Start A Business

Memilih Warna yang Cocok untuk Bisnis

 
  • 53
    Shares

   

Siapa sangka pemilihan warna dan penggunaan warna – warna sangat berpengaruh terhadap suatu bisnis. Karena warna bisa menggambarkan mulai dari sifat dan karakteristik pemilik bisnis, hingga menggambarkan produk yang ditawarkan. Memilih warna bukan hal yang sulit, namun jika dilihat ada kalanya sebuah bisnis mampu sukses karena memiliki pemilihan warna yang cocok dengannya. Nah untuk menambah pengetahuan mengenai warna yang cocok untuk bisnis, berikut ini saya share pengetahuan mengenai memilih warna yang cocok untuk bisnis Anda sekalian:

1. Merah

Merah menjadi pilihan warna yang sangat menarik dan juga dianjurkan dalam rencana pembuatan sebuah bisnis. Mengapa harus merah? Karena warna merah melambangkan suatu kekuasaan, sifat yang agresif, energik, provokatif, dan menarik perhatian. Menurut beberapa riset, warna merah akan cenderung menarik perhatian calon pelanggan lebih kuat dari warna lainnya. Menggunakan warna ini sebagai warna dominan dalam bisnis bukanlah hal yang salah, tetapi tetap dengan porsi yang sesuai atau imbang dengan penggunaan warna lainnya.

Adapun bisnis yang sesuai menggunakan warna ini adalah seperti bisnis kuliner/makanan, bisnis teknologi, transportasi, dan agrikultur.

2. Biru

Biru, pilihan warna ini menggambarkan suasana yang sejuk dan terlihat dapat dipercaya. Warna biru bisa menjadi warna yang sangat cocok untuk bisnis Anda. Warna biru juga menggambarkan sebuah kebersihan, keamanan, perintah, inspirasi, sabar, sensitive, bijaksana dan segar. Anda bisa juga mendesain kantor dengan memberikan sedikit sentuhan warna biru untuk menambah nuansa segar.

Bisnis yang cocok untuk menggunakan warna biru adalah bisnis energi, keuangan, dirgantara, teknologi, kesehatan dan agrikultur.

3. Hijau

Memiliki penggambaran yang hangat, sejuk dan juga mengundang, warna hijau dikatakan sebagai warna yang serbaguna. Warna hijau dipilih karena banyak menyenangkan perasaan pelanggan. Warna yang juga menandakan kesehatan, lingkungan dan niat baik ini juga merupakan penggambaran dari uang dolar, sehingga ia juga mampu menciptakan pikiran kekayaan untuk setiap yang melihatnya.

Bisnis yang cocok menggunakan warna ini antara lain seperti bisnis energi, usaha makanan, kesehatan, agrikultur, dan perumahan.

4. Kuning

Kuning digambarkan sebagai warna yang kuat. Mengapa demikian? Karena warna kuning mampu menggambarkan rasa percaya diri yang Anda miliki. Warna kuning juga memberikan, perhatian yang lebih kepada pelanggan Anda. Kuning juga memiliki arti lain yaitu seperti optimis, harapan, filosofi, menggembirakan, kaya, menghidupkan, bijaksana, cerdas dan kemasyuran.

Bisnis energi, kuliner dan properti sangat cocok menggunakan warna dengan dominan warna kuning.

5. Merah mudah/Pink

Warna yang identik dengan wanita ini, memang digambarkan sebagai warna yang lembut, namun tetap tegas seperti wanita. Jika Anda ingin membuka sebuah usaha yang menargetkan pasar wanita, warna pink sangatlah dianjurkan. Karena bagaimanapun wanita, pasti memiliki sifat feminin didalam dirinya. Warna pink juga terlihat sangat menyenangkan dan benar – benar mencerminkan perempuan.

6. Ungu

Warna ungu yang biasa identik disebut warna janda ini ternyata memiliki arti yang sangat menarik, yaitu menggambarkan sebuah sifat yang mewah, glamor, canggih, nostalgia, misteri, dan spiritual. Warna ungu juga merupakan warna kerajaan, karena terlihat sempurna dan elegan. Bisnis keuangan, teknologi dan juga kesehatan sangat cocok menggunakan warna ini.

7. Emas

Emas menjadi warna yang sangat banyak menarik perhatian orang, karena warna emas menggambarkan suatu sifat elegan dan prestisius. Warna emas sangat kuat digunakan terlebih jika dikombinasikan dengan warna ungu atau hijau. Emas melambangkan suatu kekayaan, kemakmuran, berharga dan pemimpi.

8. Orange

Orange merupakan warna yang menggambarkan suatu energi. Orange juga menggambarkan sifat yang penuh vitalitas, keceriaan, humoris dan fun. Orange mampu menarik perhatian banyak pelanggan, karena bisa menggambarkan sedang berhadapan dengan suatu perusahaan yang sangat mutakhri. Bisnis teknologi dan juga kesehatan sangat cocok menggunakan warna ini.

9. Coklat

Jika Anda sedang mencari sebuah kenyamanan pasti warna coklatlah pilihan yang tepat. Selain menggambarkan nuansa alam, warna coklat juga menggambarkan suatu sifat yang bersahaja, dan relaksasi untuk pelanggan Anda sekalian. Kenyamanan dan kesederhanaan yang diciptakan warna ini, sangat cocok untuk bisnis fashion, transportasi dan agrikultur.

10. Hitam

Hitam menjadi warna yang netral dan sangat serbaguna. Warna hitam juga menjadi warna pilihan untuk menggambarkan suatu sifat elegant baik untuk modern ataupun tradisional, menarik atau santai. Warna hitam juga menggambarkan sifat kekuatan, kemewahan, misteri dan keagungan. Bisnis yang sangat cocok menggunakan warna ini adalah bisnis industri fashion, teknologi dan juga transportasi.

11. Putih

Menjadi pasangan di berbagai kesempatan, warna putih menjadi jajaran warna netral seperti hitam. Warna yang menggambarkan sifat kesucian, mulia, bersih dan juga lembut ini sangat cocok digunakan untuk bisnis fashion dan juga kesehatan.

Nah, kira – kira warna mana nih yang digunakan oleh bisnis Anda sekalian? Share disini ya :)

Baca juga: 


  • 53
    Shares

Artikel Terkait

2 komentar

  • 18 October 2014 - pukul 19:52

    Mastah saya mau tanya, misal saya suka warna merah, biru dan emas cocok tidak jika dipadukan untuk situs teknologi.. Atau ada saran , misal satu warna sajah.Terimakasih.

    • Administrator
      20 October 2014 - pukul 7:32

      Untuk warna website teknologi, saya sarankan untuk menggunakan satu warna yang menurut Bapak paling menggambarkan website Bapak. Untuk kombinasi warna sendiri bisa disesuaikan nantinya pak :)

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *