Technology

Ketahui Sejarah Update Algoritma Google (2012) untuk SEO yang Maksimal

 

   

SEO (Search Engine Optimization), terutama SEO Google, bukan ilmu pasti seperti Matematika. Sebab teorinya akan selalu berubah menyesuaikan dengan perubahan algoritma mesin pencari.

Google misalnya. Setiap tahunnya saja, mesin pencari ini memodifikasi algoritma pencariannya sebanyak 500 – 600 kali. Berikut adalah rekam jejak perubahan algoritma Google yang tergolong signifikan sejak awal tahun 2012. Dengan mengetahui tanggal update, anda bisa mendapat penjelasan mengenai perubahan ranking dan trafik website anda. Jadi jika anda merasa website anda hilang dari halaman pencarian Google, maka besar kemungkinan kalau website anda telah ‘digoyang’ oleh update Google.

Panda 3.8 (25 Juni 2012)

Google menerapkan update terbaru Panda. Seperti biasa, Google menyatakan bahwa kurang dari 1% query yang terkena dampaknya. Dan seperti biasa, pelaku SEO harus fokus pada pembuatan konten berkualitas tinggi agar selamat dari guncangan Panda. Kualitas konten syaratnya sederhana, yaitu unik, orisinil, dan kandungan informasinya bisa membantu pembacanya.

Panda 3.7 (8 Juni 2012)

Google menerapkan update Panda lainnya. Dan seperti biasa, menyatakan bahwa kurang dari 1% query yang terkena dampaknya. Konten yang sifatnya link farming (black hat SEO) sudah pasti kena guncangannya.

Penguin 1.1 (25 Mei 2012)

Google mengeluarkan update pertama dari algoritma Penguin. Hal ini menegaskan bahwa algoritma Penguin, sama seperti halnya Panda, merupakan algoritma yang diproses secara terpisah dari algoritma utama Google.

Knowledge Graph (16 Mei 2012)

Sebagai lompatan besar untuk menuju ke arah hasil pencarian yang semantic, Google meluncurkan “Knowledge Graph”. Yaitu sebuah tampilan yang diintegrasikan pada SERP (Search Engine Result Page / Halaman Hasil Pencarian) untuk menyediakan informasi dan atribut tambahan tentang identitas orang, tempat, dan benda tertentu.

Panda 3.6 (27 April 2012)

Baru seminggu setelah Panda 3.5, Google merilis update Panda lainnya (normalnya sebulan sekali). Update Panda – seperti biasa, melakukan 1% perubahan pada query dan mengeliminasi website-website dengan konten yang berkualitas rendah.

Penguin (24 April 2012)

Google Penguin adalah sebutan bagi update algoritma Google yang bertujuan mereduksi ranking halaman pada website-website yang menggunakan teknik spam SEO, seperti menjejalkan kata kunci, cloaking, link scheming, duplikasi konten dan semua kegiatan yang menyalahi aturan kualitas konten [Baca di blog resmi Google: http://goo.gl/7KB2w]. Yang pasti berkat Penguin, meta-tag kini sudah tidak bisa diandalkan lagi untuk menunjang SEO website.

Panda 3.5 (19 April 2012)

Sekedar untuk keperluan dokumentasi, Google diam-diam mengeluarkan update Panda 3.5. Sebab ketika itu jadwal Google sangat padat dengan algoritma Penguin dan perbaikan masalah Parked Domain. Makanya update Panda kali ini tidak begitu berpengaruh pada hasil pencarian.

Bug Parked Domain (16 April 2012)

Setelah sejumlah webmaster melaporkan perubahan ranking yang tidak wajar, Google mengkonfirmasi adanya data error yang menyebabkan beberapa website jadi turun rankingnya akibat dikenali sebagai parked domain / redirect website.

Panda 3.4 (23 Maret 2012)

Google mengumumkan update Panda melalui akun Twitter resminya (@google). Panda kali ini berdampak sedikit lebih besar dari biasanya, yaitu sekitar 1.6% query pencarian.

Rekaman Video Rapat “Search Quality” (12 Maret 2012)

Google mempublikasikan video mengenai rapat internal yang membahas tentang Search Quality. Amit Singhal, Senior VP dari Google menjelaskan secara langsung mengenai konteks algoritma Google dan seperti apa prioritas mereka. Anda bisa ikut menyimak videonya di sini: [youtube height=”204″ width=”600″]http://www.youtube.com/watch?v=JtRJXnXgE-A&feature=youtu.be[/youtube]

Panda 3.3 (27 Februari 2012)

Google mengeluarkan update Panda lagi, tepat 1 tahun setelah dirilisnya algoritma Panda. Maka bisa dikatakan algoritma Panda merupakan algoritma dengan umur terpanjang untuk algoritma-algoritma yang diberi nama sebutan.

Venice (27 Februari 2012)

Google meluncurkan update terbaru yang diberi sebutan “Venice”. Update ini memungkinkan Google untuk menampilkan hasil pencarian berdasarkan lokasi.

Top Heavy (19 Januari 2012)

Google menambah algoritma untuk menurunkan peringkat sejumlah website yang memasang ad-space berlebihan di bagian “fold” (visible area pada website yang tidak perlu scroll dulu untuk dilihat). Update ini tidak punya nama yang resmi seperti Panda, Penguin atau Venice. Namun sejumlah pakar SEO sepakat menamainya sebagai “Top Heavy”.

Panda 3.2 (18 Januari 2012)

Merupakan update Panda pertama di tahun 2012. Nama algoritma Google Panda sendiri diambil dari nama seorang insinyurnya, Navneet Panda. Selama konten anda tidak menyalahi aturan kualitas, maka website anda bisa dikatakan masih aman dari guncangan Panda. Baca aturannya pada blog resmi Google berikut: http://goo.gl/7KB2w (URL dipendekkan untuk memudahkan keterbacaan).

Search + Your World (10 Januari 2012)

“Search + Your World” adalah campaign Google untuk mempopulerkan Google+ (baca: Google Plus). Google mengumumkan perubahan yang bisa dibilang cukup radikal dalam hal personalisasi – yaitu secara agresif mendorong profil user Google+ untuk ditampilkan dalam SERP. Google juga menambah saklar untuk mematikan personalisasi.

Perubahan algoritma Google bisa membawa pengaruh positif / negatif pada website anda. Positifnya, bisa saja sewaktu-waktu ranking website anda naik. Berarti upaya SEO yang anda lakukan masih dalam batas wajar. Sedangkan negatifnya, website anda bisa saja terhempas dari hasil pencarian setelah diguncang update terbaru Google. Pada dasarnya sih, anda tidak perlu khawatir. Selama konten website anda unik, orisinil, dan membantu, maka algoritma Google justru akan menguntungkan anda. Sebab Google sendiri berprinsip untuk berpihak pada pembaca yang membutuhkan konten segar dan asli. Nah, sekarang bagaimana kondisinya dengan website anda? :-)

Jadwal update Google diperoleh dari http://www.seroundtable.com


Artikel Terkait

12 komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *