Technology

44 Aplikasi Smartphone yang Dapat Membantu Menunjang Produktivitas

 

Smartphone memang memberikan banyak kemudahan bagi penggunannya. Hal ini banyak dirasakan oleh para karyawan atau eksekutif yang sibuk dengan berbagai aktifitas di luar kantor. Dengan berbagai aplikasi penunjang, setiap pengguna dapat menjalankan aktivitas mereka dari manapun dan kapanpun, tanpa harus datang dan bingung harus bekerja dimana. Berkat kemudahan inilah, smartphone menjadi suatu kebutuhan khusus yang harus dimiliki oleh seorang karyawan, ataupun pemilik bisnis. Dan berikut ini adalah 44 aplikasi smartphone yang dapat menunjang produktivitas penggunanya.

To Do List

  1. Todo7

Todo7

Sebuah aplikasi yang mengkolaborasikan pendaftaran atau penjadwalan pekerjaan dan task manager. Aplikasi ini tersedia di iOS, Android dan juga desktop/web. Dengan tampilan yang stylish, sayangnya Todo7 harus menggunakan subscription tambahan untuk penggunaan multiplatform dan juga penyimpanan awan.

  1. Todoist

todoist

Aplikasi to do list yang satu ini sangat cocok bagi pengguna yang ingin menyimpan proyek terorganisir. Aplikasi ini bisa didapatkan gratis, dan juga memiliki tampilan atau layout yang bersih dan sederhana. Bahkan aplikasi ini sudah memiliki plugin untuk browser web. Tapi sayangnya untuk penambahan rincian to do list, foto, komentar, dll hanya disediakan bagi yang berbayar.

  1. Any.do

any.do

Sebuah task manager dengan penjelasan waktu, tanggal dan lokasi. Aplikasi ini dapat melihat tugas berdasarkan kategori atau tanggal deadline. Namun aplikasi ini tidak menampakkan kalendernya.

  1. Wunderlist

wunder

Sebuah aplikasi lintas platform yang dapat membuat task manager dengan beberapa pilihan customisasi. Aplikasi ini selain mudah digunakan, ia juga tersedia di beberapa perangkat. Namun aplikasi ini dikenal memiliki masalah sinkronisasi.

  1. HabitRPG

habitRPG

Aplikasi to do list yang menyenangkan ini terdapat pada iOS dan Android. Aplikasi ini merupakan sebuah cara yang bagus untuk dapat memantau kebiasaan Anda. Namun ia memiliki fitur yang terbatas, dan masih dirasa lambat serta memiliki banyak bug, karena masih dalam tahap pengembangan aktif.

  1. Carrot

carrot

Aplikasi to do list yang akan membuat penggunanya merasa senang, selain dapat menjadwalkan pekerjaan, aplikasi ini juga akan memberikan hadiah virtual saat Anda telah berhasil menyelesaikan pekerjaan yang ada.

  1. Pocket Lists

pocket list

Aplikasi task manager yang kaya akan fitur dan tersedia untuk iPhone dan iPad. Aplikasi ini akan menampilkan lokasi dan waktu berdasarkan pengingat. Selain itu aplikasi ini juga sudah tersinkron dengan layanan cloud. Namun sayangnya aplikasi ini termasuk aplikasi berbayar.

Project Management

  1. Basecamp

basecamp

Project management yang menggabungkan penjadwalan, file dan juga melakukan to do list. Layout yang menarik juga dimilikinya. Namun aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk menyimpan banyak dokumen dan juga versi gratis sangat terbatas.

  1. Trello

trello

Project management yang memungkinkan Anda untuk bekerja dan mengatur jadwal dengan siapa saja. Aplikasi ini dengan mudah digunakan, salah satu fiturnya yaitu drag and drop. Selain itu aplikasi ini bebas digunakan. Namun sayangnya tidak ideal untuk kalender dengan produksi yang penuh.

  1. Asana

asana

Aplikasi ini merupakan aplikasi project management yang dapat diorganisir secara bersama – sama dengan mudah. Setiap orang dapat melihat pembaharuan yang ada, namun aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk berdiskusi.

  1. RedBooth

    redbooth

Aplikasi multiplatform yang ditujukan untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. Aplikasi ini terintegrasi dengan outlook & gmail. Aplikasi ini juga dapat menampilkan chart dan kalender, serta memiliki kualitas HD untuk video confference. Namun ia memiliki kemampuan managemen tugas yang minim.

  1. Redmine

redmine

Aplikasi project management yang fleksible digunakan untuk website. Aplikasi ini disediakan gratis dan juga didukung oleh adanya fitur multilanguage serta timetracking. Namun instalasi yang kompleks dan tidak ideal untuk orang – orang yang tidak tahu tentang opensource.

  1. AtTask

Project management yang satu ini telah disesuaikan dengan penggunaan cloud. Aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan pihak ketiga, seperti software CRM Salesforce. Aplikasi ini dapat disesuaikan dengan logo perusahaan. Namun aplikasi ini tidak didukung fitur chat dan juga harganya yang masih tinggi.

  1. Wrike

Sebuah aplikasi project management yang dapat diakses secara online dan mobile. Ada versi gartis untuk tim kecil. Namun aplikasi ini sulit untuk menganalisis atau mengelola resiko, dan juga kurangnya konektivitas ke aplikasi lain.

  1. Kickoff

Sebuah aplikasi iOS untuk chatting dengan anggota tim dan dapat berbagi tugas secara langsung. Memiliki tampilan tatapmuka yang indah, ternyata aplikasi ini hanay untuk mac dan iPhone.

Time Management

  1. RescueTime

Aplikasi ini adalah aplikasi Time Managemnet yang akan mengirimkan laporan mingguan kepada Anda, tentang bagaimana Anda membuat – buang waktu Anda. Aplikasi ini dapat membuat laporan yang di custom. Namun laporan ini masih memiliki bug, tergantung dari perangkat apa yang digunakan.

  1. ATracker

Aplikasi Time management berikut ini akan membantu pelacakan waktu Anda dan membantu mengerjakan tugas dari ponsel Anda. Anda dapat memasukkan tugas yang tidak terbatas jumlahnya, serta data yang ditampilkan nantinya berupa kalender atau grafik. Namun aplikasi ini hanya untuk iOS.

  1. Toggl

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk pelacakan waktu untuk proyek yang berbeda. Aplikasi ini tersedia untuk mobile, desktop dan juga web. Aplikasi ini sepenuhnya terintegrasi dengan QuickBooks dan FreshBooks. Meskipun sangat mudah digunakan, tapi aplikasi ini tidak memiliki pemantauan untuk screenshotnya.

  1. Eternity Time Log

Aplikasi ini akan membantu Anda memantau bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda setiap harinya. Layout yang elegant, kaya fitur dan juga laporan rutin akan Anda dapatkan. Namun aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar yang masih memiliki harga yang tinggi

  1. Fanurio

Jika Anda seorang freelancer, aplikasi ini akan membantu Anad melacak waktu dan mengingatkan akan tugas Anda. Aplikasi multiplatform ini bisa digunakan di PC ataupun MAC. Setiap klien bisa memiliki beberapa proyek. Namun aplikasi ini akan menggunakan lebih banyak memory komputer Anda.

  1. Now Then

Aplikasi iOS ini adalah aplikasi Time Management yang dapat membantu Anda memantau waktu apa yang Anda habiskan setiap harinya. Aplikasi yang cepat dan mudah digunakan ini juga memberikan full control untuk mengerjakan tugas. Data Anda juga bisa langsung diekspor. Namun aplikasi yang hanya ada di iOS ini tidak dilengkapi dengan kunci kode sandi.

For Staying Focused

  1. Fokus@will

Aplikasi ini menggabungkan musik dengan ilmu yang akan mengajarkan kita berkonsentrasi serta mampu meningkatkan produktivitas kita. Aplikasi ini akan merangsang otak kita dengan memainkan musik sebagai latar belakangnya.

  1. Focus Booster

Aplikasi yang dirancang untuk membantu kita dalam menunda pekerjaan, sehingga kita akan tetap fokus pada pekerjaan. Aplikasi ini dilengkapi dengan banyak pengaturan waktu. Selain itu juga memiliki statistik proyek yang jelas. Namun aplikasi ini memiliki proses instalasi yang panjang, dan timer tidak bisa loop atau berulang.

  1. Stayfocusd

Sebuah ekstensi Google Chrome untuk meningkatkan produktivitas dengan memblokir URL penganggu. Dengan aplikasi ini akan memudahkan kita dalam memberikan warna pada icon. Selain GRATIS, countdown timer juga akn berhenti dengan mudah ketika Anda meninggalkan tab atau browser. Namun aplikasi ini hanya tersedia di chrome.

  1. Selfcontrol

Aplikasi khusus Mac ini akan memblokir situs – situs yang mengganggu. Aplikasi ini bukan hanya GRATIS, tapi juga mampu memblok server mail atau URL.

  1. Concentrate

Aplikasi Mac ini akan membantu kita belajar untuk produktif, salah satunya yaitu meluncurkan aplikasi dan dokumen secara otomatis. Aplikasi ini juga memiliki space untuk jumlah kegiatan yang tidak terbatas. Namun sayangnya aplikasi ini tidak ada fitur drag and drop.

  1. Focus Writer

APlikasi ini akan membantu kita mengolah kata untuk menuliskan cara bebas dari gangguan. Aplikasi yang tersedia di MAC atau PC ini didukung oleh timer dan alarm harian.

  1. Anti-Social

Aplikasi ini akan mematikan gangguan digital, baik dari media sosial. Aplikasi ini terdiri di opertion system Windows, Mav, dan Ubuntu. Namun aplikasi ini tidak disediakan GRATIS.

Goal Tracking

  1. Lift.do

Sebuah aplikasi yang akan memantau tugas kita dan menjaga kegiatan kita agar tetap berada di jalur tujuan kita. Sekalipun memiliki layout yang baik, aplikasi ini hanya ada di perangkat mobile.

  1. GoalsOnTrack

Website Goal Tracking yang berbasis mengatur. Kita bisa menambahkan gambar motivasi untuk tujuan kita. Kita juga bisa menjelaskan tujuan kita dengan rinci. Bahkan kita akan mendapatkan backup harian. Namun aplikasi ini tidak ada versi gratisnya.

  1. LifeTick

Sebuah aplikasi penetapan tujuan yang dirancang secara online baik untuk pribadi maupun profesional. Aplikasi ini bisa membantu kita menyesuaikan prioritas tujuan.

  1. HabitList

Aplikasi ini khusus diciptakan untuk iPhone dan dipergunakan untuk monitoring. Layout yang sederhana tidak memiliki fitur yang lengkap. Namun aplikasi ini memiliki dukungan kunci password.

File Storage

2 Pilihan:

  1. Dropbox

Aplikasi multiplatform sudah memiliki kemampuan untuk sharing file. Kesederhanaan untuk membuat folder dan berbagi dengan orang lain. Aplikasi ini memungkinkan akses ke versi file sebelumnya. Namun aplikasi ini tidak bisa berkolaborasi untuk filenya.

  1. iCloud

Banyak perusahaan yang berpindah dan fokus menggunakan aplikasi iCloud ini. Aplikasi desktop khusus untuk Windows dan Mac ini terintegrasi untuk layanan lainnya. Kita juga akan mendapatkan gratis 5GB penyimpanan gratis. Aplikasi khusus perusahaan ini memiliki tampilan yang kaku.

3 Pilihan:

  1. Google Drive

Aplikasi yang berasal dari Google ini memiliki kemampuan untuk bisa sharing file ataupun folder ke orang lain. Kita juga akan mendapatkan storage gratis, dan juga kompatibel dengan Google Docs. Namun membuka Google Drive ini harus memiliki akun Google.

  1. OneDrive

Aplikasi penyimpanan ini berbasis Microsoft memiliki fasilitas sinkronisasi file dan juga backup secara online. Aplikasi ini disediakan untuk pengguna PC, Mac, iOS, dan Android. Interface yang simple, aplikasi ini memiliki 7GB storage GRATIS. Namun tidak ada fitur untuk berkolaborasi dan juga web streaming.

  1. iCloud

Yang satu ini hanya ada di bagian iWork. Aplikasi ini bisa bekerja di Mac, WIndows, PC dan juga iOS devices. Data backup akan secara otomatis bekerja pada iOS, dan juga pada music backup yang secara otomatis dengan iTunes.

Reminders

  1. Due

Aplikasi pengingat canggih untuk perangkat iOS. Dengan tampilan sederhana namun komprehensif, aplikasi ini sudah tersinkron dengan iCloud atau Dropbox. Aplikasi ini juga cepat dan mudah digunakan.

  1. Checkmark2

Aplikasi pengingat khusus iOS ini memiliki tampilan flat UI. Selain itu ia juga sudah tersinkron dengan iCloud untuk backup datanya. Namun aplikasi ini tidak support untuk MAC.

Automating Everything

  1. IFTTT

Sebuah layanan yang memungkinkan kita bisa mengotomatisasi semua layanan untuk web kita. Idealnya digunakan untuk tugas kecil, karena mudah dipahami dan digunakan. Namun beberapa otomatisasi membutuhkan waktu lama untuk bekerja. Selain itu tidak adanya peringatan jika saluran dinonaktifkan, dan bahkan banyak duplikat untuk file uploadnya.

  1. Automatelt Automate Your Droid

Aplikasi otomatisasi ini khusus untuk perangkat mobile android. Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki aturan untuk memulai dan akses ke aturan yang dibuat pengguna. Namun aplikasi ini memiliki fitur yang terbatas.

  1. Zapier

Sebuah layanan website yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas – tugas membosankan antara aplikasi web. Aplikasi ini mendukung integrasi untuk 250 Apps dengan harga yang fleksibel. Namun aplikasi ini hanya berjalan setiap 15 menit pada setiap rencana, dan beberapa aplikasi yang direncanakan membutuhkan biaya sendiri.

  1. Hootsuite

Dashboard media sosial ini digunakan untuk pemantauan dan penjadwalan media sosial. Aplikasi ini bisa digunakan untuk memantau banyak akun sosial media dalam satu waktu. Namun aplikasi ini lemah pada manajemen kontak mereka dan tidak ada integrasi kalender.

  1. SortMyBox

Sebuah aplikasi yang digunakan untuk merapikan folder Dropbox atau Box yang berantakan. Aplikasi ini tidak memerlukan instalasi apapun dan disediakan GRATIS. Namun aplikasi ini membutuhkan akses penuh ke dropbox Anda atau akun Box.net. Dan membutuhkan penamaan unik untuk setiap file kerja.

Sumber

Baca juga:

10 To-do List Digital untuk Kerja yang Lebih Produktif

10 Aplikasi Android untuk Web Developers

11 Aplikasi yang Membantu Anda Mengelola Email Internal dalam Percakapan

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *