KUMPULAN ARTIKEL SEPUTAR MEREK, PATEN, LEGAL, DLL
Mebiso LOGO

Aplikasi CRM untuk Memudahkan Proses Bisnis Pengusaha

Aplikasi CRM untuk Memudahkan Proses Bisnis Pengusaha

MEBISO.COM – Sudah gunakan aplikasi CRM sebagai alat bantu dalam bisnis? Pasalnya, aplikasi satu ini ternyata berhasil memberikan berbagai manfaat pada pengusaha. 

Nah, untuk kamu yang berencana memanfaatkan aplikasi ini juga, berikut adalah penjelasan ringkasnya. 

Arti Aplikasi CRM

Customer Relationship Management atau aplikasi CRM adalah sebuah alat bantu dalam manajemen hubungan pelanggan. Seperti namanya, aplikasi ini memberikan layanan penyampaian kritik maupun saran terhadap perusahaan. 

Aplikasi ini menjadi sangat penting apalagi masing-masing perusahaan selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Alhasil, agar bisa mendapatkan kritik yang valid dari pelanggan, kamu memerlukan sebuah alat bantu yang bisa menyampaikan kritik tersebut secara nyata. 

Pemanfaatan aplikasi ini memberikan berbagai keuntungan pada perusahaan. Mulai dari memudahkan untuk akses data yang valid dari pelanggan sampai membantu perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. 

Pasalnya, perusahaan harus mampu mengelola hubungan baik dengan pelanggan. Baik perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau yang mengandalkan produk sebagai pemasukan utama. 

Kemampuan perusahaan dalam mengelola hubungan dengan pelanggan akan memudahkan pengusaha untuk mendapatkan penjualan yang stabil dan terus menerus. Untuk itulah, pengembangan software CRM menjadi sangat penting bagi dunia bisnis. 

Manfaat Aplikasi CRM Indonesia

Secara lebih rinci, berikut adalah beberapa keunggulan dari pemanfaatan aplikasi CRM dalam bisnismu. 

1. Menjamin Kesetiaan Pelanggan

Pemanfaatan aplikasi ini akan memberikan kesempatan pada perusahaan untuk lebih mengenal pelanggannya. Artinya, kamu bisa mengantongi berbagai informasi mengenai pelanggan.

Bahkan bukan hanya cerita-cerita tentang pengalaman pelanggan terhadap produk atau layanan, kamu pun akan mendapatkan kritik maupun saran yang membangun melalui sebuah aplikasi ini. 

Berdasar informasi tersebut, kamu sudah satu langkah lebih mudah dalam mendekatkan diri dengan pelanggan. Artinya, perusahaan bisa mencari tahu hal-hal penting berkaitan dengan konsumen sekaligus minat terhadap produk. 

Berikutnya, adalah menjadi tanggung jawab perusahaan dalam mengelola informasi tersebut menjadi sebuah keputusan yang menguntungkan konsumen sehingga menjamin pelanggan selalu memilih perusahaanmu. 

2. Menghemat Biaya

Bayangkan berapa banyak modal yang harus kamu keluarkan untuk melakukan satu kali survei demi mendapatkan informasi mengenai tingkat kepuasan pelanggan? Biaya pencetakan dokumen, biaya penyebaran angket, dan belum lagi waktu yang harus kamu investasikan demi mendapatkan data tersebut. 

Sekarang, melalui sebuah aplikasi CRM pilihan, kamu tidak perlu lagi memikirkan berbagai hal di atas. Hal ini karena aplikasi pengelolaan hubungan pelanggan bisa memberikanmu data akurat berdasarkan pengalaman yang telah diperoleh oleh konsumen. 

Alhasil, menggunakan rekapan data dari aplikasi, kamu bisa langsung mengambil keputusan penting tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. 

3. Efisiensi Kegiatan Operasional

Selain biaya pemasaran, perusahaan juga harus memikirkan biaya operasional lainnya seperti pembayaran birokrasi atau gaji karyawan dalam satu kali melakukan survey. Tentunya, ketika memutuskan untuk menggunakan aplikasi CRM, kamu tidak perlu lagi khawatir terhadap biaya-biaya di atas. 

Seluruh prosesnya akan dilakukan oleh sistem secara online, pelanggan akan secara sukarela memasukkan informasi mengenai hasil penggunaan produk, dan perusahaan bisa langsung menggunakan data tersebut tanpa mengeluarkan biaya tambahan yang tidak perlu. 

Artinya, aplikasi ini akan menjadi sangat cocok bagi kamu yang baru memulai bisnis atau yang sudah berhasil menjalankannya selama bertahun-tahun. 

4. Tepat Sasaran

Penggunaan aplikasi ini juga bisa menjamin validitas informasi yang kamu dapatkan secara real time sesuai dengan target pasar yang kamu sasar. Artinya, dibandingkan dengan hasil survey yang masih bisa diragukan validitasnya, melalui aplikasi ini kamu sudah pasti akan mendapatkan informasi valid dari pelanggan dengan terpercaya. 

Tentunya, dengan menggunakan data yang valid, maka keputusan perusahaan nantinya juga akan lebih tepat sasaran. 

Contoh Aplikasi CRM

Tentunya, dengan berbagai manfaat yang ditawarkan, kamu juga tidak perlu khawatir karena saat ini sudah banyak sekali jenis aplikasi yang bisa kamu gunakan bahkan termasuk juga aplikasi CRM gratis. 

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi yang bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

1. Sugar CRM

Kalau usaha yang kamu jalankan saat ini adalah bisnis dengan skala menengah, maka aplikasi CRM satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi dengan berbagai tambahan fiturnya yang akan menjadi bantuan kuat bagi perusahaan. 

Beberapa layanan yang bisa kamu temukan dalam Sugar CRM seperti misalnya, kemampuan pengelolaan interaksi pelanggan yang kemudian bisa secara otomatis masuk ke dalam satu database. Alhasil, perusahaan bisa dengan mudah menemukan kebutuhan pelanggan di satu tempat yang aman.

2. EngageBay

Kemudian ada sebuah aplikasi yang fokus untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Kalau kamu sedang berjuang untuk bisa mendapatkan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi, maka aplikasi satu ini bisa menjadi solusi bagi perusahaan. 

Beberapa fitur unggulan dari EngageBay seperti pelacakan aktivitas bisnis, dan pemantauan pencapaian bisnis dalam periode tertentu akan sangat memudahkan perusahaan menyusun strategi berikutnya. 

Aplikasi Perlindungan Bisnis

Selain beberapa contoh aplikasi CRM di atas, kamu juga bisa menggunakan sebuah fitur pengamanan bisnis melalui merek. Proteksi Nama Merek adalah solusi bagi pengusaha yang ingin menjalankan bisnis dengan tenang dan nyaman karena mereknya terlindungi dengan sempurna. 

Deteksi & Lindungi Merekmu dari Plagiasi