Technology

5 Tips Menggunakan Sublime Text 3 di Windows

 

   

Sublime Text 3 adalah teks editor seperti notepad ++ yang memiliki interface visual yang lebih menarik. Walaupun ini berbayar tapi Anda dapat mengunakan versi trial yang juga powerfull dengan versi 2 nya. Salah satu keunggulannya adalah tanpa kita save file kita tidak akan hilang walaupun editor tersebut kita close. Jadi kita tidak perlu khawatir bila tiba-tiba listrik padam ataupun terjadi shutdown dan kita lupa belum save. Nah berikut ini caranya:

1. Mengakses perintah yang ada dengan Ctrl+Shift+P

Kecepatan dalam mengedit akan dapat menambah semangat tersendiri dalam melakukan sagala sesuatu pekarjaan. Begitu juga saat mengetik script. Akan membosankan jika dalam mengetik script dalam waktu yang lama. Salah satu tips untuk mengetik script dengan sengan adalah dengan memakai sort cut. Hal itu akan sulit bila anda melakukanya dengan editor selain sublime text. Kamu harus menghafal tiap-tiap sortcut. Berbeda sekali dengna editor sublime text.

Anda hanya butuh satu sort cut saja yaitu CTRL + SHIFT + P, dan disitu langsung search peritnah dan enter.

2. Mengakses file dengan mudah dan cepat

Mengakse file dengan sublime text hanya dengan CTRL + P, dan disitu langsung search file dan enter.

mudahkan!

Mungkin jika anda menggunakan editor yang lain akan bingung melakukanya. Mungkin dengan Ctrl+O dan klik sanan sini, itu akan menyusahkan Anda.

3. Melakukan select text dengna mudah

Anda dapat melakukan select text dengan sangat mudah. Select vertical dan horizontal akan dapat dilakukan dengan cepat. Yaitu tinggal tekan SHIFT + Tahan Klik Kanan den gerakkan sesua yang Anda inginkan.

4. Pergi ke baris yang akan diedit dengan cepat

Fitur ini wakib ada dieditor manapun. Bila anda tidak mengetahuinya nanti Anda akan lambat bila menginginkan perki ke line tertentu. Bila menggunakan sublime text Anda tinggl melkukan CTRL + G dan ketikkan line berapa yang akan Anda inginkan.

atau mencari berdasarkan funsi/field dengan CTRL + R

5. Install berbagai package pendukung

Sangat mudah dalam instalsi dan konfigurasi merupakan fiture unggulan dari sublime-text. Siapapun dapat membuat dan manambah package yang dia inginkan. Untuk awal Anda perlu menginstal Control Package.

Cara instalnya adalah sebagai berikut :

  1. Pilih Preferences – Browse Packages pada menu

  2. kemudian pergi ke folder atasnya

  3. cari folder Installed Packages
  4. Download Package Control.sublime-package
  5. Copy dan pastekan pada folder Installed Packages

  6. Kemudian tinggal restat editor sublime text Anda

Itu diatas adalan beberapa tips saja dan masih banyak lagi fiture yang disedikan oleh editor ini. Dan bila Anda ingin menambah package sesuai kebutuhan, Anda pergi saua ke daftar package yang sudah disediakan disini.

 Bagaimana? Mudah bukan, Selamat mencoba :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *