Leadership

5 Hal yang Tidak Harus Dipercaya Ketika Menjadi Pemimpin

 
  • 45
    Shares

   

Sadarkah Anda bahwa kita hidup di zaman yang terus membuat kita harus bertumbuh. Bahkan hanya sedikit waktu bagi kita untuk memperbaiki kesalahan. Sebab perubahan dirasa harus dilakukan dengan sangat cepat. Begitupun ketika kita menjadi seorang pemimpin. Selain bijaksana, kita harus bisa menjadi seorang yang mampu memutuskan sesuatu dengan cepat dan juga tepat.

Namun ada beberapa hal di sekitar kita yang ternyata tidak harus kita percaya ketiak kita menjadi seorang pemimpin. Bahkan ketika kita sudah lama meyakini hal itu. Seperti yang terjadi pada beberapa hal di bawah ini.

1. Semua manager adalah pemimpin

Yang benar adalah hanya beberapa manager saja yang dapat memimpin dan yang lainnya tidak atau bahkan tidak bisa. Management adalah bagian dari sebuah sistem kepemimpinan, dan itu artinya ini tidak bisa disetarakan.

Seorang manager pandai dalam mempersiapkan, memantau dan bahkan memelihara sistem dan proses kerja. Mereka pun menjadi orang yang mempekerjakan orang lain. Tapi saat mereka tidak bisa membawa tim kerja menjadi lebih baik, maka mereka pun tidak bisa disebut memimpin.

Kepemimpinan selalu melibatkan perubahan, perbaikan dan juga pertumbuhan yang menuju ke arah yang lebih baik.

2. Hanya beberapa orang yang terlahir sebagai pemimpin

Bahkan seseorang yang dilahirkan dengan kecenderungan untuk menjadi seorang pemimpin harus belajar bagaimana keterampilan dalam memimpin.

Seperti halnya seseorang yang memiliki badan atletis dan cenderung bisa bermain basket, tentunya masih harus belajar dan berlatih untuk menjadi pemain basket profesional.

3. Pemimpin selalu memiliki jawaban yang benar

Seorang pemimpin bisa mengajukan bahkan memiliki jawaban yang tepat untuk pertanyaan yang diberikan. Namun ini bukanlah sesuatu yang baik. Sebab ketika orang terus bertanya kepada Anda, mereka akan mengurangi kemampuan untuk terus berpikir tentang solusi. Dan jika semua orang bertanya dengan pertanyaan yang sama, maka Anda justru tidak akan semakin inovatif atau kreatif.

Menjadi seorang pemimpin bukan hanya harus tahu jawaban yang benar dan memiliki jawaban yang banyak untuk 1 pertanyaan, tapi juga untuk mengetahui siapa yang harus bertanya dan dimana harus mencari jawabannya.

4. Anda harus memiliki jabatan untuk menjadi seorang pemimpin

Untuk menjadi seorang pemimpin, Anda hanya perlu tahu saat yang tepat untuk melakukan dan bagaimana melakukannya. Selebihnya jangan khawatir dengan jabatan atau title yang belum Anda miliki. Karena menjadi seorang pemimpin tidaklah harus memiliki jabatan ataupun title.

5. Pemimpin memiliki fokus yang jauh lebih besar

Jika Anda berpikir bahwa seorang pemimpin harus memiliki fokus terhadap pekerjaan yang jauh lebih besar dari yang lainnya, maka Anda bisa jadi salah. Sebab seorang pemimpin harus mampu membagi fokus dengan seluruh tim yang ia pimpin.

Jika salah satu atau bahkan semua dari tim Anda tidak fokus, maka tim Anda tentu tidak dapat produktif dalam bekerja. Inilah yang membuat seorang pemimpin harus menciptakan fokus bersama dengan anggota tim. Tanpa membuang-buang sumber daya dengan memungkinkan anggota tim untuk melakukan pekerjaannya sendiri.

Fokus disini adalah tentang tanggungjawab dan juga disiplin. Menciptakan fokus bersama adalah tentang keterlibatan orang lain dalam agenda kepemimpinan Anda dan membuatnya khusus untuk pekerjaan mereka.

 


  • 45
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *