Technology

8 Keistimewaan Android Lollipop Dibanding Android KitKat Sebelumnya

 
  • 5
    Shares

   

Logo Beon-Kelebihan Android Lollipop

Google kini meluncurkan versi final dari Android 5.0 Lollipop ke perangkat Nexus yang telah ada, dan juga muncul pada Nexus 6 baru dan Nexus 9 gadget. Hmm, mau atau apa saja yang bisa Anda dapatkan dari Android Lollipop ini. Check this out..

1. Tap and Go

Logo Beon-Keistimewaan Lollipop1

Ketika Anda sedang mengkonfigurasi perangkat Lollipop untuk pertama kalinya, Anda akan disajikan dengan pilihan untuk “Tap and Go.” Transfer data ini memungkinkan Anda memindahkan semua rincian dari Akun Google, pengaturan konfigurasi, data dan aplikasi ke perangkat baru hanya dengan meletakkan ponsel atau tablet lama Anda. Anda juga dapat memindahkan widgets dan wallpaper Anda.

2. Flashlight

Aplikasi Flashlight selalu populer di setiap Android, sehingga Google telah memutuskan untuk memasukkan aplikasi tsb pada Lollipop untuk menyelamatkan Anda dari keharusan untuk men-download aplikasi tsb dari pihak ketiga. Tarik ke bawah pada notifikasi lalu ketuk bagian atas bar untuk memperlihatkan Aplikasi Flashlight bersama pilihan lain seperti mode pesawat. Aplikasi ini hanya akan muncul jika perangkat Anda dilengkapi lampu kilat LED di samping kamera.

3. Prioritaskan Aplikasi Anda

Logo Beon-Keistimewaan Lollipop2

Android 5.0 Lollipop memungkinkan Anda mengatur daftar aplikasi penting yang diperbolehkan untuk mengganggu aktivitas Anda. Buka Settings -> Sound & notification -> App notifications dan Anda dapat memilih untuk memblokir setiap aplikasi atau menandainya sebagai prioritas satu. Tekan slider volume pada perangkat Anda untuk mengaktifkan mode prioritas tanpa batas waktu atau selama satu jam (bintang akan muncul di status bar).

4. Notifikasi dari Layar Kunci

Logo Beon-Keistimewaan Lollipop3

Di Lollipop semua pemberitahuan aplikasi Anda muncul di layar kunci. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berinteraksi dengan mereka juga. Gesek untuk memberhentikan, ketuk untuk membalas dan seterusnya, tergantung pada aplikasi yang bersangkutan. Sebuah double-tap membawa Anda ke dalam aplikasi yang relevan. Buka Settings -> Sound & notification -> When device is locked jika Anda ingin menyembunyikan alert sensitif.

5. Aplikasi Pin

Jika Anda ingin menyerahkan perangkat Anda ke salah satu anak-anak Anda atau teman, Anda dapat menambahkan “pin” kepada mereka di dalam satu aplikasi tunggal. Pertama, aktifkan fitur melalui Settings -> Security -> Screen pinning. Kemudian, ketika Anda mengaktifkan layar multitasking melalui tombol Overview, Anda akan melihat ikon pin muncul di pojok kanan bawah app (seret ke atas jika Anda tidak dapat melihatnya). Menekan tombol Kembali dan tombol Overview cukup untuk keluar dari pinned mode dan kembali ke aplikasi lain. Bila Anda mengaktifkan pin, Anda akan ditanya apakah Anda ingin menggunakan kode atau pola untuk membuka kunci. Hal ini terkait dengan perlindungan yang sama diterapkan pada perangkat Anda, jadi jika layar kunci Anda tidak dilindungi oleh kode atau pola maka pilihan tidak akan muncul ketika Anda melakukan pin aplikasi.

6. Lompat ke Konfigurasi Aplikasi

Logo Beon-Keistimewaan Lollipop4

Layar kunci benar-benar telah diberi perbaikan besar-besaran melalui pembaruan dari Android 5.0 Lollipop, beserta perbaikan mencakup kemampuan untuk melompat langsung ke pengaturan aplikasi atau panel informasi yang tepat dari layar kunci. Tekan dan tahan pada notifikasi dan (tergantung pada aplikasi), Anda akan melihat ikon Gear (pengaturan aplikasi shortcut) dan ikon Info (pengaturan notifikasi aplikasi shortcut).

7. Prediksi Masa Baterai

Yang baru pada Android 5.0 Lollipop adalah kemampuan untuk melihat berapa banyak waktu yang tersisa sebelum baterai kehabisan daya, atau berapa lama Anda harus menunggu sebelum perangkat Anda terisi penuh up. Ketuk pada ikon baterai pada notifikasi untuk melihat (waktu-sampai-terisi-penuh juga muncul pada layar kunci beberapa menit setelah Anda terhubung perangkat Anda ke sumber listrik).

8. Layanan Guest Mode

Berbagi perangkat dengan orang lain (teman, kolega, anggota keluarga, anak-anak terganggu) dapat menjadi suatu masalah, namun Lollipop memiliki Guest Mode yang memudahkan Anda. Anda dapat mengakses Guest Mode dengan menyeret notifikasi ke bawah, menekan pada avatar akun pengguna Anda, dan kemudian memilih Tambah tamu dari menu (atau hanya tamu jika Anda telah melalui proses sebelumnya).

Wah banyak juga ya ternyata keistimewaan dari Android versi Lollipop kali ini :)

Baca juga:

Apa Aja Sih Kebiasaan yang Dilakukan Anak Muda di Sosial Media?

Setting Email Hosting di Email Client: Android

Fitur – Fitur pada Android yang Bisa Anda Optimalkan

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 5
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 2 December 2014 - pukul 7:40

    Fitur yang bener-bener berbeda dari versi Android sbelumnya ..sebelumnya semoga bisa kebeli Android lolipop tahun depan.

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *