Running A Business

Branding itu Tentang Logo dan Warna, Yakin?

 

   

Sebuah bisnis membutuhkan sesuatu yang membuatnya bisa dikenal, diingat dan selalu dicari. Brand atau yang biasa kita tahu dengan merek atau logo. Merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi agar sebuah bisnis bisa melakukan branding. Tapi branding itu sendiri apa sih?

Beberapa sumber mengatakan bahwa Branding adalah serangkaian langkah untuk membangun dan membesarkan brand/merek bisnis. Branding tak sekedar desain, iklan atau langkah komunikasi lainnya. Tapi kesatuan dari semua langkah tersebut dalam agar pesan yang disampaikan memiliki kekuatan yang jauh lebih besar.

Sebuah bisnis bukan hanya harus memperhatikan bagaimana logo atau nama mereka dibuat, di desain dan dipublikasikan. Tapi jauh yang lebih penting dari itu adalah, bagaimana sebuah brand bisa menceritakan, menjelaskan dan memberikan pengalaman kepada siapapun yang melihatnya.

Branding itu sebuah pengalaman, sebuah perjalanan panjang dan tentang sebuah nilai yang disampaikan. Sebelum membuat atau menghubungi jasa desain logo dan menentukan warna, kita harus tahu apa yang ingin kita jelaskan kepada konsumen.

Bahkan Ananto Pratikno, seornag ahli branding yang mengisi materi di Pesta Wirausaha sepekan lalu menjelaskan bahwa sebuah branding memiliki tahapan yang penting, yaitu:

– Awareness (popularitas)
– Knowledge (pengetahuan)
– Relevance (Sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pemilih)

Selain itu, sebuah branding harus melalui tahapan:

– Survey
– Treatment
– Evaluasi
– Brand Value

Bahkan beliau menjelaskan bahwa sebuah product itu tidak sepenting cerita yang akan kita sampaikan. Produk sebaik dan sesempurna apapun, tidak akan berarti di masyarakat ketika kita tidak mampu menjelaskan dan menceritakan manfaat dan keunggulannya kepada publik.

Salah satu cara untuk mempromosikan brand kita adalah dengan memperbanyak komunikasi dengan konsumen. “Stop thinking of campaign, and start thinking conversation”. Ciptakan percakapan dan tumbuhkan pengalaman. Semua orang harus tahu apa tujuan, value dan manfaat produk yang kita pasarkan.

Jadi, jangan abaikan betapa pentingnya sebuah arti dan makna yang ingin disampaikan kepada konsumen melalui brand. Logo, warna, dan bentuk, tapi lebih tentang arti, makna dan manfaat untuk orang lain.

Baca juga:

Jangan Lakukan ini Ketika Membuat Konten Branding

Personal Branding Melalui Blog

Menghidupkan Kembali Citra Perusahaan dengan Brand


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *