Running A Business

Memahami Anggaran untuk Pengendalian Perusahaan

 

   

Dalam sistem keuangan yang baik, anggaran adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari informasi keuangan. Meskipun laporan anggaran bukanlah bagian dari laporan keuangan, tetapi informasi yang berdasarkan laporan anggaran dapat memberikan gambaran tentang pemanfaatan dan perolehan sumber daya perusahaan pada waktu jangka panjang maupun jangka pendek untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pengertian anggaran (budget) ialah rencana rinci, yang dinyatakan secara kuantitatif, yang menentukan bagaimana sumber daya akan diperoleh dan digunakan selama periode waktu yang ditentukan. Prosedur yang digunakan untuk mengembangkan anggaran merupakan sistem penganggaran (sistem penyusunan anggaran).

Sistem ini mempunyai lima tujuan utama yaitu:

  1. Perencanaan,
  2. Memfasilitasi komunikasi dan koordinasi,
  3. Mengalokasikan sumber daya,
  4. Mengendalikan operasi dan laba
  5. Mengevaluasi kinerja dan menyediakan insentif.

Pada waktu penyusunan anggaran biasanya perusahaan menentukan dahulu anggaran induknya. Induk Anggaran (Master Budget) adalah sebuah anggaran komprehensif yang menyatakan keseluruhan rencana bisnis bagi seluruh perusahaan untuk suatu periode yang mencakup satu tahun atau kurang.

Induk Anggaran terdiri atas dua komponen utama, yakni:

  1. Anggaran Operasi, merupakan deskripsi rinci pendapatan dan biaya yang dibutuhkan untuk mencapai hasil laba yang memuaskan.
  2. Anggaran Keuangan, memperlihatkan ekspektasi arus kas dan posisi keuangan dengan kegiatan-kegiatan usaha yang terencana.

Bagian akhir dari anggaran induk mencakup laporan laba rugi yang dianggarkan, neraca yang dianggarkan, dan laporan arus kas yang dianggarkan termasuk dalam laporan keuangan yang dianggarkan (Budgeted financial statements), atau sering disebut pro forma laporan keuangan, menunjukkan bagaimana laporan keuangan perusahaan akan muncul pada waktu tertentu jika operasi melanjutkan sesuai dengan rencana.

Baca juga:

Pengendalian Keuangan Melalui Buku Kas

Metode Harga Pokok Produksi

Tips Bagi Perusahaan untuk Mempersiapkan Diri Menghadapi Pemeriksaan Pajak

Dapatkan Segera! Video Marketplace Domination: Cara Sukses Jualan di Tokopedia dan Bukalapak. Download Now!


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *