Leadership

5 Bagian Penting dari Penghasilan Kita

 
  • 16
    Shares

   

Sukses adalah suatu impian atau tujuan yang kita inginkan telah tercapai dengan usaha dan kerja keras yang dijalani dalam hidupnya dalam mencapai kesuksesan dan keinginan tersebut berupa hal yang positif baik untuk diri sendiri dan orang lain. Untuk meraih sukses sendiri tiap individu memiliki cara berbeda. Tetapi terkadang dalam meraih sukses tersebut faktor penghasilan yang terbatas yang seringkali menjadi alasan penyebab kesulitan ekonomi dan membuat sukses tersebut terlambat untuk diraih. Namun benarkah demikian ? Li Ka-Shing, seorang milyarder asal Hong Kong menepis anggapan itu. Baginya, berapapun penghasilan tidaklah menjadi hambatan untuk mencapai kemakmuran hidup. Siapakah Li Ka-Shing itu ?

Li Ka-Shing, adalah salah satu dari 10 orang terkaya di dunia yang berasal dari Asia menurut Majalah Forbes. Pada awalnya semua sama seperti kisah sukses kebanyakan orang, Li Ka-Shing berasal dari keluarga miskin yang memiliki jiwa untuk membuktikan bahwa dia bisa mandiri. Li Ka-Shing memegang prinsip: “Seberapa pun uang yang diperoleh, ingatlah untuk selalu membaginya menjadi 5 bagian yang proporsional.” Kelima bagian itu adalah: 30% biaya hidup, 20% untuk sosialisasi, 15% biaya pendidikan, 10% biaya liburan dan 25% investasi dan Li Ka-Shing juga menambahkan, “Buatlah hidupmu selalu berguna”. Diagramnya adalah sebagai berikut.

Untuk penjelasannya berikut ini:

  • Hiduplah dengan sederhana. Sarapan dengan bahan yang mengandung karbohidrat seperti bihun ditambah telur dan secangkir susu. Untuk makan siang pilihlah menu siang sederhana, snack dan buah. Untuk makan malam masaklah sendiri makanan Anda, terdiri dari dua jenis sayuran dan segelas susu sebelum tidur. Ketika Anda masih muda, Anda tidak akan mengalami masalah dengan makanan seperti itu.
  • Alokasikan anggaran Anda untuk mentraktir teman makan.Traktirlah orang-orang yang lebih luas pengetahuannya, punya pengaruh dalam perkembangan karirmu, lebih kaya dari Anda atau orang-orang yang telah membantu Anda dalam meniti karir. Setelah satu tahun, lingkaran pertemanan Anda akan menjadi nilai lebih bagi Anda dan Anda juga akan mampu meningkatkan citra Anda sebagai orang yang baik dan murah hati.
  • Anda harus selalu belajar. Belilah Buku, bacalah dengan cermat dan pelajari isinya. Setelah Anda membaca setiap buku, ceritakanlah dengan bahasa Anda sendiri ke teman-teman. Berbagi dengan orang lain dapat meningkatkan kredibilitas Anda dan meningkatkan kepercayaan diri. Alokasikan juga anggaran untuk mengikuti kursus atau pelatihan.
  • Hadiahi diri Anda dengan melakukan perjalanan setidaknya setahun sekali. Tinggallah di penginapan yang murah untuk menghemat biaya. Dalam beberapa tahun Anda sudah melakukan perjalanan ke banyak tempat dan memiliki banyak pengalaman juga. Gunakan pengalaman itu untuk mengisi ulang diri Anda sehingga selalu semangat dalam pekerjaan Anda.
  • Simpan sebagian uang di bank dan tambah terus tiap saat sebagai modal awal usaha Anda. Modal itu kemudian dapat digunakan untuk membuat usaha kecil. Pergi ke toko grosir dan mencari produk untuk dijual agar jika rugi tidak akan kehilangan terlalu banyak uang. Namun, ketika Anda mulai mendapatkan uang, itu akan meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian Anda untuk mengembangkan sebuah usaha yang lebih besar.

Baca juga:

5 Tips Mengatur Keuangan dari Penghasilan dengan Mudah

Entrepreneur itu Bukan Hanya Masalah Nominal

Mari Mengenal Persediaan Dalam Perusahaan Kita


  • 16
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 15 January 2015 - pukul 10:31

    bagus nich tipsnya tapi sayang kebanyakan dari kita kao dah sukses sedikit lupa daratan, manunya senang-senang melulu

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *