Running A Business

Ini Dia Penjelasan Seputar REKBER dan Manfaatnya untuk Kita

 

Dalam bertransaksi online, sering kali kita mengalami ketakutan/was-was ketika akan melakukan transfer setiap kita melakukan pembelian barang. Apalagi melakukan pembelian ke penjual yang masih belum memiliki reputasi di dunia jual beli online. Untuk mengatasi hal tersebut banyak tips-tips berbelanja aman di internet. Salah satunya menggunakan jasa Rekber dalam bertransaksi.

Rekber adalah suatu instansi yang berperan sebagai perantara dalam terjadinya transaksi online. Sebenarnya rekber itu cuma istilah saja. Diluar negeri istilah ini dikenal dengan nama ESCROW SERVICE. Jadi jika berjualan online keluar negeri, pakenya istilah ini. Di Indonesia, istilahnya adalah REKBER.

Dalam hal ini, rekber berperan sebagai pihak ketiga dalam arah pergerakan uang antara pembeli dan penjual. Berarti, arah pergerakan uang yang semula dari pembeli langsung ke penjual kini diperantarai oleh rekber, agar penjual tidak langsung menerima uang dari pembeli. Setelah produk diterima dan disetujui oleh si pembeli, maka rekber yang akan mengirimkan uangnya ke penjual.

Namun penggunaan jasa rekber ini hanya untuk website-website tertentu saja sesuai ketentuan yang diberikan oleh penjual barang. Dan beberapa jasa rekber yang sudah terkenal di Indonesia seperti:

https://www.inapay.com/

www.jasarekber.com/

https://rekberblackpanda.com/ dll.

Dengan ilustrasi sebagai berikut

ilustrasi

Penjual:   Menjual barang dihalaman website jual beli (dihalaman website tersebut penjual memberikan pilihan pembayaran dapat dilakukan melalui rekber)

Pembeli:   Pembeli melakukan order dihalaman website tersebut

Penjual:   Penjual dan pembeli menyepakati jumlah pembayaran, alamat pengiriman dan model transaksi menggunakan rekber

Pembeli:   Melakukan transfer ke pihak rekber, dan melakukan konfirmasi ke pihak rekber

Rekber:   Ketika rekber menerima transfer dari pembeli, rekber menginformasikan kepada penjual bahwa pembayaran telah diterima.

Penjual:   Mengirimkan barang ke pembeli

Pembeli:   Setelah menerima barang yang dikirimkan penjual dan sesuai. Pembeli menginformasikan ke pihak rekber bahwa barang telah diterima

Rekber:   Melakukan transfer pembayaran kepada penjual

Baca juga:

5 Teknik Win – Win Solution Menghadapi Pelanggan yang Marah

10 Kalimat yang Dibenci Pelanggan dari Kita

Pentingnya Melakukan Survey Bagi Perusahaan dan Pelanggan

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

1 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *