Technology

9 Tips Menggunakan Konten Visual untuk Melibatkan Audiens Anda

 
  • 84
    Shares

   

Konten marketing visual telah berkembang pesat dalam dua tahun terakhir sebagai “Brand Marketers”. Kita sudah mulai menyadari bahwa dengan kata-kata saja, tidak akan cukup untuk mempertahankan pelanggan dan proses keterlibatan mereka.

Lalu, bagaimana bisnis Anda dapat memanfaatkan tren baru dalam konten marketing visual? Berikut adalah beberapa contoh konten marketing visual dari beberapa perusahan besar yang sudah sering kita temui:

Pelanggan terinspirasi dengan ide – ide tentang cara menggunakan produk Anda

1

Konsumen sering tidak tahu apa yang mereka inginkan, maka dari itu kadang mereka mencari inspirasi dan ide – ide. Sebagai Marketers yang pintar, berilah mereka banyak suatu hal yang kreatif, dan dalam prosesnya, posisikan diri sebagai merk yang “Kami Disini untuk Membantu Anda!”. Sebagai contohnya, “Callway Golf” melakukan hal ini melalui seri video tentang tips – tips instruksional mengenai golf yang di mereka publish di akun Youtube mereka.

Tunjukkan, namun jangan memberitahu

2

Gunakan fotografi yang menakjubkan dan grafis (gambar) untuk menceritakan kisah – kisah brand Anda. Contohnya seperti “eye-popping” berasal dari Volvo, bercerita tentang Jean-Claude Van Damme yang melakukan split di antara sepasang truk Volvo. Kunci konten marketing visual yang berhasil dari mereka adalah, mereka mempunyai sebuah konsep yang kreatif yaitu menggambarkan keunggulan produknya dengan cara yang unik.

Masukkan kreatifitas dan keinginan pelanggan Anda

3

Hibur calon pelanggan Anda dengan konten visual yang user- generated, yaitu yang memungkinkan penggemar Brand Anda menceritakan kisah menarik cerita sendiri. Contohnya seperti dari Penggemar “Tourism Australia” mengirimkan 900 foto untuk dikompetisikan perharinya dan mereka biasanya mendapatkan puluhan ribu orang seperti per posting facebook.

Memanusiakan merk Anda

4

Konten visual yang menarik membantu “memanusiakan” Brand Anda yang tidak berwajah, yang membuat orang berinteraksi dengannya. Hal ini dapat membantu memberikan cara-cara baru kepada konsumen untuk berhuungan dan berkomunikasi dengan perusahaan kita. Contohnya, seperti Video serial “Loncoln Electric” yang menggambarkan beberapa cara yang mengejutkan tentang jasa “las” yang menyentuh kehidupan seseorang.

Jadilah Brand yang “Helpful”

5

Tips dalam bentuk gambar, checklist, dan gambar tentang “Bagaimana cara untuk” sangat bagus untuk dishare di social media, karena mereka dirancang untuk membantu dan menginspirasi pelanggan Anda dengan cara yang unik.

Perluas nilai dan jangkauan konten Anda

Identifikasi konten tertulis yang paling popular dan paling banyak dibaca oleh pelanggan Anda dan bayangkan seperti apa konten yang menarik yang disukai banyak pelanggan apa. Ini adalah cara terbaik untuk membantu menarik perhatian pelanggan Anda untuk membaca konten tersebut dan mudah mencernanya. Mungkin dengan cara “menggoda” pembaca Anda dengan gambar yang bisa mendorong mereka untuk melakukan klik pada website Anda seperti berikut:

6

Jangan mengandalkan “stock foto”

Buatlah gambar asli yang menggambarkan cerita dari brand Anda, dan bawalah kedalam kondisi nyata dari apa yang Anda miliki. Sementara ketika Anda mengandalkan stock foto, yang membuat foto Anda tidak menceritakan apapun dan membuatnya menjadi tidak menarik untuk pelanggan Anda. Sebagai contoh, Oreo meminta para penggemarnya mengirimkan ide – ide mereka tentang biscuit dan krimnya, yang kemudian menjadikannya sesuatu karya indah dari macam – macam Channel Brand Sosial.

7

Buat pelangan mudah membagikan pengalaman mereka

8

Jika Anda menjalankan sebuah acara, tur, atau lainnya, pastikan untuk memudahkan pesertanya berbagi keterlibatan mereka dengan yang lain. Sebagai contohnya adalah seperti memberikan akses Wi-Fi gratis untuk peserta seminar, merekomendasikan hashtag yang relevan untuk digunakan pada social media, dan pastikan juga untuk memberikan diskon pada pelanggan yang sudah membagikan foto mereka selama acara. Tetapi, apabila mengadakan acara yang tidak live, mungkin Anda bisa membuat pelanggan Anda terlibat dalan konten visual yang telah Anda buat, contohnya sepert Pringles lakukan dengan “Pengalaman Ulitimate Party Lineup” nya di Facebook.

Dengarkan penggemar brand Anda, dan bertindak cepat terhadap ide – ide mereka

9

Jika pelanggan mengatakan kesukaannya kepada Anda mengenai Konten visual yang sudah Anda bagikan, akui request mereka dan berikan lebih dari yang mereka minta. Gunakan metrik, karena dengan itu Anda dapat dengan cepat mengetahui, apakah konten baru Anda popular di pelanggan Anda atau tidak. Ini adalah jalan yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan mereka. Sebagai contohnya “Home Omprovenet Chain Lowes” tahu berapa banyak pelanggan yang mengandalkan tips DIY mereka.

Saya harap, artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk mempertimbangkan banyak hal kreatif yang berguna untuk “marketing Brand Anda”.

Sumber

Baca juga:

5 Cara Sukses yang Bisa Dilakukan Bagi Konten Marketing

5 Tips Membuat Headline yang Mengundang Banyak Klik

7 Cara Menggunakan Google Trends untuk Menciptakan Konten Bisnis


  • 84
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *