Technology

30 Rules Sosial Media untuk Bisnis

 

   

Mejalankan bisnis baik online maupun offline tentu akan menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi dan promosi mereka. Banyak maam sosial media yang bisa kita gunakan untuk sarana komunikasi dan promosi bisnis. Mulai dari Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn dan lain sebagainya. Banyaknya model dan macam sosial media berpengaruh pada kelancaran kita untuk berpromosi. Ketika kita tahu dan mengenal sosial media apa yang kita gunakan dan bagaimana kebiasaan mereka saat menggunakan sosial media, tentu kita akan jauh lebih mudah untuk melakukan promosi bisnis ini. Dan berikut ini adalah 30 rules yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan bisnis melalui sosial media.

1. Jika semua yang kita lakukan di sosial media hanya menanggapi keluhan audiens, maka mereka semua akan benar – benar melakukannya. Mereka akan merasa bebas berkomentar tanpa memberikan kita solusi dan pengetahuan apa yang sebenarnya mereka harapkan dari kita.

Menanggapi complaint audiens di sosial media

2. Mencari tahu apa yang sebenarnya ingin dibicarakan oleh audiens kita.

3. Ingatlah yang satu ini, bahwa tidak banyak orang yang mau mendengarkan kita berbicara tentang pasar ataupun bisnis kita.

4. Konsumen mencari kita untuk kepentingan mereka bukan kepentingan kita.

5. Jangan hanya mencoba menjadi pintar, tapi pandai – pandailah ketika menggunakan sosial media

6. Sosial media beraktivitas lebih dari 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Menghasilkan sesuatu di sosial media bukan hanya bisa dilakukan 1 waktu aksi saja.

sosial media aktif selama 24 jam 7 hari

7. Menulis lagi, lagi dan lagi!

8. Punya ROI

9. Memecahkan masalah bagi orang – orang yang membicarakan kita, membahas tentang bisnis kita bahkan mereka yang tidak langsung datang dan bertanya kepada kita.

10. Usaha yang kita lakukan untuk mempromosika bisnis lewat sosial media tidak akan bisa bekerja semanya. Tapi tenang saja karena itu masih baik – baik saja.

11. Merangkul semua konten, komentar maupun tanggapan negatif tentang merek kita.

Merangkul konten untuk mengembangkan brand

Merangkul konten untuk mengembangkan brand

12. Semua orang si sosial media adalah influencer.

13. Bahkan jika penggemar atau follower kita mendistribusikan konten tanpa seizin kita, maka tawarkan untuk membantu mereka.

14. Jangan ragu untuk mendorong audiens langsung ke situs kita, bukan lagi ke Facebook kita.

15. Jangan mendikte orang untuk melakukan banyak hal untuk kita. Mereka punya kehidupan bersosial media sendiri.

16. Jika tahun lalu kita berusaha menciptakan konten sebanyak mungkin, dan di tahun ini saatnya kita untuk mengoptimalkan konten tersebut.

17. Sosial media mencampurkan semua unsur media tradisional dan media modern secara bersama – sama.

18. Menggunakan desktop tentu akan terbatas wilayah ataupun media. Jadi perangkat mobile menjadi pilihan yang pas untuk mengoptimasi sosial media kita.

perangkat mobile

19. Jika kita tidak memantau berapa keuntungan kita, maka bisa jadi kita yang membuang – buang waktu dan uang kita.

20. Di sosial media sekalipun bebas untuk siapa saja, tapi untuk privacy tetap harus dijaga.

21. Salah satu cara agar bisnis kita menjadi lebih referral adalah dengan menggunakan iklan berbayar, seperti Facebook Ads.

Facebook Ads

22. Jangan hanya mengandalkan sosial media saja, karena itu hanya media online. Pastikan kita punya rencana lain untuk membackup rencana yang tidak berjalan dengan baik.

23. Jangan sampai menggunakan iklan untuk menopang konten yang membosankan. Gunakan iklan untuk mempercepat kesuksesan konten.

24. Jika menggunakan sosial media, jangan berfikir untuk memberikan konten untuk individu. Tapi lebih kepada kelompok yang memiliki banyak koneksi dan anggota di dalamnya. Itu akan lebih memudahkan untuk berkomunikasi dengan mereka.

25. Ada kalanya orang tidak ingin berbelanja dimana mereka melakukan sosialisasi dengan kita. Jadi ketahui dimana mereka biasanya bersosialisasi dan atur strategi agar bisa menjangkau dan membuat mereka mau berhubungan dengan kita.

26. Adakan kontes atau kompetisi berhadiah yang membuat audiens lebih tertarik dan menjadi pengikut tetap kita.

27. Orang akan tertarik kepada kita ketika kita menyambut mereka di pagi hari. Karena hampir setiap pagi netizen akan aktif membuka sosial media mereka, baik untuk mencari informasi sampai melakukan transaksi belanja online.

28. Cobalah untuk menggunakan PINTEREST! Ini efektif untuk membagikan gambar atau konten yang unik dan berbeda dari biasanya.

Menggunakan Pinterest

29. Kita harus tahu, bahwa penggemar ataupun follower kita adalah pemilik merek kita.

30. Jika kita merasa bosan dengan sosial media, bisa jadi karena kita terlalu mencoba untuk mendapatkan nilai lebih dari yang kita lakukan.

Begitulah setidaknya 30 rules bersosial media untuk bisnis. Apakah Anda punya pemikiran lain mengenai sosial media untuk bisnis? Jika iya, silakan share di kolom komentar di bawah ini :)

Baca juga:

5 Tips Lebih Ramah Saat Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis

6 Tips Memicu Peningkatan Konten dengan Sosial Media

10 Tanda Kesalahan Anda Menggunakan Sosial Media untuk Bisnis


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *