Technology

Bikin Presentasi Berbasis HTML5 dengan Google Presentation

 

   

Anda pasti pernah membuat presentasi. Mungkin seringkali melalui aplikasi Microsoft Powerpoint. Namun di samping itu, tahukah anda bahwa kita juga bisa membuat presentasi berbasis Google Doc. Lebih dari itu, presentasinya sendiri telah berbasis HTML5 dan CSS3, sehingga dia bisa kita tampilkan pula di website kita. Seperti apa? Mari kita praktekkan di sini.

1. Untuk menggunakan layanan Google Presentation, anda harus punya account Gmail dulu. Anda bisa login ke account Gmail anda, kemudian masuk ke menu Drive.

2. Klik CREATE.

3. Pilih Presentation untuk mulai membuat file presentasi baru.

4. Anda akan diarahkan pada halaman Google Presentation. Pada menu pertama, anda bisa memilih tampilan background.

5. Sedangkan untuk tampilan menu bar, toolbar dan slide tidak jauh berbeda dengan PowerPoint atau aplikasi presentasi berbasis desktop pada umumnya. Ketika pertama kali menggunakannya, saya tidak mengalami kesulitan yang berarti karena tata letak semuanya hampir sama dengan aplikasi desktop.

Di bagian atas ada menubar dan toolbar. Pojok kiri ada menu halaman slide. Di tengah adalah halaman slide dan pada pojok kanan adalah pengaturan slide animation. Perlu diingat bahwa fungsi SAVE di Google Docs adalah auto save. Jadi anda tidak perlu paranoid apabila belum menyimpan ketika kemudian listrik padam. Setiap anda melakukan perubahan, maka secara otomatis akan auto save.

6. Publish Google Presentation yang sudah anda buat. Klik File pada menubar, kemudian pilih Publish to the web…

7. Kemudian akan muncul halaman menu untuk pengaturan publish bahan presentasi anda. Pada kolom Document link berisi URL  untuk mengakses bahan presentasi yang telah anda buat. Anda bisa share link tersebut ke siapa saja. Sedangkan pada kolom Embbed code, anda bisa mendapatkan code iframe yang bisa di tempatkan pada source code halaman website untuk menampilkan presentasi yang sudah anda buat ke halaman website anda.

8. Anda bisa mengatur ukuran halaman pada Presentation Size. “Automatically advance presentation to the next slide” untuk pengaturan kecepatan auto slide. “Start slideshow as soon as the player loads” untuk start slide secara otomatis apabila sudah load. “Restart slideshow after the last slide” untuk mengulang ke awal apabilsa slide sudah di akhir. Berikut saya sertakan contoh Google Presentation yang saya embbed di halaman demo website saya:

http://hamfaz.web.id/demo/example-presentation-with-google-docs.html

Kenapa pakai Google Presentation? Kelebihannya adalah anda dapat dengan mudah menyimpan file presentasi dan mengaksesnya dimana saja dengan browser di mana ada koneksi internet.

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *