Running A Business

Cara Bisnis Anda Sukses di Facebook dan Twitter

 

   

SMO (Social Media Optimization) adalah salah satu checklist yang penting untuk dilakukan oleh bisnis anda. Apalagi di masa kini. Social Media seperti galaksi yang baru terbentuk di mana di dalamnya berisi jajaran planet-planet (Facebook, Twitter, Google+, dlsb) yang telah dihuni oleh jutaan akun yang ‘lapar’ akan informasi. Bayangkan jika bisnis anda bisa masuk di sini. Jadi, mari lakukan sekarang juga. Berikut beberapa trik social media yang dapat anda gunakan.

Trik Untuk Survive di Facebook

1. Gunakan model akun pribadi untuk akun personal dan model Fans Page untuk bisnis anda. Tarik sebanyak mungkin sahabat di akun personal anda, dengan demikian anda akan punya banyak jaringan. Jika sahabat anda sudah terkumpul banyak, minta mereka untuk Like Facebook Page anda.

2. Mengelola Fans Page.

Memelihata Fans Page sama halnya seperti anda diberi sebuah pot yang berisi biji bunga mawar di dalamnya. Anda harus rajin memupuk dan menyiraminya setiap hari. Terlalu banyak pupuk, dan terlalu banyak air tidak baik bagi biji bunga mawar anda.

Begitu pula dengan Fans Page. Anda harus rutin update informasi di dalamnya. Informasi-informasi ini tidak boleh monoton. Anda tidak boleh update tentang promo atau produk anda saja. Anda bisa lebih informatif lagi dengan update status jenis lain seperti konsultasi, tips trik, breaking news, hingga foto lucu ala 9gag. Namun ingat, komposisinya harus pas.

3. Fans Page punya fitur statistik. Misalnya berapa total view status yang anda buat. Dia bahkan bisa menunjukkan demografi dari likers Facebook anda. Di sini, status yang harus anda buat bisa lebih terukur.

Kata @dantonp, ada pergeseran demografi pengguna aktif Facebook saat ini. Yaitu usia antara 12 – 19 tahun, dan 40 tahun ke atas. Sedangkan usia 20-39 tahun adalah usia jenuh terhadap Facebook. Anda bisa tebak kenapa?

4. Makanya, penting sekali untuk regenerasi likers Facebook. Karena likers anda setahun yang lalu, belum tentu mereka aktif hari ini. Bisa jadi mereka jatuh ke kategori golongan jenuh.

Trik Survive di Twitter

Jika Anda belum punya akun Twitter untuk bisnis, maka sekarang juga daftarkan akun Anda. Karena username Twitter sama halnya seperti nama domain. Yaitu siapa cepat, dia dapat yang bagus. Sedangkan jika anda sudah punya akun Twitter untuk bisnis, maka sekarang saatnya membangun jaringan teman yang banyak. Semakin banyak follower semakin bagus. Kalau Anda kesulitan memperoleh follower banyak, Anda bisa menggunakan beberapa cara:

1. Follow sebanyak mungkin akun (lebih dari seribu), dan minta Follback. Anda mungkin akan menyadari bahwa semakin besar jumlah Following anda, maka semakin sesak halaman muka anda dengan informasi-informasi yang tidak begitu penting (beberapa remaja bahkan seringkali update mengenai curhatan dan kegalauan mereka). Di sini yang perlu anda tanamkan adalah mindset bahwa ada bedanya antara ‘perlu mendengar’ dan ‘perlu didengar’. Akun bisnis saya rasa jatuh di kategori ‘perlu didengar’.

Semakin banyak Follower, maka semakin mudah pesan anda didengar. Semakin banyak Following, artinya semakin banyak informasi yang akan anda dengar.

Jika anda gunakan trik ini, jangan sampai anda Unfollow setelahnya. Mengingat kredibilitas akun andalah yang dipertaruhkan di sini. Anda harus hati-hati bahwa kebencian mampu menyebar dengan cepat di Twitter. Apabila anda merasa ‘perlu mendengar’, maka buat saja akun pribadi yang khusus Follow akun yang anda anggap anda ingin dengar pendapatnya saja.

2. Gunakan jasa khusus Twitter Booster. Salah satu yang saya rasa cukup terpercaya adalah woroworo.com

3. Setelah Twitter anda telah terkumpul sekian banyak Follower, sekarang saatnya untuk RUTIN membuat tweet-tweet segar tentang tips-tips singkat  dan jokes yang berkaitan dengan produk Anda. Kemudian sertakan pula link ke website Anda.

Kebencian memang mampu menyebar dengan cepat di Twitter. Namun Cinta dapat menyebar dengan lebih cepat.

Trik Survive di Google+

Saat ini saya belum menemukan rumusan yang tepat untuk Google+. Mungkin karena hal ini didasari pada fakta bahwa saya bukan pengguna aktif Google+. Padahal secara teoretis, Google+ punya pengaruh yang luar biasa. Di antaranya:

1. Google+ Your World.

Yaitu fitur terbaru yang diintegrasikan dengan hasil pencarian Google. Search kini bisa lebih terarah. Misalnya anda punya akun Google+ dengan circle-circle berupa sahabat anda. Jika anda search “John Smith” di Google (ada sejuta orang di Amerika dengan nama John Smith). Maka yang akan ditampilkan pertama kali adalah halaman John Smith yang punya paling banyak kaitan dengan circle-circle anda.

2. Google Authorship.

Mungkin ketika melakukan pencarian Google, anda seringkali menemukan foto penulis yang dipampang di samping hasil pencarian. Nah, inilah yang disebut tentang Google Authoship. Selengkapnya telah kami tulis di sini: Menampilkan Foto Penulis di Halaman Pencarian Google. Namun yang jelas, syarat utama untuk melakukan Google Authoship adalah memiliki akun Google+.

3. Google+ Local

“Local” merupakan salah satu fitur yang terdapat di dalam Google+. Melalui fitur ini, user  Google+ bisa saling berbagi rekomendasi mengenai tempat-tempat paling populer yang pernah mereka kunjungi. Rekomendasi – rekomendasi ini akan ditampilkan apabila Anda klik menu “Local” di dalam Google+. Selengkapnya ada di sini: Bagaimana Google+ Local Membantu Bisnis Anda.

4. Integrasi semua produk Google.

Jika anda punya GMAIL, maka sekarang juga anda sudah bisa langsung membuat akun Google+, akun Youtube, Google Drive, dan berbagai produk Google lainnya.

Anda punya pengalaman lain dalam memanfaatkan social media? Mari bagikan di kolom komentar.


Artikel Terkait

5 komentar

  • 27 May 2013 - pukul 14:12

    thanks share nya sob

  • 9 April 2014 - pukul 6:24

    Promosi dengan menggunakan sosial media memang sangat berguna untuk meningkatkan traffik web toko online kita, namun memang harus dilakukan dengan cara rutin.

    • Administrator
      10 April 2014 - pukul 6:05

      Benar sekali. Karena setiap harinya sosial media memiliki pengunjung dan perkembangan yang terus berbeda :) Semangat

  • 5 April 2015 - pukul 16:52

    Bermanfaat sekali terima kasih,

  • 5 April 2015 - pukul 16:53

    Bermanfaat sekali terima kasih

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *