Technology

Cara Membuat Visitor Hit Counter dengan cPanel

 

   

Nah pemilik website, siang ini mari menghias website anda. Salah satunya adalah dengan menampilkan counter visitor di halaman muka. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

1-counter-stat

Di dalam cPanel anda, sudah ada menu yang bisa anda manfaatkan untuk membuat sejumlah fungsi website, seperti buku tamu, dan counter. Namanya adalah CGI Center. Termasuk anda, mungkin hanya sedikit sekali orang yang memperhatikan keberadaan menu ini.

Kali ini kita akan praktekkan CGI Center untuk membuat counter visitor website:

1. Silakan login ke cPanel anda.

2-counter-stat

2. Pilih menu CGI Center:

3-counter-stat

3. Banyak fungsi yang bisa kita gunakan (akan kita bahas di kesempatan lain). Untuk saat ini, kita pilih menu Counter.

4-counter-stat

4. Akan muncul banyak setting untuk custom tampilan counter kita sebagai berikut. Mulai dari warna, penampilan jumlah digit, hingga ketebalan frame yang bisa kita atur sesuai keinginan kita.

5-counter-stat

5. Apabila semua setting counter sudah kita isikan sesuai keinginan, maka klik tombol html untuk mendapatkan code untuk counter tersebut.

6-counter-stat

6. Setelah mendapatkan script/code untuk counter tersebut, kita bisa meletakkan script tersebut di website kita untuk menampilkan program counternya. Berikut langkah untuk aplikasi script counter tersebut pada WordPress. Silakan Login ke wp-admin anda.

7-counter-stat

7. Masuk ke  menu Appereance > Widgets. Kemudian tambahkan  column untuk text ke sidebar anda dan isikan dengan script counter yang sudah kita dapatkan tadi.

8-counter-stat

8. Kemudian save dan cek halaman depan website anda. Selesai, silakan cek halaman muka website anda. Selamat mencoba.


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *