Running A Business

5 Tips Membangun Kepercayaan Pelanggan Online Melalui Konten Marketing

 
  • 20
    Shares

   

Bagaimana sebuah kepercayaan dapat menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan suatu bisnis itu sudah banyak dibuktikan. Dimana banyak bisnis yang sudah lama beroperasi dan memiliki banyak pelanggan, akan mudah runtuh ketika satu kesalahan yang membuat kepercayaan pelanggan mereka hilang mulai muncul. Itu sebabnya kepercayaan menjadi salah satu kebutuhan jika suatu bisnis ingin lebih sukses dan maju, terlebih untuk sebuah bisnis yang berkembang di rana online. Dan yang kita ketahui bahwa bisnis online tidaklah mudah untuk membangun kepercayaan pelanggan mereka, karena dibatasi oleh waktu, lokasi dan media. Namun ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu sebuah bisnis online dalam membangun kepercayaan pelanggan mereka. Salah satu yang bisa dan biasa dilakukan adalah melalui konten marketing yang biasa mereka buat. Lalu bagaimana bisa itu kita lakukan?

1. Tentukan audiens dan hasilnya

Konten marketing yang Anda buat tentu akan menggambarkan dan menjelaskan produk atau merek Anda dengan lebih halus dari promosi biasanya. Namun Anda harus tau kepada siapa dan mengapa Anda menuliskan itu. Ini artinya yang terpenting dari sebuah proses pembuatan dan publish konten marketing adalah adanya target atau audiens yang jelas. Tentu saja tujuannya adalah untuk lebih menjelaskan kepada siapa Anda membuat dan mempublish konten marketing tersebut. Anda akan jauh lebih mudah untuk membangun kepercayaan ketika pembaca Anda mendapatkan konten yang tepat atau yang jelas mereka inginkan.

Setelah Anda membuat dan menentukan audiens untuk konten marketing Anda, lalu Anda pun harus bertanya mengapa Anda membuat konten tersebut untuk mereka? Apakah ini hanya berkaitan dengan upaya pemasaran produk Anda? Atau lebih dari itu, seperti mengedukasi audiens terhadap suatu ilmu baru yang berkaitan dengan produk Anda? Dengan begitu Anda akan lebih mudah menuliskan konten marketing dan mendapatkan kepercayaan dari audiens Anda.

2. Menentukan jenis konten, frekuensi publish dan lokasi

Setelah menentukan audiens dan hasil dari konten marketing yang akan di publish, Anda juga harus menentukan jenis konten marketing seperti apa yang akan Anda ciptakan. Apakah konten tersebut hanya berupa tulisan atau Anda ingin mengikuti perkembangan trend seperti saat ini yaitu konten marketing viral. Ini akan membuat Anda mudah dalam membuat dan mempublishnya.

Jika jenis konten apa yang akan dibuat telah selesai ditentukan, Anda juga harus mengetahui berapa frekuensi publish dan lokasi untuk mempublish konten marketing Anda. Konten marketing bisa Anda publish di manapun, baik website, sosial media, atau media lainnya. Dan tentu saja untuk perbedaan dan beragamnya media yang Anda gunakan, memiliki frekuensi pengunjung yang berbeda pula. Ini akan membantu Anda dalam menentukan seberapa sering Anda mempublish dan mendapatkan banyak audiens untuk konten marketing Anda tersebut.

3. Berbagi, promosi dan ikut terlibat

Jika Anda membuat atau menuliskan konten marketing pada halaman website Anda, tentu Anda akan membagikannya pada halaman sosial media dan media lainnya bukan? Alasannya adalah untuk mendapatkan lebih banyak audiens dan pemberi respons untuk konten tersebut. Sebenarnya bukan hanya berbagi yang harus Anda lakukan, Andapun juga harus mempromosikan konten marketing tersebut. Bagaimana mempromosikannya? Jika Anda memiliki akun di sosial media, Anda bisa mempromosikan konten marketing yang Anda buat melalui akun pribadi Anda tersebut. Jika konten Anda bermanfaat dan menarik, tentu promosi ini tidak akan mengganggu siapapun. Maka dari itu, pastikan konten yang Anda buat bukan hanya menjual tapi juga bermanfaat dan menarik bagi pembaca umum.

Setelah berbagi dan melakukan promosi, Anda juga harus mau untuk ikut terlibat di dalam postingan yang Anda buat. Salah satu contohnya yaitu merespon dan mengikuti setiap obrolan dalam komentar yang masuk dalam postingan konten marketing Anda. Ini akan menciptakan penilaian positif bagi audiens Anda. Pembaca akan menyukai sebuah konten yang bukan hanya menarik tapi juga komunikatif, yaitu melalui sang penulisnya. Dengan cara ini Anda bisa dengan mudah membangun kepercayaan dengan pelanggan dan pembaca Anda lainnya.

4. Menghubungan dengan merek Anda dengan lebih sederhana

Jika tujuan Anda membuat konten marketing adalah untuk mempromosikan merek Anda, maka itu tidaklah salah. Karena salah satu usaha dalam penjualan suatu merek adalah membuat sebuah promosi berupa konten marketing. Namun kembali pada penjelasan sebelumnya, memasukkan merek dalam bahasan konten marketing janganlah terlalu jelas. Buatlah lebih sederhana dan tentu saja yang mudah diterima oleh audiens Anda. Jangan sampai mereka bosan dan enggan membaca konten Anda karena terlalu banyak bahasan tentang merek. Buatlah konten yang seimbang antara bahasan umum dan merek Anda. Dengan lebih banyak berlatih menulis, kita akan menemukan bagaimana menuliskan merek dengan lebih halus dan sederhana dalam konten marketing yang dipublish.

5. Menganalisis respon dan mengoptimalkan relasi yang terbentuk

Ini menjadi salah satu yang terpenting dalam membuat konten marketing, apalagi kalau bukan keterlibatan Anda dalam setiap respon yang masuk. Anda membuat konten marketing untuk ditujukan kepada banyak orang, bukan? Dan itu tentu menarik banyak komentar dan pendapat dari mereka yang melihatnya. Responpun tidak dapat dihindari lagi, dan itu yang membuat konten Anda lebih banyak dibaca dan diketahui oleh banyak orang. Terlebih saat Anda ikut membalas dan merespon komentar yang ada. Lakukanlah sebuah analisis sederhana terhadap respon yang masuk. Baik atau buruk respon yang Anda terima, jadikan sebagai sebuah masukan dan bahan untuk membangun bisnis Anda. Apa dan bagaimana yang perlu Anda publish, maka jangan segan publish pada konten marketing Anda. Ini akan dengan mudah menarik perhatian pembaca dan memudahkan Anda membangun kepercayaan pembaca dan pelanggan Anda.

Selamat mencoba :)

Baca juga:

7 Cara Menyegarkan Kembali Kegiatan Marketing Anda

Do’s and Don’ts Menggunakan Twitter untuk Bisnis Startup

6 Tips Memicu Peningkatan Konten dengan Sosial Media

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 20
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *