Running A Business

Kenapa Toko Online Harus Menulis Blog

 

Warning: array_keys() expects parameter 1 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

Warning: in_array() expects parameter 2 to be array, null given in /home/mebisoaja/public_html/mebiso.com/wp-content/plugins/mebiso-download-attachments/mebiso-download-attachments.php on line 263

   

Buat apa nulis artikel, toh toko online saya jalan? Mungkin pemikiran ini seringkali hinggap di benak anda. Ketahuilah, bahwa saat ini anda dihinggapi krisis takut akan perubahan (resistance to change). Jika anda ingin berkembang, maka mulai saat ini mindset anda harus berubah. Mari kita mulai dengan mengenali manfaat artikel blog.

1. Artikel membuat lapak lebih menarik.

Artikel atau tulisan-tulisan yang terkait dengan toko online, mencakup produk yang dijual maupun jasa yang diunggulkan dapat memberikan kesan positif terhadap toko tersebut. Sehingga pemilik toko online dapat membuat ‘lapaknya’ lebih menarik.

2. Artikel membuat anda tampak lebih cerdas.

Beberapa manfaat lain yang dapat ditimbulkan oleh artikel-artikel pada toko online salah satunya adalah penjual dianggap mengerti mengenai produk yang dijual. Contohnya, toko online yang menyediakan tas kulit asli membuat artikel berjudul “Tips Mempedakan Tas Kulit Asli dan Imitasi”. Penjual dapat menuliskan fakta-fakta mengenai pemilihan kulit yang bagus, dan cara mengujinya.

3. Artikel mendongkrak SEO website.

Selain untuk penjelasan promo atau iklan, sebuah artikel memegang peranan penting untuk SEO. Karena apa yang anda tulis ke dalam artikel akan dianggap sebagai keyword yang nantinya akan dimakan oleh Google.

4. Artikel dapat menggiring ke penjualan.

Manfaat lainnya dari penulisan artikel pada toko online adalah owner dapat menggiring pembaca yang awalnya hanya ingin mencari informasi ke toko online yang memiliki artikel tersebut. Misalkan Wati hanya ingin mengetahui cara memilih kulit asli, dengan artikel ‘Tips Membedakan Tas Kulit Asli dan Imitasi’ menggiring Wati ke toko online yang menjual tas kulit asli. Secara otomatis, toko online akan dikenali oleh orang, bahkan bisa tergiring ke penjualan jika anda cerdas menulis.

Beberapa TIPS menulis

Kemudian muncul pertanyaan, Apakah semua topik dapat ditulis pada toko online? Jawabannya bisa. Akan tetapi lebih diutamakan untuk penulisan artikel yang berhubungan dengan bidang Toko Online anda. Boleh berupa informasi, berita, atau pun promo yang sedang diadakan pada waktu tertentu tersebut. Selain itu, owner juga dapat membuat artikel yang mengulas tentang keikut sertaan dalam sebuah pameran atau bazaar maupun diskusi tertentu.

Cara penulisan artikel online sendiri sedikit berbeda dengan penulisan artikel offline pada kertas.  Misalnya soal pemilihan judul, owner sebaiknya memakai judul yang mengandung kata kunci yang diambil dari produk atau jasa yang dijual. Pengulangan judul sebagai kata kunci akan menarik search engine google, sehingga artikel tersebut dapat masuk ke daam hasil pencarian.

Sebaiknya panjang tulisan hanya berkisar 500-700 kata supaya pembaca artikel tidak bosan dan buru-buru mengklik tombol close. Dan agar lebih menarik, jangan lupa memberikan ilustrasi gambar yang mewakii isi artikel dan menimbulkan rasa penasaran si pembaca.

Demikian, semoga bermanfaat ;-)

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

7 komentar

  • iklanbisnisonline.pusku.com
    24 October 2013 - pukul 0:40

    berarti harus lebih rajin menulis artikel nih. karna sangat penting buat sebuah website..thanks

  • 13 February 2014 - pukul 9:39

    Pengalaman saya sdh bergelut 4 th di bisnis online unik saya,pemilihan barang musti unik,bisnis unik biasanya pasar yang mencari,banyak promo ke twitter,jgn cuma isi iklan saja tapi beri tulisan bermanfaat trus sisipkan web kita,saya tiap bulan lumayan dari bisnis unik cangkir kesehatan kayu pasakbumi

  • 25 February 2014 - pukul 0:54

    Saya sangat setuju dengan ulasan dan artikel ini, semangat menulis dan selamat berjualan.

  • 24 January 2015 - pukul 20:42

    Ouw begitu ya gan, jadi menulis artikel itu sngtlah pnting, trmksh atas infonya

  • 7 February 2015 - pukul 18:50

    saya sebenarnya agak protes, kita berjualan kan harusnya tidak perlu panjang lebar, yang pentng jelas, singkat dan detail, orang memebli adalah sebenarnya orang yang mencari barang bukan membaca artikel tp gmn lagi SEO rule

    • Administrator
      8 February 2015 - pukul 19:41

      Benar Pak Arifin. Menulis artikel sebanyak mungkin di blog bertujuan untuk menarik banyak pengunjung ke website toko online kita. Karena semakin banyak yang mengunjungi, maka toko online kita akan jelas dikenal dan dicari oleh orang. Dan disaat itu juga produk kita akan mudah terjual :)

  • L Handoko
    20 February 2015 - pukul 14:00

    Good

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *