Community

Jeli Melihat Peluang dan Keluar dari Zona Nyaman Kunci Sukses Vera Vensensia, Owner Multiparfum.com

 
  • 12
    Shares

   

Salah satu yang menjadi penunjang penampilan seseorang adalah parfum. Ya, selain dapat memberikan kesan harum dan segar, dengan parfum seseorang bisa menunjukkan bagaimana style mereka. Parfum yang biasa digunakan banyak jenisnya, mulai dari parfum yang sering kita jumpai di minimarket sampai yang bisa dipesan sesuai dengan merek-merek terkenal. Nah, salah satu yang menyediakan produk parfum dengan merek yang cukup terkenal adalah Multiparfum.com. Vera Vensensia(32) adalah seorang yang memelopori munculnya website yang menjual parfum branded dengan harga yang bersaing, Multiparfum.com bisa menjual produk parfumnya sampai ke seluruh daerah di Indonesia.

Dan berikut ini cerita lengkapnya dari seorang Vera Vensensia, owner Multiparfum.com:

Halo Ibu Vera, apa yang melatarbelakangi Ibu dalam mendirikan bisnis parfum online ini?

Bisnis ini berasal dari suami yang berkerja di sebuah perusahaan parfum, saat itu saya masih berkerja di sebuah perusahaan mabel. Tahun 2005 saya mencoba peluang bisnis online shop. Dengan latar belakang saya, saya mencoba membantu suami usaha online. Awalnya sulit sekali menjalankannya. Namun berkat kegigihan kami, bisnis ini berjalan dengan sangat baik

Tahun 2009 akhirnya saya memutuskan resign dari perusahaan saya, dan full menjalankan bisnis ini berdua. Banyak pengorbanan yang telah kami lakukan: pertama, saya memutuskan resign dari kantor dengan penghasilan yang cukup besar bagi saya, dan pengorbanan saya kedua adalah waktu istrirahat saya yang tersita, dikarenakan saya berkerja sampai larut malam

Lalu Multiparfum.com sendiri ini website toko online yang seperti apa?

Produk yang saya jual adalah parfum original, seperti bvlgari, calvin klein, burberry, dior, Carolina Herrera, hugo boss dan lain sebagainya. Produk tersebut produk import, namun di Indonesia sudah ada distributor resminya. Tapi ada beberapa produk yang cukup langka, kami ambil dari negeri tetangga seperti chanel, Christian dior dll.

Ide bisnis ini berasal dari maraknya dunia online, sebelum kami jual parfum, kami dulu pernah berjualan voucher dan kartu telp. Namun karena suami berkerja di dunia parfum, dan saya mencium peluang ini, akhirnya saya mencoba berjualan parfum.

Teknik apa yang Anda gunakan untuk memasarkan produk Anda ini?

Produk yang sudah saya pasarkan sampai seluruh Indonesia ini, dari sabang sampai merauke, semua kami tawarkan secara online, social media dan Google.

Lalu bagaimana Anda menyeimbangkan harga dengan kualitas produk yang Anda jual?

Untuk produk yang kami jual, sudah ada standarisasinya, yaitu produk yang dijual sama seperti di counter resmi, seperti Sogo dan Metro. Mengenai harga jual yang kami tawarkan tentu lebih rendah dari harga depstore, karena cost yang saya keluarkan jauh lebih murah. Dan produk bvlgari, Elisabeth arden, calvin klein dan hugo boss masih menjadi favorit pelanggan sampai saat ini.

Lalu apa sih yang membedakan produk yang Anda jual dengan kompetitor?

Produk yang saya jual sama seperti yang competitor jual, tapi perbedaannya adalah produk yang kami jual lebih komplit variannya dibanding tempat lain. Dikarenakan suami memiliki koneksi pada perusahaan parfum.

Dan sampai saat ini, prestasi/keuntungan yang telat diraih adalah kesempatan saya dapat belajar memahami dunia bisnis online sejak pertama kali saya mulai tahun 2009. Dan saya dapat pengalaman berharga dari bisnis ini.

Kalau boleh tahu pengalaman paling berkesan apa yang pernah Anda alami selama menjalankan bisnis ini?

Saya pernah ditipu oleh customer, waktu itu ada customer baru yang hendak membeli parfum, dan dia minta diantar ke rumahnya. Dan ternyata rumah tersebut fiktif. Dan saat ini tantangan terbesar saua adalah semakin banyaknya pemain bisnis ini, cara saya mengatasi adalah tetap memberikan pelayanan terbaik dan harga terbaik dan dengan produk yang lebih komplit.

Menurut Anda apakah pebisnis online harus memiliki toko online? Seberapa penting itu?

Kalau di parfum online, untuk took fisik sangatlah penting. Karena untuk menyakinkan customer kalau produk yang saya jual adalah asli. Itu sebabnya rencana kedepan saya adalah memiliki toko parfum dan juga kosmetik.

Bagi Anda apa yang menjadi tolak ukur sebuah bisnis bisa dikatakan siap untuk Go Online?

Semua produk yang ada sekarang ini, semua di jual secara online. Dan sekarang jika anda telah mengenal dan memahami produk yang kamu jual, saat ini adalah waktu yang tepat untuk memulainya. Karena online tidak terbatas dengan tempat dan waktu.

Menurut Anda keahlian apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis online agar bisa berkembang?

Keahlian cuma 1 aja, kamu mau menawarkan produk yang kamu jual pada orang lain.

Nah, begitulah sekelumit kisah Ibu Vera, owner Multiparfum yang sukses menjual parfum branded import melalui media online. Bagi Ibu yang senang menghabiskan waktu luang dengan jalan-jalan ke mall, nonton dan makan ini, Orang tua adalah motivasi terbesarnya. Dengan semangat pantang menyerah, Ibu Vera menitipkan pesan kepada para pelaku bisnis online lainnya, Tekunin bidang bisnis yang Anda jalankan saat ini, apapun produk yang kamu jual. Jika kamu tekun pasti kamu berhasil.

 

 

 


  • 12
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *