Start A Business

Buat Kamu yang Mau Jadi Entrepreneur Online, Ini Dia Tantangannya

 
  • 41
    Shares

   

Hampir setahun belakangan ini bisnis online sudah jadi hal yang luar biasa di masyarakat. Berbisnis hanya dengan bermodal minim, cukup memiliki handphone dengan koneksi internet, memiliki barang dan kita sudah bisa menjadi entrepreneur. Entrepreneur online memang banyak dilirik dan menjadi daya tarik tersendiri. Bukan hanya mereka yang pernah berbisnis sebelumnya yang menjadi entrepreneur online, tapi bahkan anak sekolah sampai mahasiswa juga sudah banyak yang merintis bisnis online mereka sendiri. Tapi semudah dan sebanyak apapun keuntungan yang akan didapat nantinya, kamu juga pasti akan mendapatkan banyak tantangan di awal kamu memutuskan untuk menjalani bisnis online ini.

1. Kamu harus tahu trend yang ada sekarang

Sama seperti bisnis pada umumnya, kamu juga bisa menjalankan sebuah toko dengan menjual banyak barang. Tapi apa itu efektif dan menguntungkan lebih? Belum tentu. Kamu harus tahu trend seperti apa yang sekarang ada di masyarakat. Kamu harus mau dan terus mengikuti trend agar bisa terus menjadi yang dinanti pelanggan. Sebelum itu kamu harus tahu siapa pelanggan yang mau kamu targetkan. Siapa mereka, usia berapa mereka, tinggal dimana mereka, sampai apa status mereka. Jika semua sudah kamu ketahui, dengan mudah kamu akan mencocokkannya dengan trend yang akan kamu masukan dalam bisnis online.

Baca juga: [7 Cara Menggunakan Google Trends untuk Menciptakan Konten Bisnis]

2. Punya website toko online itu bukan hanya sekedar keharusan

Banyak orang yang meremehkan kegunaan website toko online, mulai dari karena harganya yang mahal, susah memanagenya, proses yang panjang dan lain sebagainya. Tapi pernahkah kamu sadar, kalau website toko online justru membantu kamu dalam banyak hal. Bukan hanya membuat bisnis online kamu terlihat profesional dan terpercaya, tapi dari segi proses order juga lebih memudahkan. Kamu hanya tinggal menunggu data order masuk, mengirimkan dan menerima uangnya. Lain halnya jika kamu hanya mengandalkan sosial media atau melalui telepon/SMS saja. Itu akan membuang waktu yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk meningkatkans trategi pemasaran kamu.

Gunakan sosial media sebagai saranan promosi dan pendukung website toko online kamu. Jangan jadikan sosial media sebagai kiblat untuk bisa sukses di bisnis online. Gunakan juga layanan yang memang terpercaya. Layanan toko online yang bisa membantu kamu untuk bisa fokus menjadi seorang entrepreneur online. Dan memberikan kamu banyak kebebasan untuk berbisnis online.

Baca juga: [Tips Memilih Penyedia Layanan untuk Bisnis Anda]

Baca juga: [5 Tips Sederhana Memilih Jasa Pembuatan Toko Online]

3. Dan kamu harus tahu apa yang pelanggan kamu inginkan

Memenuhi kebutuhan pelanggan memang kewajiban kita. Bahkan sebelum mereka meminta kita sudah harus menawarkan. Itulah yang diharapkan pelanggan terhadap kita. Tapi selain itu kita juga harus tahu apa yang diinginkan pelanggan, bukan hanya yang sekedar mereka butuhkan. Kita bisa mulai dengan meminta feedback kepada pelanggan online nantinya. Mencari tahu atau tune in dengan kebiasaan mereka di sosial media, dan juga berusaha menjadikan diri seperti pelanggan. Biasanya pelanggan akan sulit untuk mengatakan apa yang mereka inginkan, tapi itu bukan salah mereka. Karena justru kitalah yang harus tahu lebih dulu.

4. Kamu bahkan harus bersaing memperebutkan hati pelanggan

Bisnis online merupakan rana bisnis yang memiliki banyak pesaing, baik secara offline ataupun onlinenya. Ini jelas terjadi karena bisnis online menggunakan satu media yang dapat digunakan oleh siapapun dibelahan dunia manapun. Itu sebabnya sebagai pemilik bisnis online kita harus tahu bagaimana cara memperebutkan pelanggan dari pesaing. Tentu saja dengan cara yang sehat dan tidak saling menjatuhkan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan atau menunjukkan apa keunikan kita dibanding pesaing. Kita harus tahu apa yang membuat pelanggan tertarik datang ke pesaing kita, dan mencari apa yang membedakan dia dengan kita. Jika sudah dapat, maka segeralah tunjukkan apa yang membedakan kalian.

Keunikan setiap bisnis akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Bukan tidak mungkin dengan cara yang sehat kamu akan mendapatkan lebih banyak pelanggan, bahkan dengan produk yang sama.

5. Kamu juga harus tahu cara mempertahankan mereka

Setelah kamu berhasil menggaet pelanggan dengan baik, tantangan selanjutnya adalah bagaimana kamu bisa mempertahankan mereka? Itu yang harus kamu cari tahu. Kita tentu ingin memiliki bisnis yang awet sampai lama, memiliki banyak pelanggan dan dikenal sampai ke seluruh penjuru dunia. Pelanggan adalah kunci sukses dari impian itu. Mempertahankan mereka jauh lebih sulit daripada hanya mencari dan membuat mereka datang. Sekali mereka datang, kita harus memberikan alasan mengapa mereka harus datang lagi. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan pelayanan pelanggan yang optimal, memberikan apa yang mereka harapkan, seperti diskon atau voucher belanja dan lain sebagainya. Buat mereka senang dan bahkan mau merekomendasikan bisnis kamu ke orang lain.

6. Sampai kamu harus menggunakan teknologi canggih agar tetap bertahan

Salah satu infrastruktur yang dibutuhkan bisnis online adalah teknologi yang canggih. Canggih disini adalah teknologi yang tidak banyak merugikan baik secara finansial maupun secara tenaga kerjanya. Kita memang harus berhati – hati dan teliti dalam memilih layanan yang menyediakan kebutuhan teknologi akan bisnis online. Seperti halnya website toko online, hosting, domain dan juga security seperti SSLnya. Banyak sekali referensi di internet akan hal ini, tapi tidak semua benar – benar membuktikan janji yang dimiliki. Pilihlah layanan yang memang khusus disediakan untuk para pebisnis online. Mengapa demikian? Karena jika sudah begitu, kita tidak perlu repot – repot untuk mengurus urusan teknis dan tetap fokus mengembangkan bisnis online dari sisi marketing dan salesnya.

Baca juga: [Tips Memilih Layanan Dedicated Hosting untuk Website Premium]

7. Merekrut dan memiliki tenaga bantuan berbakat juga tantangan

Kamu pasti ingin bisnis online ini berkembang dengan besar, sampai kamu memutuskan untuk merekrut karyawan untuk membantu bisnis online ini. Ini juga tantangan, bagaimana kamu mendapatkan tenaga bantuan yang berbakat, jujur, tekun dan lain sebagainya. Kamu juga harus menyesuaikan dan beradaptasi dengan adanya orang baru. Merekrut karyawan itu tidak semudah yang kita fikirkan. Karakter dan visi juga harus disesuaikan. Kalau tidak bisa – bisa bisnis online ini hanya berjalan tidak pada arah yang sama. Termasuk juga mengelola SDM nantinya adalah tantangan yang harus kamu persiapkan.

8. Belajar bersosialisasi dengan banyak orang itu harus lo

Sekalipun hanya berjualan via online dan jarang bertemu pelanggan secara langsung, tapi bersosialisasi dengan mereka itu kewajiban kamu lo. Kalau ingin dekat dengan mereka jangan ragu untuk buat sebuah grup yang berisikan pelanggan – pelanggan bisnis online kamu. Kamu juga harus tahu bagaimana bersosialisasi dengan sesama pemilik bisnis online. Belajar dari mereka dan saling berkolaborasi juga harus dilakukan. Bisnis online bukan berarti kamu bisnis secara individualis. Kamu bisa mendapatkan banyak teman dari itu.

Nah, gimana? Sudah siap untuk menghadapi tantangan ini? Bisnis online memang mudah kalau kita tahu cara menjalankannya :)

Baca juga:

Tantangan Bagi UKM Dalam Mengelola SDM

5 Jenis Tantangan Umum Dalam Memulai Bisnis Startup

6 Tantangan Ketika Berpromosi di New Media

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 41
    Shares

Artikel Terkait

1 komentar

  • 1 December 2014 - pukul 0:40

    banyak juga tantangannya y, makasih sharenya

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *