Running A Business

Developer Wajib Tahu Fakta Masa Depan Internet dan Mobile ini!

 
  • 4
    Shares

   

Pernahkah terbayangkan teknologi apa saja yang akan booming dalam 2 tahun mendatang? 6 tahun mendatang? Atau bahkah 10 tahun mendatang? Seberapa banyak sih perkembangan yang akan terjadi di dunia internet dan mobile? Apa saja kebutuhan pelanggan terkait perkembangan internet dan mobile? Hal-hal semacam ini lah yang harus diantisipasi oleh seorang developer, seorang programmer atau bahkan seorang pebisnis untuk tetap berkompetisi di bisnis ini.

Berbicara mengenai fakta adalah berbicara mengenai data yang ada saat ini. Keuntungan membaca sebuah data adalah mampu mengetahui pola tersembunyi yang terjadi di masayarakat, trend pasar yang sedang terjadi yang akan berguna bagi keberlangsungan bisnis. Fakta mengenai internet dan masa depan diantara nya adalah.

328 juta hal terhubung dengan internet setiap bulannya

Semua hal terkoneksi dengan internet

Semua hal terkoneksi dengan internet via bintang.com

 

Saat ini hampir segala sesuatunya berhubungan dengan internet. Coba kita telaah lagi, hampir segala aktifitas dapat kita jangkau dengan internet.

Di tahun 2022, sebuah rumah akan memiliki 500 perangkat pintar

sebuah rumah akan memiliki 500 perangkat pintar

Sebuah rumah akan memiliki 500 perangkat pintar via risyaseptiani6.wordpress.com

Perkembangan teknologi saat ini memang sangatlah cepat. Jadi memang tidak diragukan jika 6 tahun mendatang kita mendapati bahwa di setiap rumah akan diisi berbagai perangkat pintar. Waw bukan?

Sebanyak 71% responden mengatakan bahwa sebuah teknologi yang mereka gunakan mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran

Sebuah teknologi yang mereka gunakan mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran

Sebuah teknologi yang mereka gunakan mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran via larahudson.com

Faktanya nih, perkembangan teknologi yang ada selama ini mampu meringankan pekerjaan yang ada, selain itu teknologi di bidang kesehatan berhasil meningkatkan kesehatan dan kebugaran penggunanya.

Hampir 72% pemilik rumah menginginkan sistem yang dapat mengatur sendiri, termostat dan pintu yang dapat di atur dari jarak jauh

Internet of things: Pemilik rumah menginginkan sistem yang dapat mengatur sendiri, termostat dan pintu yang dapat di atur dari jarak jauh

Internet of things: Pemilik rumah menginginkan sistem yang dapat mengatur sendiri, termostat dan pintu yang dapat di atur dari jarak jauh via theguardian.com

Semakin berkembangnya suatu zaman, tentu semakin meningkat pula kebutuhan penggunanya. Hal ini terjadi bukan hanya di kalangan perusahaan besar namun sampai ke kalangan perorangan. Contohnya, telah banyak rumah yang memiliki sistem keamanan dan bisa di atur melalui sebuah alat pengendali jarak jauh. So? Kesempatan untuk membuat berbagai aplikasi sejenis semakin terbuka lebar bukan?

Tahun 2025 setiap kendaraan akan terkoneksi

Connected car: Setiap kendaraan akan terkoneksi

Connected car: Setiap kendaraan akan terkoneksi via liceocuneo.it

Fantastis, mengapa? Diperkirakan di tahun tersebut setiap kendaraan yang ada akan terkoneksi dengan internet. Kalau saat ini? Mungkin bisa kita lihat commuter line, selain itu saat ini telah ada mobil yang mampu beroperasi tanpa awak. Jadi bukan tidak mungkin jika di tahun 2025, setiap kendaraan akan terkoneksi dengan internet menjadi nyata.

Di tahun 2018, hampir setengah dari perangkat akan digunakan untuk bisnis

Setengah dari perangkat akan digunakan untuk bisnis

Setengah dari perangkat akan digunakan untuk bisnis

Yah, di tahun 2016 ini saja bisa kita lihat bahwa telah banyak perangkat internet yang dibuat khusus untuk menunjang perkembangan bisnis lho.

Lampu jalan yang sudah terkoneksi akan mampu menghemat biaya energi hingga 80%

Smart street lamp

Smart street lamp 

Berbicara mengenai lampu jalan, saat ini jika pengelola telat mematikan ketika pagi hari maka bisa dibayangkan berapa banyak energi tersebut yang terbuang? Hal ini akan beda ceritanya jika lampu jalan tersebut terkoneksi dengan mobile internet. Dari manapun pengelola berada maka bisa langsung di setting lampu tersebut mati di jam tertentu. Praktis bukan? Selain itu kita mampu menghemat energi 80%. Wah ikut menghemat energi yang semakin terbatas bukankah semakin baik?

Suatu bentuk hiburan dapat di atur pada rumah pintar. Diperkiraan $56 milyar penjualan di tahun 2018

Smart home

Smart home via ecnmag.com

Bayangkan saja ketika setiap rumah memiliki aplikasi dan mampu di instal suatu hiburan tersendiri, tentunya akan banyak pemilik rumah yang tertarik untuk memilikinya. Dan yah, penjualan pun bisa di perkirakan sangat besar tentunya. Tertarik kah Anda? :)

Tahun 2020 sebanyak 100 juta lampu kamar dan lampu akan terkoneksi internet

Connected lamp

Connected lamp via fablifemag.wordpress.com

Tidak jauh berbeda dengan lampu jalan, pengaplikasian yang sama bisa juga di terapkan dengan lampu kamar dan lampu rumah biasa biasa lho.

Ternyata banyak sekali peluang bagi developer untuk membuat aplikasi yang berguna. Bukankah masa depan terlihat semakin cerah? Segala macam kebutuhan rumah tangga akan mulai beralih menggunakan internet dan aplikasi mobile. Dimana fakta ini akan sangat menguntungkan Anda yang saat ini bergelut di bidang Web Developer. Nah, bagi Anda yang notabene adalah developer atau bahkan ingin menjadi developer, 3 tools berikut ini akan memudahkan Anda membuat aplikasi mobile.

Sumber


  • 4
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *