Interviews

HijUp.com, Icon Toko Online Khusus Muslimah yang Dikenal Hingga Negeri Paman Sam

 
  • 1
    Share

HijUp.com merupakan salah satu toko online yang terbilang sukses diusianya yang masih sangat muda yaitu 2 tahun. Namun Diajeng Lestari(28) sang owner HijUp.com sendiri tidak membangun dan mengembangkan bisnis ini dengan mudah. HijUp.com juga menjadi salah satu toko online yang memanfaatkan digital marketing dengan sangat baik. Wanita lulusan Ilmu Politik, FISIP Universitas Indonesia ini selalu mencari cara membuat dan menyajikan konten – konten menarik di berbagai sosial media yang digunakannya untuk media promosi. Nah, beberapa waktu yang lalu tim Mebiso berhasil mewawancarai beliau. Dan bagaimana kisah sukses Ibu Ajeng ini, berikut ini ulasannya:

hijup.com

Halo Ibu Ajeng, Bisa diceritakan sedikit mengenai bisnis Hijup.com ini?

HijUp.com adalah sebuah e-commerce atau toko online yang menjual berbagai kebutuhan akan wanita yang berhijab dan aksesorisnya. Dengan konsep online mall, HijUp.com menyediakan berbagai macam produk terbaik karya designer fashion muslimah Indonesia. Selain baju, HijUp.com juga menyediakan berbagai macam pilihan produk dari berbagai macam brand lokal lainnya seperti tas, sepatu, aksesoris, buku, majalah, kosmetik, produk perawatan tubuh, dan lain sebagainya. Segala macam kebutuhan perempuan khususnya yang berhijab semua tersedia di HijUp.com.

Bagaimana Ibu memulai bisnis ini dan apa saja pengorbanan yang sudah pernah Ibu lakukan?

Saya memulai bisnis ini sekitar Tahun 2011. Pada saat pertama kali berdiri, hampir semua hal saya kerjakan sendiri, mulai dari membeli gantungan baju, menjadi stylist pada saat pemotretan, mengkoordinasi pemotretan, hingga dealing dengan tenant. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi itu.Tapi, diluar itu masih banyak tantangan yang saya alami seperti bagaimana caranya untuk meyakinkan calon tenant dengan ide perusahaan kami. Saat menawarkan jasa HijUp.com, tidak jarang ada yang mencibir kami dengan mengatakan bahwa nama perusahaan yang dianggap aneh sampai hasil foto yang jelek. Namun hal-hal tersebut saya anggap sebagai masukan yang berharga untuk mengembangkan HijUp.com menjadi lebih baik lagi.

Lalu, bagaimana denga latar belakang berdirinya bisnis Hijup.com ini?

Banyak dorongan yang melatar belakangi saya ketika mendirikan HijUp.com. Secara internal, saya ingin membuat muslimah berhijab untuk selalu merasa “UP”, percaya diri, dan merasa bahagia dengan penampilannya. Secara external, saya ingin mengubah wajah industri Islamic Fashion di Indonesia menjadi lebih baik, lebih sustainable, dan lebih bermanfaat. Atas latar belakang tersebut, saya mendirikan HijUp.com sebagai e-commerce yang menjadi platform untuk menjembatani pemilik brand busana muslim dengan pasar dan HijUp.com dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan brand – brand Islamic Fashion di Indonesia.

Ceritakan bagaimana Anda memasarkan bisnis Anda ini?

HijUp.com fokus pada digital marketing. Kami sangat memanfaatkan teknologi dan internet dalam kegiatan marketing kami. Biasanya kami membuat konten – konten yang menarik untuk materi promosi HijUp.com yang nantinya kami salurkan melalui blog, YouTube, dan social media kami.

Selain itu, kami juga membuat event-event untuk para muslimah di Indonesia agar mereka dapat lebih mengenal HijUp.com, dan kami juga dapat ikut ber-syi’ar dalam event tersebut. Karena HijUp.com tidak hanya menjual produk, kami juga menjunjung tinggi nilai – nilai moral dan ke-Islaman.

Sentuhan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis lain yang memiliki konsep serupa?

Desain dan kualitas foto yang HijUp.com tampilkan harus sangat bagus dan menarik. Selain itu, kami juga mengutamakan kepuasan konsumen. Kami menyediakan customer service yang reliable, fasilitas private shopping yang diperuntukkan bagi customer HijUp yang memiliki waktu terbatas agar mereka dapat membeli produk yang mereka mau melalui telepon, whatsapp, BBM, atau Line HijUp.com. Dari segi packaging, kami juga membuatnya semenarik mungkin agar pada saat barang diterima oleh customer, mereka merasakan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan.

Selama kurang lebih 2 tahun menjalani bisnis ini, Prestasi terbaik yang pernah diraih bisnis Anda ini? Dan pengalaman apa yang paling berkesan selama menjalankan bisnis ini?

Dalam dua tahun ini page view website HijUp.com meningkat hingga 3500 persen. Sedangkan jumlah kunjungan unik juga meningkat hingga 5000 persen. HijUp.com mencatat ada 40.000 lebih member terdaftar, 30 persen diantaranya adalah pelanggan dari luarnegeri, seperti Malaysia, Singapore, negara-negara Arab, Eropa, hingga Amerika. Dengan jumlah market Muslim global yang telah mencapai 1,8miliar, industri Islamic fashion diprediksi akan memberikan keuntungan yang sanga besar kedepannya. Dalam dua tahun terakhir ini saja, pertumbuhan transaksi di HijUp.com telah meningkat tajam hingga 2600 persen. Dari sisi social media, HijUp.com Youtube channel juga masuk dalam 10 besar channel Youtube di Indonesia. Dengan subscriber sebanyak104.766 orang.

Wah prestasi yang sangat luar biasa ya Bu untuk sebuah bisnis yang baru muncul. Lalu bagaimana Anda menilai ruang lingkup market yang sekarang?

Indonesia adalah market utama untuk busana muslim, kenapa? Karena Indonesia adalah Negara dengan populasi penduduk muslim terbesar di dunia, data dari McKinsey, tahun 2020, kelas menengah Indonesia mencapai 85 juta orang. Dengan daya beli yang meningkat kebutuhan untuk produk berkualitas pun meningkat, tidak terkecuali busana muslim.

Lalu tantangan dan kendala apa saja yang pernah Anda hadapi dan bagaimana Anda mengatasinya?

Tantangannya adalah pada tahun 2015 nanti Indonesia memasuki era pasar bebas ASEAN, artinya makin banyak persaingan dari negara – negara ASEAN, termasuk produk retail fashion. Jika brand Indonesia tidak mulai memperkuat posisinya maka akan menjadi ancaman bagi eksistensi brand Indonesia, termasuk dalam segmen busana muslim. Dan HijUp.com sendiri memiliki rencana kedepan yaitu membawa HijUp.com ke arah yang lebih besar.

Menurut Ibu, siapakah tokoh yang paling memotivasi Anda dalam menjalani bisnis ini dan Quote apa yang membuat Anda bersemangat dalam menjadi seorang enterpreneur?

Menurut saya yaitu Richard Branson dan B.J Habibie. Dan quote yang paling berkesan adalah “’Dengan memproduksi sendiri, kita membayar jam kerja rakyat sendiri, agar kita mampu mandiri. ” B.J Habibie

Dan untuk yang terakhir nih Bu, Saran terbaik apa yang dapat Anda berikan seputar dunia enterpreneur?

Saya ingin menyampaikan tips bisnis ala H.I.J.U.P, yaitu:

Honest

Innovative

Just Do It!

Unique

Pray

Wah, sangat memotivasi cerita yang Ibu sampaikan. Terimakasih atas kesempatannya berbagai bersama Mebiso dan pembaca sekalian. Semoga HijUp.com semakin dan selalu sukses ;-)

Mau bisnis Anda diliput juga oleh mediabisnisonline.com? Silahkan daftarkan bisnis Anda untuk liputan bisnis mediabisnisonline.com. Liputan ini GRATIS tanpa biaya apapun.

Dalam Artikel Ver 2

Ayo daftarkan bisnis Anda sekarang juga, siapa tahu Anda beruntung untuk mendapatkan pelangga baru, reseller, dropship atau bentuk partnership lainnya! Liputan ini terbatas!

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *