Leadership

Ini Alasan Kenapa Anda Membutuhkan Kecerdasan Emosional untuk Sukses

 

   

Tahukah Anda kecerdasan emosional bertangungjawab sebanyak 58% untuk meningkatkan kinerja dan membantu Anda meraih sukses di tempat kerja?

Ketika konsep kecerdasan emosional mulai diperkenalkan kepada publik, ia menempati tempat yang mudah diabaikan atau bahkan hilang dan dianggap sebagai temuan yang aneh. Orang – orang dengan IQ rata – rata mampu mengungguli sekitar 70% mereka dengan IQ tinggi. Anomali ini mematahkan anggapan orang bahwa satu – satunya yang membantu orang untuk sukses adalah jumlah atau ukuran IQ mereka. Dan dewasa ini setelah adanya penelitian yang menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sebagai salah satu faktor penting yang menentukan seseorang bisa meraih kesukesannya.

Tidak banyak dari kita yang ingat atau bahkan tahu bahwa kecerdasan emosional yang mempengaruhi bagaimana kita mengelola perilaku, menavigasi kompleksitas sosial dan membuat keputusan pribadi untuk meraih hasil yang positif. Kecerdasan emosional terdiri dari 4 keterampilan inti yang berpasangan di bawah 2 kompetensi utama, yaitu kompetensi personal dan kompetensi sosial.

14a3b63

Kompetensi pribadi terdiri dari kesadaran diri dan manajemen keterampilan pribadi Anda. Mereka lebih fokus kepada kita secara individual daripada interaksi Anda dengan orang lain. Kompetensi pribadi adalah kemampuan diri kita untuk tetap sadar terhadap emosi diri dan mengelola perilaku dan juga kecenderungan.

  • Kesadaran diri adalah kemampuan diri Anda untuk secara akurat memahami emosi Anda dan tetap sadar saat mereka muncul.
  • Manajemen diri adalah kemampuan diri Anda untuk menggunakan kesadaran emosi Anda untuk tetap fleksibel dan positif mengarahkan perilaku diri.

Kompetensi sosial terdiri dari kesadaran dan manajemen hubungan keterampilan sosial Anda. Kompetensi sosial adalah kemampuan Anda untuk memahami suasana hati orang lain, perilaku, dan motif untuk merespon secara efektif dan meningkatkan kualitas hubungan Anda.

  • Kesadaran sosial adalah kemampuan Anda untuk secara akurat menangkap emosi pada orang lain dan memahami apa yang sebenarnya terjadi.
  • Manajemen hubungan adalah kemampuan Anda untuk menggunakan kesadaran emosi dan emosi yang lain untuk mengelola interaksi dengan baik.

Tahukah Anda kecerdasan emosi, IQ dan kepribadian adalah hal yang berbeda?

Kecerdasan emosional merupakan elemen fundamental dari perilaku manusia yang berbeda dari kecerdasan kita. Tidak ada yang mengetahui hubungan antara IQ dan kecerdasan emosional. Anda tidak dapat memprediksi kecerdasan emosional berdasarkan seberapa pintar seseorang. Kecerdasan adalah kemampuan Anda untuk belajar.

Di sisi lain, kecerdasan emosional adalah satu set keterampilan yang juga fleksibel dapat diperoleh dan ditingkatkan dengan melakukan praktek. Meskipun beberapa orang secara alami lebih cerdas secara emosi daripada yang lainnya, Anda dapat mengembangkan kecerdasan emosional yang tinggi bahkan jika Anda tidak terlahir dengan itu.

0c1e91c

Kepribadian adalah bagian akhir dari pertanyaan tersebut. Kepribadian merupakan “gaya” yang mendefinisikan diri kita masing – masing. Kepribadian adalah hadil dari diri kita yang terprogram secara preferensi, seperti kecenderungan ke arah introvert atau ekstrovert. Namun, seperti IQ, kepribadian tidak dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk memprediksi kecerdasan emosional. Sama seperti IQ, kepribadian secara stabil akan melekat pada diri kita seumur hidup dan tidak akan berubah.

Kecerdasaran emosional membantu memprediksi dan meningkatkan kinerja

Tahukah Anda berapa banyak dampak dari kecerdasan emosional yang manusia miliki terhadap kesuksesan seseorang terhadap kinerja mereka saat bekerja? Jawaban singkatnya adalah BANYAK! karena ini adalah cara yang ampuh untuk dapat membantu kita memfokuskan diri dalam satu arah dengan hasil luar biasa yang kita inginkan. Beberapa penelitian sudah menguji kecerdasan emosional dengan 33 keterampilan kerja penting lainnya, dan menemukan bahwa kecerdasan emosional adalah prediktor terkuat kinerja. Mereka menjelaskan bahwa 58% keberhasilan seseorang berasal dari kecerdasan emosional yang berhasil mereka kelola dan kembangkan.

Kecerdasan emosional Anda adalah dasar untuk sejumlah keterampilan yang penting. Dampak itu yang paling penting dari semua yang kita lakukan dan katakan setiap harinya.

1bc45ec

Penelitian yang dilakukan oleh TalenSmart menemukan bahwa 90% dari karyawan dengan kinerja baik memiliki tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Di sisi lain hanya 20% dari karyawan yang memiliki kinerja kurang baik dengan tingkat kecerdasan emosi yang rendah. Anda bisa menjadi seorang karyawan berkinerja baik tanpa kecerdasan emosional, tapi kemungkinannya sangat tipis.

Tingkat kecerdasan emosional mempengaruhi seseorang di semua industri, di semua tingkatan dan di setiap wilayah di dunia. Kami belum bisa menemukan pekerjaan dimana kinerja dan gaji tidak terikat erat dengan kecerdasan emosional.

Lalu bagaimana kita dapat meningkatkan kecerdasan emosional?

Komunikasi antara emosional dan rasional Anda adalah sumber fisik kecerdasan emosional. Jalur untuk kecerdasan emosional dimulai di otak, di sumsum tulang belakang. Indra utama Anda masukkan di sini dan harus melakukan perjalanan ke depan otak Anda sebelum Anda dapat berpikir rasional tentang pengalaman Anda. Namun, awalnya mereka melakukan perjalanan melalui sistem limbik, tempat dimana emosi kita dihasilkan. Jadi, kita memiliki reaksi emosional terhadap peristiwa sebelum pikiran rasional kita mampu untuk terlibat. Kecerdasan emosional membutuhkan komunikasi yang efektif antara pusat – pusat rasional dan emosional otak kita.

04b87b9

Plastisitas adalah istilah seorang ahli saraf yang digunakan untuk menggambarkan kemampuan otak untuk berubah. Ketika Anda menemukan dan melatih keterampilan kecerdasan emosional yang baru. Miliaran neuron mikroskopis melapisi jalan antara pusat – pusat rasional dan emosional cabang otak kecil Anda untuk menjangkau sel – sel lain. Sebuah sel tunggal dapat tumbuh 15.000 koneksi dengan tetangganya. Reaksi berantai ini pertumbuhan memastikan lebih mudah untuk menendang perilaku baru dalam tindakan di masa depan.

Ketika Anda melatih otak dan kecerdasan emosional Anda berulang kali, otak Anda membangun jalur yang dibutuhkan untuk membuat mereka menjadi terbiasa. Tidak lama, Anda akan mulai untuk menanggapi lingkungan dengan kecerdasan emosional tanpa harus berpikir tentang hal itu. Dan seperti otak Anda yang memperkuat penggunaan perilaku, koneksi pendukung, perilaku destruktif lama akan mati saat Anda belajar untuk membatasi penggunaan mereka.

Itu sebabnya kecerdasan emosional sangat berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang dalam bekerja dimanapun dan dengan siapapun. :)

Sumber: Inc.com

Baca juga:

Penasaran Gimana Bisa Sukses Menghadapi Psikotes Kerja?

5 Tips Sukses Menjadi Orang yang Berpotensi dalam Pekerjaan

15 Aktivitas yang Membuat Anda Menjadi Pekerja Sukses


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *