Technology

Cara Install Streak untuk Manajemen Data Customer di GMAIL Anda

 

   

Jika anda punya sekitar kurang dari 100 email customer berlangganan, maka lebih baik sejak dini anda mulai melakukan kegiatan yang akan sangat berharga bagi anda di masa depan. Yakni pengolahan data customer. Di sini, ada satu alat CRM (Customer Relationship Management) yang dapat anda manfaatkan untuk pengolahan data sederhana.

Namanya Streak (situs resmi). Yaitu salah satu addon Google Chrome yang dapat diintegrasikan ke dalam akun GMAIL anda untuk mengatur sejumlah aktivitas CRM seperti:

  • Manajemen hubungan pelanggan (CRM)
  • Penjadwalan email
  • Mengatur strategi penjualan
  • Mengatur data keuangan
  • Melacak kelemahan system (bug)
  • Rencana event atau liburan
  • Mengatur arus kas keuangan

Marketing akan sangat membutuhkan Streak karena dia dapat melacak semua transaksi, langsung dari inbox. Selain itu, dia juga dapat membaca arus email untuk mendapatkan sejumlah konteks / data dibutuhkan dalam satu tempat. Salah satu fitur favorit Streak adalah kita bisa menulis e-mail sekarang dan dijadwalkan untuk dikirim pada waktu tertentu (email scheduling).  Cara instalasinya sangat mudah sekali.

1. Kunjungi website resmi Streak disini:  http://www.streak.com/ dengan Google Chrome anda, kemudian klik “Install Streak”.

crm-streak-1

2. Maka akan muncul sebuah pop up konfirmasi untuk menambahkan Addon ini pada Google Chrome Anda. Silahkan klik “Add”.

crm-streak-2

3. Selanjutnya akan secara otomatis terbuka sebuah jendela baru menuju account Gmail Anda. Silahkan login dulu, kemudian ikuti step by step panduannya. Mulai dari lokasi tombol, sampai kegunaan tiap-tiap fungsinya akan dipandu dengan mudah. Anda tinggal baca dan klik “Next” jika sudah mengerti.

4. Setelah itu kita bisa langsung praktek menggunakan STREAK. Kita benar-benar dimudahkan dalam menggunakan fasilitas Google. Jika kesulitan, ada STREAK ASSIST yang akan menemani kita di sebelah pojok kanan bawah jendela Gmail.

crm-streak-3

Saya ingin menuliskan satu per satu cara untuk penggunaannya disini. Tetapi saya rasa Anda akan lebih mudah mengerti fiturnya dengan menjelajahi secara langsung. Selamat mencoba ;-)

FYI, jika customer anda sudah mencapai lebih dari 100, maka saya sangat menyarankan anda mulai menggunakan Mailchimp.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *