Technology

4 Kiat Membuat Konten yang Ramah untuk Mobile

 

   

Pengguna internet melalui media mobile saat ini sudah sangat banyak. Ini bukan tanpa alasan, karena perkembangan teknologi mempengaruhi kemudahan dari setiap penggunanya untuk mendapatkan informasi lebih banyak dan jauh lebih mudah dari sebelumnya. Semakin banyak pengguna mobile yang menginginkan kemudahan dalam mengakses suatu website atau melihat sebuah konten, memaksa para pemilik bisnis untuk juga fokus mengembangkan bisnisnya melalui media mobile yang digunakannya. Ada banyak cara yang dapat dilakukan ketika Anda ingin fokus membuat atau mengembangkan konten website Anda yang ramah ketika diakses user di mobile. Apa saja itu? Ini dia jawabannya:

1. Design yang responsive

Salah satu yang perlu menjadi perhatian saat membuat sebuah konten yang ramah dan pas untuk mobile adalah design yang responsive. Kita tahu bahwa tampilan yang nantinya akan dilihat oleh user di mobile akan jelas berbeda dengan tampilan konten di PC atau tablet. Ukuran yang lebih kecil, memaksa para developer untuk bisa membuat sebuah design yang responsive untuk konten website. Sehingga nantinya baik ditampilkan di PC, laptop, tablet ataupun mobile akan mampu tampil dengan baik dan jelas.

2. Penggunaan text yang tepat

Selain desain yang menarik, penggunaan text pada konten mobile sangatlah penting diperhatikan. Lagi – lagi ukuran layar yang lebih kecil dari ukuran normal, membuat font yang digunakan harus terlihat jelas dan tentu saja mudah dibaca. Sebaiknya gunakan font yang simple namun tetap elegant. Jika tidak perlu, jangan menggunakan jenis font yang terlalu heboh atau ceria, sehingga nantinya akan memakan space banyak dan mengurangi fungsi dari lainnya.

3. Navigasi yang mudah

Jika Anda memiliki sebuah toko online yang juga dapat diakses melalui mobile, cobalah untuk memastikan navigasi yang digunakan sudah dirasa mudah dan jelas jika digunakan oleh pelanggan Anda. Pastikan navigasi yang digunakan juga mudah dipahami oleh pelanggan Anda yang terbilang masih awam. Selain memudahkan dalam melakukan proses transaksi, navigasi juga akan memudahkan Anda dalam memanage konten – konten di dalam website Anda melalui media mobile.

4. Mempermudah pengguna menyimpan konten

Ketika Anda memiliki sebuah konten yang dirancang untuk di share kepada user atau pelanggan Anda, usahakan untuk memiliki pilihan penyimpanan atau fitur menyimpan konten yang mudah dicari dan digunakan. Jadi meskipun media layar yang menampilkan konten Anda kecil dan tidak menggunakan cara yang biasa digunakan ketika menyimpan konten melalui PC, namun pengguna atau user Anda harus juga mendapatkan kenyamanan itu.

Baca juga:

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *