya tidak hanya berasal dari dalam negeri tetapi dari luar negeri juga. Sehingga sistem payment yang lengkap tentu akan sangat memudahkan pembeli dan pemilik toko online.

Kabar baiknya, di JagoanStore, juga menyiapkan tools promosi siap pakai yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan Anda berupa WEBSITE GRATIS bagi yang mendaftar menjadi reseller toko online profesional jagoanstore di bulan Maret 2016. Silahkan klik ini >> http://bit.ly/daftarresellerjagoanstore

Berani memulai dari hal – hal yang kecil dan konsisten menjalaninya dengan sabar akan menjadi modal untuk menjadi enterpreneur besar.

Jangan menyerah untuk berusaha dan jangan menunda pekerjaan. Dunia usaha sangat beragam, untuk menjadi sukses ada berbagai macam bidang dan cara. Tinggal ditekuni dan dijalani dengan semangat yang konstan dan kesuksesan akan tercapai. :)

 


  • 2
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *