Technology

Membuat Dokumentasi Mudah dengan Mkdocs

 

   

Dalam pengembangan software, ada tahap yang cukup menguras tenaga dan waktu. Bagian tersebut mampu menjadi tolak ukur kelayakan sebuah software. Jika bagian ini tidak ada, maka user akan kesulitan dalam menggunakan software tersebut. Adalah pembuatan dokumentasi yang menjadi bagian penting tersebut. Ada beberapa tools yang dapat membantu kita untuk membuat dokumentasi atau petunjuk penggunaan. Salah satu diantaranya adalah MkdocsNah, sebesar apa Mkdocs mampu mengefisiensi kinerja kita dalam membuat dokumentasi? Simak artikel berikut.

Berbasis Markdown dan Python

Jika anda familiar dengan Markdown file, maka software ini sangat cocok sekali untuk anda yang suka membuat dokumentasi berbasis markdown. Semua syntax yang ada dalam markdown didukung oleh Mkdocs. Tak hanya itu, Mkdocs juga dibuat dari Python, software yang mampu berjalan di seluruh platform OS. Mulai dari Linux, Windows, hingga Mac OSX.

Mudah digunakan

Mkdocs hanya membutuhkan sedikit konfigurasi sederhana dan memakan waktu cukup singkat untuk membuat sebuah dokumentasi. Dan dengan dukungan penuh pada Markdown, proses pembuatan dokumentasi-pun menjadi sederhana. Perintah untuk membuat dokumentasi, mulai dari tahap setup hingga building pun sangat mudah. Tak menuntut banyak usaha dari anda.

Free dan Open Source

Tak hanya sampai disitu, pembuat Mkdocs tak menuntut biaya sepeser pun dari penggunanya. Semuanya gratis tanpa ada batasan apapun. Dan apabila anda seorang developer yang juga ingin berkontribusi pada project tersebut, anda juga dapat melakukannya. Hal ini dikarenakan seluruh source code Mkdocs dibuka untuk umum atau Open Source.

 Tersedia Built-in template yang menarik

Free dan Open source, membuat banyak developer dengan sukarela berkontribusi dalam project ini agar semakin hari semakin baik. Hal ini ditunjukkan dengan adanya beberapa template menarik yang telah disediakan oleh Mkdocs. Sehingga ketika kita membaca kembali pun, kita tidak akan bosan akan hal itu. Template yang saya sukai dalam Mkdocs bernama readthedocs.

Easy Install

Instalasi Mkdocs sangat mudah. Anda cukup install Python dan PIP, kemudian mengikuti dokumentasi instalasi sederhana dari Mkdocs, dan whoops anda sudah siap membuat dokumentasi dengan Mkdocs. :-)

Hasil dokumentasi akan di convert menjadi HTML dan CSS

Tentu setelah anda membuat dokumentasi, anda ingin menaruh dokumentasi pada hosting sehingga orang-orang yang membutuhkan dokumentasi anda dapat dengan mudah membaca anda. Mkdocs memahami betul kebutuhan anda ini, sehingga ketika anda ingin mengupload, dengan run beberapa perintah sederhana, dokumentasi anda akan berubah menjadi HTML dan CSS, sehingga anda mampu menaruh dokumentasi anda di hosting manapun.

Dokumentasi yang mudah dibaca

Software generator ini juga memiliki dokumentasi yang ringan dan mudah dibaca. Jadi anda tidak perlu khawatir akan tersesat saat membuat dokumentasi.

Nah, bagi anda yang membutuhkan sebuah tools untuk membuat dokumentasi berbasis markdown, mampu di hosting dimanapun dan mudah, saya sarankan untuk memakai Mkdocs. Kunjungi situs Mkdocs.org. Semoga bermanfaat :-)

Baca juga:

Animasi 3D dengan Menggunakan JavaScript

Animasi Website Lebih Mudah dengan 10 API jQuery

Optimasi Kode Anda untuk Meningkatkan Performa Aplikasi Berbasis PHP


Artikel Terkait

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *