Leadership

Bagaimana 10 Pengusaha Meningkatkan Produktivitas Mereka? Ini Dia Caranya

 
  • 13
    Shares

   

Ketika Anda mengelola startup, Anda mungkin akan mengira bahwa hari Anda mengalir begitu cepat. Banyak pekerjaan yang belum Anda kerjakan dan bahkan masih akan Anda kerjakan di esok harinya. Namun sebagai pemilik bisnis, tanggungjawab Anda untuk hal yang lain jauh lebih besar. Anda harus siap membagi waktu kedalam banyak pekerjaan. Dan jika Anda ingin memiliki waktu untuk diri Anda sendiri, Anda harus bisa menjadi orang yang produktif dan efektif dalam menggunakan waktu Anda. Dan berikut ini yang bisa Anda contoh dari para pengusaha dunia.

1. Fokus pada 1 pencapaian Anda dalam 1 waktu

Mungkin salah satu cara untuk menyelesaikan banyak pekerjaan dalam 1 waktu adalah dengan multitasking. Tapi apakah itu baik untuk Anda dan pekerjaan Anda? Jika dirasa tidak lebih efektif, maka hentikan sekarang juga. Anda perlu memberikan perhatian penuh terhadap apapun yang ingin Anda capai dalam 1 waktu. Cobalah untuk fokus dan tidak beralih ke tugas lainnya sebelum 1 tugas Anda selesai dengan baik.

— Olga Vidisheva, founder dan CEO dari Shoptiques, sebuah E-Commerce yang menjual barang dari butik lokal.

2. Bangunlah lebih pagi

Jika Anda biasa bangun jam 6 pagi, cobalah mulai membiasakan diri bangun lebih pagi lagi. Setengah atau bahkan 1 jam lebih awal lagi. Kenapa? Karena dengan begitu Anda memiliki banyak waktu untuk mengerjakan hal lainnya. Seperi berolahraga di pagi hari, memasak untuk keluarga dan kegiatan lainnya.

— Gautam Gupta, pendiri dan CEO dari NatureBox, layanan berlangganan bulanan yang menjual snack sehat.

3. Fokuslah pada tujuan jangka pendek dan panjang

Di setiap kuartal, saya menulis lima tujuan terbesar saya untuk perusahaan dan diri saya sendiri. Kemudian, saya memulai hari Senin dengan melakukan meeting management eksklusif, dimana kita akan fokus pada prioritas terbesar untuk seminggu kedepan. Akhirnya, seiap pagi perjalanan saya, saya akan mengumpulkan daftar pekerjaan dalam to do list.

— Matt Straz, pendiri dan CEO dari Namely, sebuah platform berbasis cloud yang membantu sebuah bisnis dalam mengelola gaji, tunjangan dan kebutuhan SDM lainnya.

4. Jangan mengerjakan semuanya sendiri

Menginvestasikan waktu untuk mempekerjakan orang pintar, berbakat dan penuh talenta, akan membantu kita menjalankan banyak pekerjaan. Ini penting dilakukan di awal Anda mendirikan sebuah bisnis atau perusahaan. Anda harus tahu apa saja tugas yang harusnya dikerjakan, dan siapa saja yang harus mengerakannya. Dan sebagai pemilik bisnis, Anda perlu fokus pada visi jangka panjang perusahaan dan tim Anda.

— Joe Coleman, Co Founder dan CEO contently, sebuah bisnis yang menyediakan perangkat lunak yang akan membantu perusahaan membangun konten pemasaran premium untuk penjualan.

5. Terus menerus ingatkan diri Anda dengan misi Anda

Hal ini membuat Anda mudah mengenali apa yang penting dan yang tidak penting Anda kerjakan. Dengan begitu, kita bisa lebih produktif untuk mengerjakan tugas dan tantangan yang benar-benar penting.

— Jamie Siminoff, CEO dan kepala penemu Ring. Si pembuat cincin video yang memungkinkan pengguna untuk membuka pintu dari mana saja hanya melalui smartphone.

6. Kembangkan hobi Anda

Sangat penting untuk menempatkan banyak usaha ke dalam pekerjaan Anda, tetapi Anda harusnya juga bisa membiarkan diri untuk melakukan banyak hal yang Anda sukai. Ketika Anda tidak menikmati hari pertama Anda bekerja, itu artinya Anda pun akan menjadi orang yang tidak produktif untuk diri Anda dan perusahaan Anda. Cobalah untuk mengikutsertakan hobi di dalam pekerjaan yang Anda miliki. Jalani setiap pekerjaan seperti saat Anda melakukan hobi Anda.

— Aaron Firestein, co founder dan chief artis BucketFeet, sebuah toko online yang bekerjasama dengan seniman untuk merancang dan membuat alas kaki.

7. Deskripsikan tujuan Anda dengan jelas

Anda perlu menjelaskan tujuan Anda dengan jelas. Karena di dalam dunia bisnis, setiap perubahan di dasari pada perkembangan pasar dan peluang yang ditawarkan kepada kita. Kita tidak akan terus menerus menilai apa yang ada di dalamnya dengan baik.

— Gabriel Weinberg, pendiri dan CEO dari DuckDuckGo, sebuah mesin pencari yang fokus pada privasi pengguna dan tidak bisa melacak pencarian Anda.

8. Tetap gunakan jadwal

Beberapa orang mengaku bisa bekerja dengan baik tanpa jadwal, tapi tidak semua dapat menjalankan tugas tanpa jadwal dengan maksimal. Beberapa akan memilih menggunakan aplikasi seperti Google Kalender untuk membantu menata pekerjaannya.

— Jayson Rapaport, co founder dan co owner Birds Barbershop, sebuah merek salon yang memberikan pemasaran terjangkau, layanan berkualitas dan perusahaan ini baru saja meluncurkan produk perawatan rambut.

9. Pilihlah 5 hal untuk dilakukan

Saya menempatkan 5 hal di dalam daftar pekerjaan saya disetiap awal hari. Dan tugas itulah yang benar-benar bisa saya lakukan. Dan ketika hal-hal lain datang dan mengalihkan perhatian saya, saya akan kembali melihat “Top 5” dari daftar pekerjaan saya, dan melihat apakah saya perlu mengatur kembali prioritas saya di hari tersebut.

— David Simnick, co founder dan CEO dari SoapBox Soaps, yang membuat semua produk dari bahan alami.

10. Berhenti di waktu yang tepat

Dan yang terakhir adalah cara yang cukup mengejutkan untuk meningatkan produktivitas dan efisiensi kerja kita. Di saat kita terlalu sering mencoba untuk memecahkan masalah sebelum mengumpulkan informasi yang tersedia. Ada baiknya kita berbicara dengan tim, fokus dan memahami apa yang dibutuhkan, bukan hanya mengatakan hal yang sekiranya benar. Ini perbedaan kecil yang membuat sebuah perubahan dan perbedaan besar.

— Ian Siegel, Co founder dan CEO dari ZipRecruiter, yang memungkinkan pengusaha memposting pekerjaan untuk ratusan lowongan dengan satu tujuan, dan mengirim para pencari kerja melalui email yang ada.

Nah, jika 10 pengusaha sukses itu saja bisa, kenapa Anda tidak mencobanya juga? Anda akan menemukan cara yang efektif dan hasil yang menakjubkan dengan cara yang sederhana. :)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 13
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *