Start A Business

Langkah-langkah Membuat Blog Legendaris

 
  • 1
    Share

   

Langkah-langkah Membuat Blog Legendaris – Langkah-langkah dalam membuat blog sebenarnya tidaklah sulit. Namun, seringkali kita sudah kalah sebelum mencobanya. Membuat blog gratis bisa kita buat sendiri dengan melihat tutorialnya di Google, tanpa harus menyerahkan pembuatannya ke agensi atau programmer. Selanjutnya, apabila blog gratis Anda sudah selesai Anda buat, Anda pun bisa langsung posting artikel. Hebatnya lagi, blog gratis ini pun bisa di upgrade menjadi blog berbayar (self hosted) dengan membeli domain dan hosting. Namun berikut terdapat langkah-langkah yang bisa Anda gunakan ketika Anda ingin membuat blog yang bukan hanya sekedar blog:

  1. Tentukan TOPIK konten yang ingin Anda tulis. Anda bisa riset dahulu tentang blog berkonten yang seperti apa yang saat ini selalu ramai di kunjungi atau Anda bisa menulis sesuai keahlian Anda. Tulisan yang mengena di hati pembaca adalah yang di buat dengan kemampuan yang matang di bidang tulisan yang penulis buat. Lalu usahakan untuk belajar membuat artikel SEO agar tulisan Anda pun bisa dengan mudah di temukan di mesin pencari. Seperti apa teknik SEO ini? Pelajari lebih dalam di Google.
  2. Tentukan platform blog yang tepat. Sekarang ini paltform penyedia layanan blog semakin bertambah, kalau dulu kita hanya mengenal WordPress atau Blogger, nah sekarang ada puluhan platform yang bisa kita pilih. Diantaranya adalah Tumblr, Wix, Joomla, Weebly, dll. Pilih satu platform yang membuat Anda nyaman untuk Anda gunakan. Riset setiap kelebihan dan kekurangannya di Google supaya Anda semakin matang memilih satu platform yang akan Anda gunakan untuk blog Anda.
  3. Memilih penyedia layanan domain dan hosting. Bagi Anda yang menentukan untuk membuat blog berbayar. Anda pun membutuhkan domain dan hosting untuk blog Anda. Apa itu domain dan hosting? Domain merupakan identitas atau nama blog Anda (nama url blog) sedangkan hosting adalah ibarat rumah dimana blog Anda berada. Anda bisa menghubungi agensi lokal Indonesia atau menggunakan jasa luar negeri untuk membeli domain dan hosting tersebut.
  4. Memilih nama domain. Sebelum blog Anda jadi, blog gratis maupun berbayar, maka ada baiknya apabila Anda menentukan nama domain secara matang-matang. Pilih nama domain sebagai identitas blog Anda dengan cermat. Pilih nama yang berhubungan dengan tulisan yang akan Anda buat, seperti parentingindonesia.com (apabila blog berisi tentang ulasan parenting), pilih domain yang singkat dan mudah di pahami, jangan panjang-panjang karena akan susah dicari di mesin pencari.

 

Empat langkah di atas, merupakan langkah yang bagus untuk membuat blog Anda “menjual”. Blog Anda bisa dengan mudah di kunjungi pengunjung dan bisa Anda jadikan ladang uang apabila sudah mendapatkan pengunjung yang signifikan. Dan setelah blog Anda jadi, inilah dua hal yang harusnya Anda lakukan:

Pertama, buatlah tampilan blog Anda menarik. Percantik blog Anda dengan pilihan theme dan pengaturan widget yang dibutuhkan. Theme yang berbayar bisa jadi pilihan yang tepat supaya Anda bisa menentukan theme yang paling menarik dan Anda pun bisa berdiskusi dengan penyedia layanan theme untuk cara penggunaan theme serta bisa bertanya apabila ada error saat di gunakan. Widget ini bisa Anda gunakan untuk menambah fitur-fitur yang dibutuhkan pembaca, seperti share artikel ke Facebook, Twitter, Whatsapp, dll.

Kedua adalah rajin untuk posting konten minimal satu artikel perhari. Hal ini dikarenakan Google versi kerja mesin pencari, suka ketika blog Anda aktif menulis konten.

Ketiga adalah distribusikanlah konten yang baru Anda publish di blog Anda ke banyak channel, misal facebook, twitter, linked in, dan lain-lainnya.

 

 

Silakan aplikasikan langkah-langkah di atas dan buatlah blog Anda populer dengan banyak pembaca. Selamat mencoba!

 

Baca artikel menarik lainnya:

3 Cara Efektif Meningkatkan Trafik Blog

Tutorial Membuat Blog di Blogger

Cara Membuat Blog Di Google Melalui Blogger


  • 1
    Share

Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *