Leadership

Belajar Menghargai Sebuah Ide Bisnis Layaknya Amazon

 
  • 5
    Shares

   

David Selinger adalah sosok di balik ide bernilai $ 1 milyar dolar Amazon. Di belakangnya, ada cerita yang unik. Amazon harus mengundangnya, bukan hanya sekali atau dua kali. Namun hingga lebih dari 6 kali.

Ceritanya berawal di tahun 2003 ketika Sellinger membangun sebuah website toko online yang menjual mesin pembuat kopi. Keberhasilannya menarik perhatian bos Amazon, Jeff Bezos. Amazon ingin dia menjalankan grup data mining R&D (Research&Development) baru yang disebut Amazon Research. Namun tawaran ini ditolaknya berkali-kali.

“Saya tidak punya kualifikasi yang membenarkan saya untuk mengambil pekerjaan itu,” katanya. Sebab Selinger rupanya adalah seorang software engineer, bukan data scientist.

“Mereka benar-benar menawarkan hingga lima atau enam kali dan saya menolaknya. Tapi mereka terus datang.”

Akhirnya ia menyerah dan mengambil pekerjaan itu. Dan sesuai dugaannya, pekerjaan itu benar-benar mengerikan.

“Saya dilempar kesana-sini, saya harus melapor ke orang-orang yang berbeda,” hingga akhirnya ia bekerja secara langsung untuk Bezos.

Tanggungjawab yang ditanggung tim R&D besutan Bezos sangat besar. Yakni menyaring data Amazon dan menemukan jalan baru untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan keuntungan mereka. Jadi dia belajar bagaimana membangun algoritma dan menggunakan data untuk menemukan ide bisnis terbaru. Timnya pun menemukan premis bahwa Amazon bisa menghasilkan banyak uang dengan menjual spot iklan (ads).

david-sellinger

Selinger pun melaporkannya pada Bezos dan katanya, “Dia benar-benar membenci ide tersebut. Katanya, ini adalah ide yang bodoh. Amazon adalah retailer, kenapa malah menampilkan iklan?”

Namun meski Bezos membencinya, Bezos mengakui bahwa Sellinger telah melakukan pekerjaannya sesuai apa yang dia minta. Maka, Bezos membiarkan tim Sully untuk menjalankan tes kecil-kecilan di website Amazon dan, “ini berakhir sebagai salah satu proyek paling menguntungkan yang pernah dijalankan pada Amazon.”

Amazon tidak mengungkapkan nilai pendapatan dari ads tetapi Selinger yakin hingga tahun ini, dia telah menghasilkan angka $ 1 miliar.

Pelajaran besar yang diambilnya dari Bezos adalah: “Untuk membuat keputusan bisnis, selalu gunakanlah data, bukan perasaan.”

Seperti halnya Bezos yang membenci ide tersebut, namun tetap menjalankannya karena Sellinger disokong oleh data-data yang kuat dan didapatnya dari algoritma real.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 5
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *