Interviews

Cerita Bisnis dari Founder SolusiHardware.com, Startup Penyedia Sparepart Elektronik

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263
  • 1
    Share

   

Tiyo Avianto adalah founder SolusiHardware.com, sebuah Startup e-commerce yang fokus di penjualan sparepart elektronik. Saya sering ngobrol dengan Tiyo di beberapa gathering Startup. Dia punya pengamatan yang tajam tentang bisnis dan perkembangan Startup di Indonesia. Maka di suatu kesempatan, Tiyo bersedia untuk sharing pengalamannya mendirikan SolusiHardware.com.

Halo mas Tiyo, bisa ceritakan sedikit tentang latar belakang berdirinya SolusiHardware.com?

Awal berdiri SolusiHardware.com adalah sebagai solusi dari semakin maraknya limbah elektronik. Seringkali kita membuang hardware, device, handphone, tablet yang kita anggap rusak. Ketika mereka tidak bisa diperbaiki dan tidak ada service center yang mendukung, maka dia akan langsung dibuang begitu saja. Padahal yang rusak hanya sparepart tertentu saja, sparepart yang lain masih bagus. Hal inilah yang kemudian mendasari ide SolusiHardware.com sebagai ecommerce yang berfokus pada penjualan sparepart. Sparepart yang kami sediakan adalah sparepart electronical appliance.

Apa yang ingin diwujudkan dari SolusiHardware.com?

Limbah elektronik datangnya dari 2 faktor. Yang pertama adalah sparepart yang tidak tersedia sehingga tidak bisa diperbaiki kembali. Dan yang kedua adalah karena pemahaman yang kurang dari penggunanya. Dari 2 faktor inilah, kita ingin memunculkan sebuah e-commerce yang bukan hanya sediakan sparepart, tapi juga kasih tips-tips praktis yang bisa diakses secara gratis kepada pengguna tentang bagaimana melakukan reparasi hardware.

Kenapa pilih model bisnis e-commerce?

Salah satu layanan digital yang paling diminati Venture Capital adalah e-commerce. Kenapa? Karena “penjualan” sudah terbukti ketangguhannya. Bisnis dalam bentuk e-commerce tidak gampang mati seperti startup digital lain kecuali games. Saya rasa games saat ini masih jadi trending. Tapi kecenderungan sebuah tren adalah sewaktu-waktu akan berubah. Sedangkan yang namanya e-commerce atau penjualan, akan sustain lebih lama. Hal inilah yang mendasari kenapa saya bikin perusahaan berbasis ecommerce.

Pengalaman selama berdiri?

SolusiHardware.com baru launching Januari 2012. Ini adalah bisnis kedua saya yang dalam 1 tahun lebih banyak mendapat apresiasi dari sisi awarding dan penghargaan. Revenue juga lebih cepat dibanding bisnis pertama saya. Meskipun saat ini status SolusiHardware.com baru prototype, kita sudah bisa menghasilkan profit. Penghasilan kita sampai saat ini sekitar 45 juta dari penjualan sparepart secara offline, online, dan  repeat order.

Penghargaan apa saja yang telah diterima?

Kita sempat masuk ke beberapa awarding. Yang pertama dari kementrian Koperasi dan UMKM, kebetulan kita masuk di tenant incubator mereka bekerjasama dengan ITS. Kemudian yang kedua, kita masuk ke INAICTA (Indonesia ICT Awards) 2013 di kategori e-commerce. Selain itu, kita juga akan jajaki pula untuk beberapa awarding yang lain.

Kenapa sepertinya rajin sekali masuk ke awarding?

Awarding hanya salah satu dari cara kita untuk validasi ide. Dari awarding, kita ingin pastikan bahwa ide awal dan ceruk market dari SolusiHardware sudah pas. Jadi ketika kita meluncurkan prototype, kita tidak akan terkendala dengan masalah apakah produk yang akan kita jual itu ada marketnya atau tidak. Bukan margin penjualan barang yang saya harapkan dari SolusiHardware. Justru setiap barangnya kita hanya ambil margin kecil sekali. Tapi pengalaman-pengalaman networking-lah yang saya harap dapat terbentuk dengan lebih cepat melalui serangkaian proses pitching dan awarding.

Apa yang diharapkan dari serangkaian proses pitching dan awarding? 

Awarding dan penghargaan penting bagi kita karena kita ingin validasi ide dulu. Apakah ide kita ini nantinya akan diterima masyarakat. Daripada kalau survey ke market secara langsung, otomatis kita butuh budget besar. Maka sekalian saja ciptakan bisnisnya, jalankan, dan sambil jalan kita coba masukkan ke beberapa awarding. Dari awarding ini, pasti ada saran-saran yang bisa kita ambil.

Intinya tentang validasi ide. Sampai sekarang, apa pengaruhnya di SolusiHardware.com?

Kalau dibilang pengaruhnya apa, saya belum bisa bilang. Karena dari sisi perusahaan, kita masih belum siap untuk menerima invest. SDM kita masih banyak di sisi teknikal, belum sampai di sisi finance dan accounting. Padahal posisi ini penting kalau kita ingin menerima invest dari Venture Capital. Jadi sampai sekarang, yang kita kejar bukanlah funding, melainkan networking. Paling tidak dari sini, Venture Capital akan tahu kalau SolusiHardware.com adalah sebuah platform yang suatu saat nanti bisa mereka invest, tapi tidak sekarang. Makanya dimanapun ada kesempatan pitching pada Venture Capital, saya akan langsung ambil. Kita ingin cari networking dulu.

Terus terang saya memang sering menjumpai Anda ketika ada acara pitching ke Venture Capital. Boleh dong bagi-bagi cerita pengalaman mas Tiyo ketika pitching ke investor?

Yang menarik dari pitching adalah bagaimana usaha kita selama 1 tahun bikin prototype, MVP, launching dengan platform yang sudah jadi, hanya ditentukan dalam waktu 3 menit. Venture Capital menilai pekerjaan kita selama 1 tahun hanya dalam waktu 3 menit kita pitching pada mereka. Itulah tantangan dari proses pitching :-)

Apa tips pitching yang dapat Anda bagikan?

Pitching ke Venture Capital, supplier, dan beberapa distributor langsung, sebenarnya yang kita butuhkan hanya jam terbang saja. Tapi jika kita bisa meyakinkan mereka, maka effort ini akan tergantikan. Misalnya kalau saat ini kita butuh modal sebesar 1 milyar, jika dalam waktu 3 menit kita bisa meyakinkan Venture Capital, maka 1 milyar ini pasti bisa kita pegang.

Sejak tadi Anda mengungkit tentang prototype. Seperti apa bentuk prototype dalam SolusiHardware.com?

Website SolusiHardware.com sudah bisa diakses dan sudah bisa beli. Namun tidak semua fitur kita lempar ke market. Karena tidak semua ide yang menurut kita bagus akan diterima masyarakat. Salah satunya kita tidak ingin berfokus pada penjualan device, karena marginnya terlalu sempit dan kompetitor terlalu tinggi. Misalnya ketika jualan device utuh seperti handphone dengan harga dasar 1,2 juta, kita hanya bisa jual dengan harga sekitar 1,3. Marginnya cuma 100 ribu. Tapi ketika kita jual sparepart, keuntungan kecil-kecil bisa lebih banyak menghasilkan. Belum lagi kalau kita punya kemampuan reparasi. Itulah kenapa bisnis reparasi handphone bisa ambil keuntungannya berlipat-lipat. Akhirnya kita pivot (memutar) model bisnis kita ke arah sparepart sekitar bulan Maret kemarin.

“Enaknya Startup adalah kelincahan. Kita bisa pivot dengan cepat ketika ada yang kurang tepat.”

Dan inilah yang kemudian jadi salah satu keunikan SolusiHardware.com. Ketika user bisa perbaiki device sendiri dan bisa beli sparepartnya sendiri, maka user tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak. Dan paling tidak kita bisa sedikit berkontribusi pada pengurangan limbah elektronik.

Jadi yang ingin diwujudkan SolusiHardware.com adalah masyarakat mandiri yang mampu memperbaiki sendiri device mereka. Upaya apa yang sampai sekarang sudah/akan dilakukan SolusiHardware.com untuk mewujudkannya?

Kita akan sediakan sebuah platform di mana teman-teman SMA/SMK, service center, pecinta hardware, komunitas hardware seperti blackberry community, atau teman-teman lain yang ingin perbaiki hardware secara mandiri bisa berbagi tentang cara-cara melakukan repairing, bagaimana melakukan teardown, service, maintenance, dan tips-tips seperti bagaimana caranya switching komponen kalau handphone mereka rusak, dan lain sebagainya. Platform ini nantinya akan free sebagai wujud apresiasi kita sekaligus jadi nilai tambah yang bisa diberikan Solusi Hardware untuk memberikan manfaat lebih buat orang lain, tidak hanya di sisi penjualan. Platform ini sudah ada, namun kita baru akan relaunching nanti di akhir 2013 ketika persiapan kita sudah fix semua. Kita pastikan SolusiHardware.com akan jadi platform e-commerce berbasis konten terbaik di Indonesia.

Berarti kalau saya tangkap, arahnya SolusiHardware.com adalah e-commerce berbasis konten. Dari mana Anda bisa dapat sumber inspirasi model bisnis seperti ini?

Model bisnis seperti ini sudah banyak di Amerika Serikat. Di sana, sudah ada banyak sekali success story di mana artinya model ini bisa sustain di Amerika. Ketika Amerika Serikat bisa menerimanya, maka pola yang ada adalah sekitar 5-10 tahun lagi, model ini bisa sustain pula di Indonesia. Kita ambil saja marketplace sebagai contoh. Awalnya dari Amerika. Kemudian di Indonesia muncul Tokobagus, Berniaga, dan banyak lagi lainnya.

Tantangan selama berdirinya SolusiHardware.com, dan bagaimana anda mengatasinya?

Ketika kita ingin fokus di Enterpreneur, pasti kita akan berhadapan dengan banyak batu rintangan, gejolak, dan hambatan lainnya. Tantangan terbesar SolusiHardware.com adalah ketika launching, otomatis kita butuh banyak supplier. Tetapi ketika kita pitch ke 10 supplier, hanya 2 supplier yang mau support kita. Meski demikian, alhamdulillah dari 2 vendor ini sudah bisa menghasilkan sekitar 1600 item produk yang bisa dibeli. Memang dari sisi branding, SolusiHardware masih belum terlalu banyak dikenal oleh para supplier. Tapi ketika kami sudah memiliki platform yang lebih baik, dan proses pembelian yang juga sudah lebih baik saya yakin masalah ini bisa diatasi.

Pencapaian terbesar SolusiHardware.com di luar Awarding?

Saat ini kita akan relaunching dulu. Tapi kita sudah punya market, sudah ada orang-orang yang mau pakai. Kemudian kita juga telah validasi ide, tidak hanya di market saja, melainkan juga ke beberapa Venture Capital. Investor bisa membaca market lebih dalam daripada kita. Dan alhamdulillah, ketika kita lempar ide kita pada mereka, beberapa Venture Capital mengakui ide kita. Pengakuan inilah yang menurut saya jadi pencapaian terbesar SolusiHardware.com.

Tips terbaik yang bisa diberikan mas Tiyo kepada para Enterpreneur yang saat ini sedang berjuang dengan bisnis mereka?

Tidak semua bisnis online itu bisa langsung menghasilkan. Misalnya di SolusiHardware.com pun, karena kita ingin SolusiHardware.com bisa bertahan lama, maka kita validasi idenya sampai 1 tahun. Jadi, bagi teman-teman enterpreneur yang saat ini sedang berusaha mengembangkan bisnisnya, saya harap kalian bisa sabar. Penetrasi pengguna internet itu semakin meningkat, hampir 20% setiap tahun. Dan itu adalah harta karun buat kita kalau kita mau totalitas di bisnis digital.

Terimakasih mas Tiyo sudah mau berbagi dengan Mebiso. Semoga SolusiHardware.com jadi platform e-commerce berbasis konten terbaik di Indonesia. :-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *