Running A Business

Kamu Gak Harus Berkunjung Ke Rumah Pelanggan untuk Mencari Tahu Apa yang Mereka Butuhkan Kok, Gunakan Saja Cara Ini!

 
  • 6
    Shares

Siapa yang paling penting buat kamu saat jadi seorang pebisnis? Pasti pelanggan kan? Jelas karena dengan adanya pelanggan bisnis kita bisa terus hidup. Dari setiap pelanggan yang masuk, kita harus punya cara untuk membuat mereka mau kembali dan menjadi loyal bagi kita.
Tapi itu tidak mudah. Apalagi kalau kita belum tahu dan belum bisa memahami mereka. Untuk seorang Hermawan Kartajaya, Pelanggan setiap bisnis itu bukan lagi raja bagi kita, tapi mereka adalah teman kita. Itulah yang akan membuat kita lebih mudah memahami mereka.
Sama dengan teman atau sahabat, kita tidak perlu mengamati mereka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu kan? Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mengerti dan memahami mereka sebagai seorang teman. Nah itu juga yang harus kamu lakukan untuk pelanggan – pelanggan kamu.  Kalau penasaran, kamu bisa lakukan cara ini kok :)

Pernah coba untuk memberi tester produk ke pelanggan kamu dan mendapatkan masukan dari mereka?

Kalau kamu menjual produk berupa makanan atau minuman, sudah pernah memberikan fasilitas tester ke pelanggan? Jika belum, cara ini bisa kamu lakukan untuk mencari tahu pendapat pelanggan tentang produk kamu.

Ini kesempatan kamu untuk bertanya secara pribadi dan mengumpulkan informasi apa yang harus kamu perbaiki atau kembangkan dari produk yang sudah ada. Pertanyaan dapat berkisar dari apa yang mereka pikirkan tentang produk kamu.

Ajak mereka berdiskusi gih supaya kamu tahu apa yang mereka alami

Tidak banyak bisnis yang mau mengerti dan dekat dengan pelanggan mereka. Banyak dari mereka yang hanya senang punya pelanggan banyak tapi tidak dengan mengurusi mereka. Padahal pelanggan akan sangat senang lo kalau kamu mau perhatian kepada mereka.

Ajak saja mereka diskusi, bisa online ataupun offline. Gali informasi sebanyak mungkin tentang pendapat mereka terhadap bisnis atau produk kamu. Tanyakan apa yang mereka senangi dan tidak. Mereka yang diajak berdiskusi akan lebih merasa diperhatikan dan dihargai keberadaanya.

Mendekatkan diri dengan pelanggan lewat lingkungan mereka

Kamu penasaran apa yang bisa membuat pelanggan tertarik dengan produk kamu? Coba saja dekati pelanggan melalui lingkungan dimana target kamu berada. Kalau kamu menjual produk untuk kebutuhan rumah tangga, atur saja kunjungan kepada mereka secara langsung dan biarkan mereka mencoba produk kamu secara LIVE. Tapi tentu saja tidak harus seperti itu. Kamu juga harus mengefektifkan waktu promosi dengan kegiatan yang lainnya.

Kamu harus mau untuk menjadi pelanggan sebelum mengajak mereka menggunakan produk kamu

Memahami pelanggan bisa kamu lakukan dari diri kamu sendiri. Bayangkan saja kamu adalah pelanggan dari sebuah bisnis atau produk. Kalau kamu tidak suka dan tidak sesuai dengan produk itu pasti kamu tidak akan menjadi pelanggan mereka kan?

Contohnya saja ketika kamu menjual produk khas wanita sedangkan kamu adalah seorang laki – laki. Sedikit lebih sulit ketimbang kamu menjual produk pria yang biasa kamu gunakan kan? Memahami pelanggan bisa dimulai dari menerapkan hal yang sudah pernah kamu alami melalui produk yang kamu jual.

Media sosial masih sangat efektif mendekatkan kamu dengan pelanggan lo

Dekat dengan pelanggan bisa dari mana saja, salah satunya dari media sosial yang kamu gunakan. Itu sebabnya media sosial memiliki peranan penting untuk proses promosi dan pemasaran kamu, termasuk mendekatkan kamu dengan pelanggan.

Jangan hanya promosi dan posting produk di media sosial kamu. Tapi ajak mereka diskusi mulai dari menjawab PM mereka dan mengajak mereka diskusi melalui wall media sosial kamu. Anggap mereka benar – benar teman yang dekat dengan kamu. Ajak mereka untuk melakukan interview sederhana di media sosial juga.

Coba cari tahu seberapa banyak pelanggan kamu menggunakan uangnya untuk membeli barang

Kalau kamu tahu seberapa banyak pelanggan menghabiskan uang mereka untuk berbelanja, akan mudah bagi kamu untuk menentukan produk apa yang pas untuk ditawarkan kepada mereka. Kamu akan lebih mudah memperkirakan kemampuan pelanggan untuk membeli produk kamu.

Media sosial tetap bisa kamu gunakan untuk mencari tahu kebiasaan berbelanja mereka. Tidak perlu semua, cari saja beberapa sample supaya kamu ada pandangan untuk menentukan harga produk kamu.

Yakin sudah tahu apa yang membuat pelanggan kamu merasa terganggu dan terbatas?

Dan yang terakhir yang penting adalah kamu harus tahu apa yang membuat pelanggan merasa terganggu dan terbatas saat berbisnis dengan kamu. Jangan hanya mencari tahu apa yang membuat mereka senang dan mereka inginkan. Kamu bisa cari tahu apa kesulitan mereka saat akan datang ke toko kamu atau mencari tahu kesulitan apa yang mereka temui saat mengakses toko online kamu.

Punya bisnis artinya bukan hanya sekedar mencari untung secara finansial, tapi juga mencari koneksi sebanyak – banyaknya mulai dari pelanggan sampai relasi bisnis kamu. Ga perlu datang dan menemui merek secara langsung untuk bertanya apa yang mereka butuhkan. Karena banyak media yang memudahkan kamu mendekatkan diri dengan mereka. :)

Baca juga:

10 Kalimat yang Dibenci Pelanggan dari Kita

7 Cara Menunjukkan Cinta Kepada Karyawan dan Pelanggan

Anda Yakin Sudah Mendengarkan Pelanggan?

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


  • 6
    Shares

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *